PARIWISATA

Plh Sekda La Ode Aswad Ucapkan Festival Perairan Baubau 2023 Awal Bangkitnya Pariwisata Baubau

BAUBAU, DT-Festival Perairan Kota Baubau tahun 2023 akhirnya resmi dibuka Plh Sekda Kota Baubau La Ode Aswad, S.Sos, M.Si di dermaga Lakologou, Kamis (26/10/2023). Festival perairan diawali dengan penanamaan pohon oleh Forkompinda dan pimpinan OPD lingkup Pemkot Baubau di seputaran bypass Waruruma. Kemudian dilanjutkan dengan lomba perahu hias yang diikuti oleh OPD, Kecamatan dan Kelurahan se Kota Baubau. “Plh Sekda La Ode Aswad ucapkan Festival Perairan Baubau 2023 Awal Bangkitnya Pariwisata Baubau.”

Plh Sekda La Ode Aswad: Festival Perairan Baubau 2023 Awal Bangkitnya Pariwisata Baubau
Plh Sekda La Ode Aswad: Festival Perairan Baubau 2023 Awal Bangkitnya Pariwisata Baubau

Plh Sekda Kota Baubau La Ode Aswad, S.Sos, M.Si mewakili Pj Wali Kota Baubau Dr Rasman Manafi saat membuka festival perairan Baubau tahun 2023 mengungkapkan, kegiatan ini menjadi titik awal bangkitnya sektor pariwisata di Kota Baubau sekaligus stimulan bergeraknya ekonomi di Kota Baubau pasca covid 19.

La Ode Aswad berharap pelaksanaan festival perairan ini terus ditingkatkan sehingga kualitasnya meningkat dan benar-benar menjadi daya tarik wisata khususnya di kawasan kepulauan Buton ini. “Tentu kami sebagai pemerintah memberikan apresiasi kepada pelaksana kegiatan ini khususnya dinas Pariwisata Kota Baubau bersama jajarannya dan bersama Pokdarwis atas terselenggaranya acara ini,”ujarnya.

baca juga:

Ditambahkan, dalam menghadapi kondisi saat ini, Kota Baubau memang menghadapi inflasi sehingga salah satu juga bentuk intervensi Pemkot Baubau dalam rangka membuka ruang-ruang UMKM, ruang ekonomi dan pelaku pasar.

Momentum juga ini menjadi sarana menggali potensi wisata yang bisa dikembangkan, tentunya Pemkot Baubau tidak bisa melakukannya sendiri. Oleh sebab itu, momen ini menjadi awal untuk melibatkan sanggar, melibatkan komunitas-komunitas, dan pecinta wisata.(*)

GALERI FOTO

Berita Lainnya:

Komunitas Mancing Kendari Juga Ikut Lomba Memancing Pada Festival Perairan Baubau 2023

BAUBAU, DT-Lomba memancing dalam rangka Festival Perairan tahun 2023 ternyata menjadi daya tarik selain peserta dari dalam Baubau juga bagi peserta dari luar Kota Baubau untuk ikut pada festival perairan yang mengangkat tema Barakati Baubau, the Miracle of Blessed Land adalah lebih kepada tanah yang diberkati. “Komunitas Mancing Kendari Juga Ikut Lomba Memancing Pada Festival Perairan Baubau 2023.”

Kadis Pariwisata Kota Baubau Idrus Taufik Saidi menjelaskan, lomba memancing pada Festival Perairan Baubau akan diadakan di hari kedua yakni tanggal 27 Oktober 2023 yang tentunya merupakan kolaborasi kembali dengan komunitas memancing yang ternyata di Baubau ini cukup banyak. Bahkan, berdasarkan pemantauan di lapangan sudah ada 150-200 orang di Baubau yang menyatakan keikutsertaan.

Komunitas Mancing Kendari Juga Ikut Lomba Memancing Pada Festival Perairan Baubau 2023
Komunitas Mancing Kendari Juga Ikut Lomba Memancing Pada Festival Perairan Baubau 2023

Disamping itu, ada juga tim mancing/komunitas mancing dari Kendari yang ikut berpatisipasi dalam lomba ini. “Hari kedua itu akan dilepas dimana wilayah untuk memancing itu meliputi Buton Selatan, kemudian di ujung tapal batas Buton Selatan, Kabupaten Buton dan Buton Utara. Ada dua kategori yang dilombakan, yaitu tradisional dan modern,”ujarnya.

Ditambahkan, lomba memancing menjadi penting bahwa cerita masa lalu Buton menjadi sentral, menjadi pusat perdagangan, menjadi pusat kebudayaan, pusat pemerintahan tidak akan bisa besar tanpa dukungan daerah hinterland. Sambung menyambung laut inilah yang dimungkinkan bahwa cerita mempromosikan negeri seperti Buton ini bukan hanya menjadi tanggung jawab Kota Baubau.

baca juga:

Tapi sebagai pintu masuk, juga harus memberikan yang terbaik bagi daerah hinterland nya. “Semangat kebersamaan inilah seperti yang disampaikan oleh Pj. Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si yakni mari kita bekerja bersama untuk kepentingan daerah,”tutupnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *