Kabupaten Buton UtaraSULTRA

Wabup Butur Ahali Pimpin Upacara Peringatan HSP ke-95, Pemuda Diingatakan Gotong Royong Berhasil Menebar Semangat Jiwa Patriotisme

BURANGA,DT-Wakil Bupati Buton Utara, Kompol. Purn. Ahali selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) mengatakan, momentum peringatan HSP setiap Tanggal 28 Oktober, mengingatkan Bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatakan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928. “Wabup Butur Ahali Pimpin Upacara Peringatan HSP ke-95, Pemuda Diingatakan Gotong Royong Berhasil Menebar Semangat Jiwa Patriotisme.”

Visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tana air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia. Demikian Amanat Wakil Bupati Ahali saat membacakan sambutan Menteri Pemuda Dan Olahraga RI pada Peringan HSP Ke-95 tingkat Kabupaten Buton Utara, di lapangan Raja Jin Kulisusu, Sabtu, 28 Oktober 2023.

Wabup Butur Ahali Pimpin Upacara Peringatan HSP ke-95, Pemuda Diingatakan Gotong Royong Berhasil Menebar Semangat Jiwa Patriotisme
Wabup Butur Ahali Pimpin Upacara Peringatan HSP ke-95, Pemuda Diingatakan Gotong Royong Berhasil Menebar Semangat Jiwa Patriotisme

Selanjutnya, Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda pemudi, generasi muda Indonesia hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama.

“Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemudapemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional”. Ucap Ahali.

Lebih lanjut, posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian serta sejumlah problem bangsa lainnya. Tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur.

Di sisi lain, perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi. Demikian halnya dengan tatanan sosio-kultural, politik, dan bahkan bisnis yang dikontestasi.

Kita perlu bertanya apakah artificial intelligence telah digunakan optimal secara masif. Mengimbangi percepatan dan perubahan ini saja sudah cukup membuat kewalahan. “Pada intinya, penguasaan oleh pemuda terhadap Teknologi dan Informasi serta Literasi Digital menjadi sesuatu yang harus diseriusi”. Lanjutnya.

Oleh karena itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat.

Adapun Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor. Karena kerja kolaboratif ini sesuai dengan amanah undang- undang no. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan juga sesuai dengan Perpres No. 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan agar implementasi koordinasi lintas sektor tersebut efektif menuju pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).

baca juga:

Di momen Hari Sumpah Pemuda ini, kita harus canangkan kebulatan tekad semua stakeholder baik Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Kota, Organisasi Kepemudaan, Komunitas serta Elemen-elemen lain.

Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri. Tutup Ahali.

Turut hadir Dandim 1429 Letkol Inf. Acuk Andrianto, S.E., bersama Ketua Persit 1429/Buton Utara, Kapolres Butur AKBP Herman Setiadi, S.I.K. bersama Ketua Cabang Bhayangkari Polres Butur, Ketua KNPI Mazlin, A.Md.Pely., Para Staf Ahli Bupati dan Asisten Setda serta Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Instansi Vertikal lingkup Butur.(*)

GALERI FOTO

Berita Lainnya:

11 Orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Buton Utara Dilantik, Bupati Ridwan Zakaria Ingatkan Kunci Keberhasilan Adalah Disiplin

BURANGA, BP-Bupati Buton Utara Dr H Muh Ridwan Zakariah melantik dan mengambil sumpah II Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II.b) di ruang Aulah Setda Butur, Rabu 25 Oktober 2023. “11 Orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Buton Utara Dilantik, Bupati Ridwan Zakaria Ingatkan Kunci Keberhasilan Adalah Disiplin.”

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Bupati Butur Nomor 324 Tahun 2023. Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Tinggi Pratama di Lingkup Kabupaten Buton Utara.

11 Orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Buton Utara Dilantik, Bupati Ridwan Zakaria Ingatkan Kunci Keberhasilan Adalah Disiplin
11 Orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Buton Utara Dilantik, Bupati Ridwan Zakaria Ingatkan Kunci Keberhasilan Adalah Disiplin

Pejabat yang dilantik ini merupakan hasil seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama beberapa waktu lalu.

Berikut nama-nama pejabat Eselon II. b yang dilantik Bupati Buton Utara :

1. Zainal Arifin (Asisten Administrasi Umum Setda)
2. Ismail Rewa (Sekwan)
3. Dr. Ir. Mahmud Buburanda (Kadis PU)
4. dr.Izanuddin (Kadis Kesehatan)
5. Drs. Alimuddin (Kadis Transmigrasi)
6. Ardiansyah (Kepala BPBD)
7. Rusli (Kadis PPKB)
8. Sadaria (Kepala Dinas Ketahanan Pangan)
9. Wa Ode Ernawati Asman (Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
10. La Ode Muhamad Said (Kadis Perikanan)
11. La Sukrening (Kepala Dinas PTSP).

Dalam sambutannya Bupati Buto Utara mengatakan, pelantikan pejabat pada pagi hari ini adalah untuk mengisi kekosongan jabatan yang ada di lingkup pemerintahan kabupaten Buton Utara. Jadi seorang pemimpin harus bisa memberikan, mendelegasikan kepada bawahan menejemen yang kuat untuk merencanakan tugas dengan baik.

“Sebagai pemimpin harus bayak belajar termasuk teknologi moderen saat ini, jabatan pimpinan pratama ini adalah jabatan yang cukup tinggi agar jabatan yang diberikan dapat dilaksanakan sebaik-baiknya sebagai pelayan masyarakat, diharapkan kebijakan pimpinan pejabat nantinya bisa dipertanggungjawabkan”, katanya.

baca juga:

Menurut Ridwan, kunci keberhasilan adalah disiplin, disiplin anggaran dan perencanaan bekerja sebaik-baiknya dan selalu berkordinasi dengan baik.

“Selamat atas jabatan yang diemban semoga dapat menambah etos kerja untuk mendukung pemerintah kabupaten Buton Utara”, ucapnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *