FASHION

Gitabumi Shine Voice Sabet Medali Emas di World Choir Sekaligus Harumkan Nama Indonesia

GITABUMI Shine Voices sukses mengharumkan nama bangsa lewat kemenangan mereka di World Choir Games 2023 Gangneung, Republik Korea.

Grup ini berhasil meraih prestasi luar biasa dengan memenangkan dua medali emas, untuk kategori Pop Choir dan kategori Jazz. Bahkan untuk kategori Pop Choir dinobatkan sebagai Champion of World Choir Games 2023.

F01.8

Gitabumi Shine Voices merupakan kolaborasi dari dua grup paduan suara terbaik di Indonesia, yaitu Gitabumi Voices dari Jakarta dan Shine Harmony Choir dari Surabaya. Mereka berhasil menggapai mimpi mereka dengan menjuarai World Choir Games Gangneung 2023 dan melantunkan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” di kompetisi bergengsi tersebut.

World Choir Games adalah salah satu kompetisi paduan suara bergengsi di dunia yang digelar dua tahun sekali oleh Interkultur Foundation. Ikonik motonya, “Singing together brings nations together” digambarkan dalam gelaran kompetisi mereka yang tidak memandang negara asal, ras, maupun genre musik yang dibawakan para pesertanya.

Kali ini, World Choir Games 2023 digelar di Gangneung, Korea Selatan pada 3-13 Juli 2023, setelah tertunda 1 tahun karena pandemi covid 19. Kompetisi tersebut diikuti oleh sejumlah negara di penjuru dunia seperti China, Korea Selatan, Amerika Serikat, Afrika Selatan, Thailand, Australia, Denmark, termasuk Indonesia.

Baik Gitabumi Voices maupun Shine Harmony Choir telah memiliki rekam jejak prestasi yang mengagumkan di bidang paduan suara. Gitabumi Voices, yang dipimpin oleh konduktor Tedy Eka Supriyandi, telah mengukir prestasi di berbagai kompetisi internasional di Italia hingga Swedia.

Puncaknya adalah ketika grup ini memenangkan Grand Prix of Nation untuk kategori Pop, Jazz, dan Show Choir di Gothenburg, Swedia pada tahun 2019. Sementara itu, Shine Harmony Choir yang dipimpin oleh Bayu Azhairudin juga telah berprestasi di berbagai kompetisi paduan suara, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional.

Kombinasi keahlian dan dedikasi anggota dari kedua grup paduan suara tersebut membawa Gitabumi Shine Voices menjadi satu grup yang mencuri perhatian. Grup Gitabumi Shine Voices terdiri dari total 41 anggota yang dipimpin oleh Tedy Eka sebagai konduktor.

Anggota grup ini berasal dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar, menengah, hingga universitas. Keikutsertaan mereka sebagai salah satu delegasi terbaik di World Choir Games ke-12 ini menunjukkan kualitas vokal mereka yang luar biasa dan keunggulan artistik yang mengagumkan.

Perjuangan tim paduan suara dalam memenangkan kompetisi ini dimulai dari delapan bulan yang lalu di mana mereka telah mengadakan berbagai tahapan, termasuk audisi sejak bulan September 2022, latihan dari 2 kota yang berbeda dan konser pra-kompetisi, sebelum akhirnya bertolak ke Korea Selatan pada awal Juli lalu.

Menurut Tedy yang merangkap sebagai vocal arranger utk sebagian besar komposisi lagu yang dibawakan untuk lomba ini,

“Keikutsertaan pada kategori Jazz, termasuk project yang agak ambisius. Meskipun mendapatkan lawan yang berat dan sangat berpengalaman, Alhamdulillah bisa mendapatkan gold juga,” katanya.

baca juga: Sopir Truk Trailer Ungkap Detik-detik Sebelum Ditabrak Kereta Api Brantas

Pencapaian gemilang ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia dan membawa semangat persatuan melalui seni musik ke tingkat yang lebih tinggi. Gitabumi Shine Voices telah membuktikan bahwa talenta Indonesia di dunia musik memiliki potensi besar dan mampu bersaing dengan grup paduan suara terbaik di seluruh dunia.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *