KOTA BAUBAUSULTRA

Malam Ramah Tamah Baubau Ekspo, Pj Walikota Dr Rasman Manafi Sebut Haroana Baubau merupakan tradisi masyarakat Buton pada umumnya dan Sebagai Ajang Silaturahim

BAUBAU, BP – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau gelar ramah tamah, haroana baubau, sekaligus menutup acara Baubau ekspo dan festival Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara hari jadi Baubau ke 482 dan HUT Kota Baubau ke 22 di alun – alun kotamara, Selasa malam (17/10/2023). “Malam Ramah Tamah Baubau Ekspo, Pj Walikota Dr Rasman Manafi Sebut Haroana Baubau merupakan tradisi masyarakat Buton pada umumnya dan Sebagai Ajang Silaturahim.”

“Haroana Baubau merupakan tradisi masyarakat Buton pada umumnya, sebagai ajang silaturahim, Dalam meningkatkan hubungan kekeluargaan yang harmonis, serta ungkapan rasa syukur kepada sang pencipta, Atas rezeki, Anugrah yang diberikan kepada hambanya.” kata Dr Rasman Manafi ketika memberikan sambutan pada acara malam ramah tamah di Kotamara.

Malam Ramah Tamah Baubau Ekspo, Pj Walikota Dr Rasman Manafi Sebut Haroana Baubau merupakan tradisi masyarakat Buton pada umumnya dan Sebagai Ajang Silaturahim
Malam Ramah Tamah Baubau Ekspo, Pj Walikota Dr Rasman Manafi Sebut Haroana Baubau merupakan tradisi masyarakat Buton pada umumnya dan Sebagai Ajang Silaturahim

Melalui kegiatan Haroana Baubau, pihaknya menjadikan sebagai momentum penting untuk berkolaborasi bersama pihak terkait. Berkontribusi pembangunan daerah. “Saya selalu menyebut bekerja bersama, dengan berkalborasi semua kekuatan yang dapat disatukan, dapat mengisi kekurangan, saling mendukung, dan memperkuat sehingga permasalahan daerah dapat di atasi bersama.” katanya

Selain berkalborasi, kompetisi dalam berinovasi juga penting dilaksanakan di pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, kata dia, mengingat daerah globalisasi dan kemajuan teknologi informasi saat ini, kompotisi dan kalborasi adalah keniscayaan, upaya ini dinilai penting agar dapat mengatasi berbagai tantangan, keterbatasan saat ingin melakukan inovasi.

“Kami sepenuhnya sadar, sampai dengan saat ini, masih ada target yang belum maksimal pencapaiannya, namun saya pastikan bahwa pemerintah Kota Baubau akan selalu hadir ditengah tengah masyarakat, untuk satu tujuan demi kehidupan yang nyaman, semakin maju dan sejahtera,” katanya.

Perayaan HUT Kota Baubau ke 22, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau di bawah kepemimpinan Dr Rasman Manafi mengangkat tema “taposangu-sangu tapekadei taporia roaka,” berkalborasi untuk percepatan Baubau yang maju dan moderen.

“Ini menjadi titik tolak lahirnya budaya perubahan, berubah untuk menjadi lebih baik, bukan saja demi kepentingan pribadi dan keluarga, tetapi juga bagi nilai nilai kemanusiaan dalam lingkup yang lebih luas.” katanya.

Olehnya itu, pihaknya berkomitmen membangun Kota Baubau dengan menguatkan kecerdasan, rehabilitas dan budi pekerti yang baik, sehingga pertumbuhan infrastruktur, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan berjalan searah dengan pelestarian dan keseimbangan sistem kehidupan di masyarakat.

baca juga:

Jadi Irup HUT Kota Baubau ke 22, Pj Gubernur Sultra ABR Harap Pemkot Terus Lakukan Inovasi Agar Jadi Kota Modern

Karnaval Budaya Semarakkan Haroana Baubau Akan Digelar Sabtu 14 Oktober 2023, Berikut Rute dan Persiapannya

Pada kesempatan itu juga, pihak menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada memimpin kota Baubau terdahulu, para sesepuh, toko pendidikan serta seluruh warga kota Baubau yang telah mewarnai perubahan sehingga menjadi tanda mata, bagi generasi – generasi mendatang.

“Untuk pelaksanaan tahun mendatang, sekiranya dapat berinovasi dengan menggali potensi potensi daerah serta dapat melibatkan masyarakat yang banyak. Selamat melanjutkan karya pengabdian pada bidang tugas masing-masing.” tutup. (*)

Berita Lainnya:

Tokoh KKSS Apresiasi Positif Pj Walikota Baubau Dr Rasman Ketika Menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW

BAUBAU-Kehadiran Pj. Wali Kota Baubau Dr. Muh. Rasman Manafi, S.P., M.Si., di acara peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang diselenggarakan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kota Baubau di Hotel Mira Sabtu malam (14/10) diapresiasi positif para tokoh dan sesepuh KKSS. “Tokoh KKSS Apresiasi Positif Pj Walikota Baubau Dr Rasman Ketika Menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW.”

Tokoh KKSS Apresiasi Positif Pj Walikota Baubau Dr Rasman Ketika Menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW
Tokoh KKSS Apresiasi Positif Pj Walikota Baubau Dr Rasman Ketika Menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW

Ketua BPD KKSS Kota Baubau, H. Andi Hamzah Mahmud, S.Sos., M.Si yang juga Kadis Kominfo Kota Baubau menyatakan ungkapan terima kasih warga KKSS atas kehadiran Pj. Wali Kota di tengah kesibukannya.
“Mewakili segenap warga KKSS di Kota Baubau, kami ucapkan apresiasi besar dan rasa terima kasih pada Pak Wali, beliau tengah rapat internal, tetapi meluangkan waktu untuk hadir dan bersilaturahmi, juga sebagai perkenalan dengan warga,” kata Andi Hamzah usai acara.
Hal lain diungkap Fajar Ishak Daeng Jaya, SE, MH, tokoh KKSS yang juga anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara ini yang menyatakan kehadiran Pj. Wali Kota sebagai bentuk kepedulian, apalagi pernyataan pribadi sebagai bagian dari KKSS harus dimaknai sebagai hubungan emosional yang diartikan sebagai penghargaan akan nilai kebersamaan dan kebudayaan dengan warga Sulsel di Kota Baubau.
“Atas semua apresiasi yang disampaikan pak Pj. Wali Kota Baubau kepada warga KKSS, ini sejatinya momentum untuk menghidupkan roda organisasi KKSS di Baubau dan dukungan warga terhadap seluruh aktivitas pembangunan yang dijalankan pemerintah. Pak Wali telah membersamai kita dan juga kebudayaan kita, kami berterima kasih” papar Fajar Ishak.
Hal senada diungkap Drs. H. Dinisa Asaf sesepuh KKSS Kota Baubau yang juga didapuk sebagai pembawa hikmah Maulid, mengungkapkan jika filosofi KKSS ‘di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung’ adalah ingatan agar warga KKSS senantiasa kompak, menjadi warga yang baik dan mendukung segala program, serta mendukung semua langkah-langkah strategis yang dijalankan Wali Kota Baubau.

baca juga:

Pj Gubernur Sultra ABR Jadi Inspektur Upacara Hari Jadi Baubau 482 dan HUT Kota Baubau ke 22, Ingatkan Falsafah Kesultanan Buton

Jadi Irup HUT Kota Baubau ke 22, Pj Gubernur Sultra ABR Harap Pemkot Terus Lakukan Inovasi Agar Jadi Kota Modern

“Pak Wali telah hadir, itu artinya beliau bagian dari KKSS, tugas kita kompak, menjadi warga yang baik dan mendukung segala program, serta mendukung semua langkah-langkah strategis yang dijalankan Pj. Wali Kota Baubau. Saya juga mengajak kita semua mendoakan hal-hal baik untuk Kota Baubau. Semoga selalu rukun, sejahtera, dan hubungan harmonis antar sesama, antar warga, dan antar masyarakat dengan pemerintahnya,” tandas H. Dinisa Asaf. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *