HUKUM

Penyidik Polda Sultra Didiuga Minta Klarifikasi Walikota Baubau Monianse di Mapolres Baubau Terkait Laporan Kuasa Hukum Roni Muhtar

BAUBAU, BP – Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse diduga dimintai keterangannya oleh penyidik Polda Sultra di Mapolres Baubau, Kamis (24/08/2023). ‘Penyidik Polda Sultra Didiuga Minta Klarifikasi Walikota Baubau Monianse di Mapolres Baubau Terkait Laporan Kuasa Hukum Roni Muhtar’.

Pemeriksaan terhadap orang nomor satu di Baubau berkaitan dengan laporan kuasa hukum Roni Muhtar terkait menghalang-halangi Roni Muhtar dalam melaksanakan tugas konstitusionalnya sebagai Sekertaris Daerah (Sekda).

F01.3A Kuasa hukum walikota Baubau La Ode Darmawan didampingi Sirlan SH MH Abas Mata sorumba SE SH
Kuasa hukum walikota Baubau, La Ode Darmawan didampingi Sirlan SH MH, Abas Mata sorumba SE SH, Penyidik Polda Sultra Didiuga Minta Klarifikasi Walikota Baubau Monianse di Mapolres Baubau Terkait Laporan Kuasa Hukum Roni Muhtar

Walikota Baubau tiba di Mapolres Baubau sekitar pukul 10.30 WITA dengan menggunakan mobil sedan DT 1 warna hitam dan dikawal satuan polisi pamong praja. Walikota Baubau dimintai keterangan oleh penyidik Polda di ruang Kapolres Baubau.

Sementara PJ Sekda Baubau, Wa Ode Sitti Munawar tibah di Polres Baubau sekitar pukul pukul 10.00 WITA, menyusul Kasat Pol PP La Ode Muh Takdir dan yang tidak hadir di Polres Baubau yaitu Asisten III Setda Pemkot Baubau La Ode Darussalam.

“Hari Ini kami dipanggil di Polres Baubau karena laporan dari pengacara Roni Muhtar di Polda Sultra, terkait dugaan tindak pidana, bersama-sama menghalangi Roni Muhtar untuk berkantor di Palagimata. Itu laporan terkait dengan surat pemanggilan kami,” Kata kuasa hukum Walikota Baubau La Ode Darmawan SH usai memberikan kesaksian kepada penyidik Polda Sultra.

PJ Sekda Wa Ode Sitti Munawar, Kasat Pol PP, La Ode Muh Takdir, Asisten III Setda Pemkot Baubau, La Ode Darussalam dan Kuasa hukum Wali Kota Baubau, La Ode Darmawan telah disurati Polda Sultra untuk memberikan kesaksian. La Ode Darmawan diberikan tujuh pertanyaan oleh penyidik Polda Sultra.

F01.3b Kendaraan walikota Baubau yang parkir di halaman Mapolres Baubau
Kendaraan walikota Baubau yang parkir di halaman Mapolres Baubau, Kuasa hukum walikota Baubau, La Ode Darmawan didampingi Sirlan SH MH, Abas Mata sorumba SE SH, Penyidik Polda Sultra Didiuga Minta Klarifikasi Walikota Baubau Monianse di Mapolres Baubau Terkait Laporan Kuasa Hukum Roni Muhtar

“Memang ada beberapa surat panggilan, Pak Wali tadi di ruangan Kapolres, Sementara saya di ruangan Sat Reskrim, jadi sifatnya hanya mengklarifikasi terkait dengan aduan kuasa hukum Roni Muhtar. Dalam laporan itu, kami semua sebagai saksi, Fokus laporan ini ada pada Wali Kota Baubau. Cepat saja tadi pemeriksaannya, karena hanya berbentuk klarifikasi,” katanya.

Dalam kesaksiannya, La Ode Darmawan menyampaikan kepada penyidik Polda Sultra bahwa Roni Muhtar bukan sebagai Sekda Baubau, sesuai keputusan Walikota Baubau Nomor : 101/1/2023 tentang pemberhentian Pejabat Tinggi Pratama (JPT) Sekretaris Daerah Kota Baubau Roni Muhtar pada 31 Januari 2023.

baca juga:

Imigrasi Baubau Pastikan Deportasi Delapan Orang Warga Negara India Dari 11 Orang Yang Ditemukan di Buton Tanpa Dokumen Lengkap

“Roni Muhtar bukan sebagai Sekda, tapi beliau tetap ngotot untuk berkantor. Sehingga memang atas perintah Walikota Baubau melalui perangkat pemerintahan yaitu Kasat Pol PP dan anggotanya menghalangi Roni Muhtar untuk berkantor,” tutup.(*)

 

Baca Berita Lainnya:

Polres Baubau Gelar Sertijab, Kabag Ops Polres Baubau Berganti, Kompol Suriadin ke Wakatobi Digantikan Kompol Haeruddin

BAUBAU,BP – Polres Baubau menggelar upacara serah terima jabatan (Sertijab) di Lapangan Polres Baubau, Jumat (18/08/2023). Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk, SH, SIK, MSi bertindak sebagai inspektur upacara. ‘Polres Baubau Gelar Sertijab, Kabag Ops Polres Baubau Berganti, Kompol Suriadin ke Wakatobi Digantikan Kompol Haeruddin’.

Sertijab dihadiri pejabat utama Polres Baubau, para Kasat, Kasi, Kapolsek jajaran, serta seluruh personil Polres Baubau. Sertijab ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan, penandatanganan berita acara serta penandatanganan fakta integritas.

F01.3
Polres Baubau Gelar Sertijab, Kabag Ops Polres Baubau Berganti, Kompol Suriadin ke Wakatobi Digantikan Kompol Haeruddin

Kabag Ops Polres Baubau sebelumnya dijabat Kompol Suriadin, S.Sos , MH, menempati jabatan baru sebagai Kabag Ren Polres Wakatobi digantikan Kompol Haeruddin, S.Sos. Sertijab sebagai tindak lanjut keputusan Kapolda Sultra nomor. : Kep / 384 / VIII / 2023 tanggal 10 Agustus 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan Perwira di lingkungan Polda Sultra.

Dalam sambutannya, Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk mengatakan, serah terima jabatan dalam kepolisian merupakan hal yang biasa dilakukan untuk kepentingan organisasi.

“Pada hari ini secara bersama telah menyaksikan prosesi perubahan personel Polri yang menduduki jabatan pada tataran pimpinan sebagai Kabag Ops Polres Baubau, tentunya disertai harapan bahwa personel yang ditunjuk sebagai pejabat yang baru dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Pada kesempatan itu juga, Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk menyampaikan terimakasih kepada Kompol Suriadin, S.Sos , MH atas pengabdiannya, loyalitas, karya-karya dalam kemajuan selama bertugas di Polres Baubau.

“Untuk pejabat baru selamat datang di Polres Baubau, agar segera menyesuaikan dengan tugas dan tanggung jawab yang ada dan harapan saya agar pejabat baru dapat berinovasi yang baru yang dapat memajukan Polres Baubau.” katanya.

baca juga:

Roni Muhtar Menang di PTUN Kendari, Pemkot Baubau Langsung Banding ke Pengadilan Tinggi PTUN Kendari

Disamping itu, orang nomor satu di polres Baubau mengingatkan bawahannya bahwa kedepan banyak tantangan terutama pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Ia berharap terhadap personilnya agar membangun komunikasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) baubau serta peserta pemilu (Parpol) agar bersama-sama menyukseskan pemilu 2024,

“Polri merupakan alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Apapun kegiatannya, kita jangan anggap sepele, mudah – mudahan Polres Bau Bau kedepan lebih baik lagi,” tutup.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *