Kabupaten Buton UtaraKULINERSULTRA

Gala Dinner Peringatan Bulan PRB, Aneka Hidangan Butur Diminati Tamu Kehormatan

KENDARI, DT-Wakil Bupati Buton Utara Ahali, SH, MH., bersama Wakil Ketua TP PKK Butur Amalia Ahali dan Staf Ahli bidang Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan La Nita, S.Pd., M.M. selaku Plt. Kepala BPBD Butur menghadiri Gala dinner bersama Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M. di halaman Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra). Kamis, 12 Oktober 2023. “Gala Dinner Peringatan Bulan PRB, Aneka Hidangan Butur Diminati Tamu Kehormatan,”

Gala Dinner diawali dengan sambutan Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara Komjen Pol. (Purn) Dr. (H.C) Andap Budhi Revianto, S.I.K., MH., dan dilanjutkan dengan sambutan hangat dari Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto.

Gala Dinner Peringatan Bulan PRB, Aneka Hidangan Butur Diminati Tamu Kehormatan
Gala Dinner Peringatan Bulan PRB, Aneka Hidangan Butur Diminati Tamu Kehormatan

Dalam kesempatan itu, para Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terlihat kompak saling bertegur sapa smbil melakukan selfie saat usai makan malam bersama Kepala BNPB, dan PJ. Gubernur Sultra, yang diikuti seluruh insan penanggulangan bencana dari berbagai daerah

Sajian makan malam saat menyambut tamu peringatan bulan PRB tampaknya pakande kandea (dulang) Butur tampil eksklusif karena isi talang disambangi oleh anggota DPR RI dapail Jatim dan Ketua TP. PKK Provinsi Sultra yang didampingi oleh para Ketua DWP Satuan Perangkat Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Selanjutnya, aneka hidangan yang disajikan dalam ragam masakan khas Butur tersebut juga dipesan oleh tamu-tamu kehormatan untuk dinikmati sekaligus dibawa pulang.

baca juga:

Adapun sajian kuliner khas Butur yang dikemas dalam ragam jenis menu, diantaranya; Lobster, udang, kepiting isi, opor ayam, paria isi katapai, ketimun isi rebung, udang goreng mentega, lapa-lapa, buras. nasi merah, tumpi-tumpi serta aneka kue tradisional dan minuman pala.(*)

GALERI FOTO

Berita Lainnya:

Aksi Protes Jalan Penuh Debu, Warga Desa Eelahaji di Buton Utara Tanam Kelapa dan Pohon Pisang di Tengah Jalan

BURANGA, BP-Warga Desa Eelahaji, Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara melakukan aksi protes dengan menaruh batang kelapa hingga pohon pisang di jalan. Aksi ini merupakan bentuk protes mereka terhadap jalanan yang penuh dengan debu saat dilewati kendaraan. “Aksi Protes Jalan Penuh Debu, Warga Desa Eelahaji di Buton Utara Tanam Kelapa dan Pohon Pisang di Tengah Jalan.”

Diketahui jalan sepanjang 700 meter yang ditaruhkan batang kelapa dan pohon pisang itu merupakan jalan provinsi Sulawesi Tenggara yang ada di Kabupaten Buton Utara.

Aksi Protes Jalan Penuh Debu, Warga Desa Eelahaji di Buton Utara Tanam Kelapa dan Pohon Pisang di Tengah Jalan
Aksi Protes Jalan Penuh Debu, Warga Desa Eelahaji di Buton Utara Tanam Kelapa dan Pohon Pisang di Tengah Jalan

 

 

Mereka melakukan aksi tersebut sudah berjalan kurang lebih satu bulan. Akibat jalanan yang berdebu itu, masyarakat Desa Eelahaji diduga banyak yang mengidap penyakit Ispa.

Kepala Bidang Binamarga dan SDA Provinsi Sulawesi Tenggara, Harmunaddin mengatakan dirinya telah bertemu dengan masyarakat Desa Eelahaji dan berdiskusi terkait jalan Provinsi Sutra yang berdebu tersebut. Dan jalan tersebut kata dia, akan diperbaiki pada tahun 2024 yang akan datang.

“Kami akan prioritaskan melalui dana DAU. Alokasi anggarannya itu nanti berkembang, yang jelas kami akan usulkan melalui anggaran DAU”, kata Harmunaddin melalui panggilan WhatsAppnya, Rabu malam (03/10/2023).

Harmunaddin juga meminta kepada masyarakat Desa Eelahaji agar bersabar dalam menghadapi kondisi jalan yang berdebu tersebut. Pasalnya, jalan tersebut sudah diprioritaskan untuk diperbaiki tahun 2024 mendatang.

baca juga:

“Saya minta keluarga di Buton Utara bersabar, 2024 itu prioritas”, Pintanya.

Harmunaddin mengungkapkan, jalan Provinsi Sultra di Buton Utara khususnya Lambale-Ereke yang rusak sekitar sepanjang 30 km. Namun yang rusak parah hanya sekitar 10 km saja.

“Tapi yang parah hampir 10 Km”, katanya singkat.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *