KOTA BAUBAUSULTRA

Pemkot Baubau Terima Penyerahan Aset PSU dari Perumahan Wana bakti Sebesar Rp 1,9 M, DIterima Langsung Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi di Panggung Baubau Ekspo 2023

BAUBAU, BP-Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau menerima penyerahan aset Prasarana Utilitas Umum (PSU) dari perumahan Wanabakti dengan nilai aset sebesar Rp 1,9 M untuk dikelola oleh Pemkot Baubau berupa jalan, masjid, rumah dinas dokter dan Puskesmas. “Pemkot Baubau Terima Penyerahan Aset PSU dari Perumahan Wana bakti Sebesar Rp 1,9 M, DIterima Langsung Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi di Panggung Baubau Ekspo 2023.”

Aset PSU tersebut diterima langsung Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, Sp, M.Si pada malam penutupan Baubau expo 2023 di Kotamara, Selasa malam (17/10/2023).

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanaha Kota Baubau Dra Hj Siti Amalia Abibu MSi, Rabu (18/10/2023).

Pemkot Baubau Terima Penyerahan Aset PSU dari Perumahan Wana bakti Sebesar Rp 1,9 M, DIterima Langsung Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi di Panggung Baubau Ekspo 2023
Pemkot Baubau Terima Penyerahan Aset PSU dari Perumahan Wana bakti Sebesar Rp 1,9 M, DIterima Langsung Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi di Panggung Baubau Ekspo 2023

Menurut Hj Siti Amalia Abibu, penyerahan aset PSU dari pengembang kepada Pemkot Baubau adalah sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, bahwa Perumahan adalah kumpulan rumah sebagai bagian dari permukiman, baik perkotaan maupun perdesaan, yang dilengkapi dengan prasarana, sarana dan utilitas umum sebagai hasil upaya pemenuhan rumah layak huni.

Disamping itu, Permendagri No.9 Tahun 2009 tentang pedoman penyerahan prasarana, sarana dan utilitas perumahan dan permukiman di daerah, Bab V pasal 11 ayat (1) Pemerintah daerah meminta pengembang untuk menyerahkan prasarana, sarana dan utilitas perumahan dan permukiman yang dibangun oleh pengembang. Dan pasal (2) Penyerahan prasarana,sarana dan utilitas perumahan dan permukiman sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan paling lambat 1 (satu) tahun setelah Monitoring Center of Prevention (MCP) KPK Tahun 2023 tentang penertiban PSU antara lain adalah realisasi BAST PSU yang sudah diserahkan.

Diungkapkan, penyediaan prasarana, sarana, dan utilitas di Kota Baubau sangatlah penting dan dibutuhkan oleh masyarakat, termasuk yang berasal dari kewajiban pemegang izin lokasi, yaitu pihak pengembang perumahan (developer).

baca juga: 

Hanya saja, belum ada kesadaran pengembang untuk membangun prasarana sarana dan utilitas sesuai dengan ketentuan dan kemudian melakukan penyerahan aset PSU yang telah dibangun kepada Pemkot Baubau. Disamping itu, belum terbentuknya peraturan daerah tentang penyediaan dan penyerahan prasarana, sarana dan utilitas umum dari pengembang kepada pemerintah daerah.

”Saat ini baru ada dua pengembang yang sudah menyerahkan aset PSU yakni perumahan Wanabakti tahun 2023 ini dan perumahan Perumnas tahun 2022 lalu,”ungkapnya.

Hj Siti Amalia Abibu menambahkan, tujuan serah terima aset PSU ini agar terjamin keberlanjutan pemeliharaan dan pengelolaan sarana prasarana di lingkungan Perumahan dan Permukiman, terjamin ketersediaan sarana prasarana dan utilitas perumahan dan permukiman, melindungi aset Pemkot Baubau dan menjamin keberlanjutan pemeliharaan dan pengelolaan PSU di lingkungan perumahan dan permukiman, serta memanfaatkan secara optimal atas sarana prasarana serta utilitas tersebut untuk kepentingan masyarakat.(*)

Berita Lainnya:

Malam Ramah Tamah Baubau Ekspo, Pj Walikota Dr Rasman Manafi Sebut Haroana Baubau merupakan tradisi masyarakat Buton pada umumnya dan Sebagai Ajang Silaturahim

BAUBAU, BP – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau gelar ramah tamah, haroana baubau, sekaligus menutup acara Baubau ekspo dan festival Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara hari jadi Baubau ke 482 dan HUT Kota Baubau ke 22 di alun – alun kotamara, Selasa malam (17/10/2023). “Malam Ramah Tamah Baubau Ekspo, Pj Walikota Dr Rasman Manafi Sebut Haroana Baubau merupakan tradisi masyarakat Buton pada umumnya dan Sebagai Ajang Silaturahim.”

“Haroana Baubau merupakan tradisi masyarakat Buton pada umumnya, sebagai ajang silaturahim, Dalam meningkatkan hubungan kekeluargaan yang harmonis, serta ungkapan rasa syukur kepada sang pencipta, Atas rezeki, Anugrah yang diberikan kepada hambanya.” kata Dr Rasman Manafi ketika memberikan sambutan pada acara malam ramah tamah di Kotamara.

Malam Ramah Tamah Baubau Ekspo, Pj Walikota Dr Rasman Manafi Sebut Haroana Baubau merupakan tradisi masyarakat Buton pada umumnya dan Sebagai Ajang Silaturahim
Malam Ramah Tamah Baubau Ekspo, Pj Walikota Dr Rasman Manafi Sebut Haroana Baubau merupakan tradisi masyarakat Buton pada umumnya dan Sebagai Ajang Silaturahim

Melalui kegiatan Haroana Baubau, pihaknya menjadikan sebagai momentum penting untuk berkolaborasi bersama pihak terkait. Berkontribusi pembangunan daerah. “Saya selalu menyebut bekerja bersama, dengan berkalborasi semua kekuatan yang dapat disatukan, dapat mengisi kekurangan, saling mendukung, dan memperkuat sehingga permasalahan daerah dapat di atasi bersama.” katanya

Selain berkalborasi, kompetisi dalam berinovasi juga penting dilaksanakan di pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, kata dia, mengingat daerah globalisasi dan kemajuan teknologi informasi saat ini, kompotisi dan kalborasi adalah keniscayaan, upaya ini dinilai penting agar dapat mengatasi berbagai tantangan, keterbatasan saat ingin melakukan inovasi.

“Kami sepenuhnya sadar, sampai dengan saat ini, masih ada target yang belum maksimal pencapaiannya, namun saya pastikan bahwa pemerintah Kota Baubau akan selalu hadir ditengah tengah masyarakat, untuk satu tujuan demi kehidupan yang nyaman, semakin maju dan sejahtera,” katanya.

Perayaan HUT Kota Baubau ke 22, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau di bawah kepemimpinan Dr Rasman Manafi mengangkat tema “taposangu-sangu tapekadei taporia roaka,” berkalborasi untuk percepatan Baubau yang maju dan moderen.

“Ini menjadi titik tolak lahirnya budaya perubahan, berubah untuk menjadi lebih baik, bukan saja demi kepentingan pribadi dan keluarga, tetapi juga bagi nilai nilai kemanusiaan dalam lingkup yang lebih luas.” katanya.

Olehnya itu, pihaknya berkomitmen membangun Kota Baubau dengan menguatkan kecerdasan, rehabilitas dan budi pekerti yang baik, sehingga pertumbuhan infrastruktur, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan berjalan searah dengan pelestarian dan keseimbangan sistem kehidupan di masyarakat.

baca juga:

Jadi Irup HUT Kota Baubau ke 22, Pj Gubernur Sultra ABR Harap Pemkot Terus Lakukan Inovasi Agar Jadi Kota Modern

Karnaval Budaya Semarakkan Haroana Baubau Akan Digelar Sabtu 14 Oktober 2023, Berikut Rute dan Persiapannya

Pada kesempatan itu juga, pihak menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada memimpin kota Baubau terdahulu, para sesepuh, toko pendidikan serta seluruh warga kota Baubau yang telah mewarnai perubahan sehingga menjadi tanda mata, bagi generasi – generasi mendatang.

“Untuk pelaksanaan tahun mendatang, sekiranya dapat berinovasi dengan menggali potensi potensi daerah serta dapat melibatkan masyarakat yang banyak. Selamat melanjutkan karya pengabdian pada bidang tugas masing-masing.” tutup. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *