Kabupaten Buton SelatanSULTRA

Didampingi ANRI, Pj Bupati Busel La Ode Budiman Launching Penggunaan Aplikasi SRIKANDI

BUSEL, DT- Pj. Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman, SKM., M.MKes, melaunching Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) untuk digunakan dalam pengelolaan Kearsipan di Lingkup Pemerintah Kabupaten Buton Selatan, bertempat di Gedung Lamaindo, Jum’at 20 Oktober 2023. “Didampingi ANRI, Pj Bupati Busel La Ode Budiman Launching Penggunaan Aplikasi SRIKANDI.”

Dalam kegiatan launching tersebut, Pj. Bupati Buton Selatan di dampingi Tim Deputi Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kepala Bidang Pembinaan Kearsipan Dinas Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara, Kepala Dinas Kearsipan & Perpustakaan Buton Selatan, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Buton Selatan.

Didampingi ANRI, Pj Bupati Busel La Ode Budiman Launching Penggunaan Aplikasi SRIKANDI
Didampingi ANRI, Pj Bupati Busel La Ode Budiman Launching Penggunaan Aplikasi SRIKANDI

Dalam sambutannya, La Ode Budiman, menyampaikan bahwa Aplikasi SRIKANDI bertujuan menciptakan kelancaran dalam persuratan dan kearsipan secara elektronik yang efektif dalam penyelenggaraan pemerintahan. Aplikasi ini juga dapat memenuhi kebutuhan pembuatan surat menyurat dan arsip elektronik secara online dan saling terintegrasi serta terekam pada pusat data nasional,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dengan adanya aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi atau lebih dikenal dengan SRIKANDI ini mampu meningkatkan pemahaman kapasitas dan keterampilan aparatur sipil negara dalam pelayanan pemerintah berbasis elektronik. Melalui kearsipan berbasis digital ini juga dapat terekam dengan baik sehingga nantinya akan menjadi akuntabilitas dan memori kolektif bangsa dalam sistem pemerintahan berbasis elektronik.

“Sistem ini memiliki banyak manfaat karena sudah tidak lagi menggunakan kertas (paperless), tanda tangan juga sudah menggunakan elektronik, bisa diakses secara online, juga dengan pemanfaatan aplikasi ini meningkatkan indeks kearsipan di masing-masing instansi,” ungkapnya.

baca juga:

Orang Nomor Satu di Buton Selatan setelah launching langsung memperlihatkan kepada para undangan dan peserta Bimtek Penerapan Aplikasi SRIKANDI bagaimana aplikasi tersebut digunakan yang pandu oleh ibu Dra. Satriani, Pembina Kearsipan Wilayah Sulawesi Tenggara ANRI. (*)

Berita Lainnya:

Pj Bupati Buton Selatan La Ode Budiman Serahkan Santunan Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan

BUSEL, BP-Penjabat Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman, SKM., M.MKes, Selasa 12 September 2023 bertempat di Gedung Lamaindo, menyerahkan secara langsung santunan jaminan kematian (JKM) kepada Ibu Rasmi, selaku keluarga ahli waris dari almarhum Ali Imran Sulaiman selaku pekerja/perangkat di Desa Watiginanda, Kabupaten Buton Selatan. “Pj Bupati Buton Selatan La Ode Budiman Serahkan Santunan Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan.”

Acara pemberian santunan ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Daerah dan BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan dukungan kepada keluarga yang kehilangan pencari nafkah akibat wafatnya pekerja.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, La Amiruddin, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Baubau, Bobby Harun, ST, para Kepala Desa se-Kabupaten Buton Selatan serta keluarga perangkat Desa Watiginanda yang meninggal dunia. Semua pihak berharap bahwa bantuan ini dapat meringankan beban ekonomi keluarga ahli waris pekerja yang telah berjasa bagi masyarakat Desa Watiginanda.

Pj Bupati Buton Selatan La Ode Budiman Serahkan Santunan Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan
Pj Bupati Buton Selatan La Ode Budiman Serahkan Santunan Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Baubau, Bobby Harun, ST menuturkan hingga saat ini Total Klaim BPJS Ketenagakerjaan di wilayah Kabupaten Buton Selatan sebesar Rp. 165 Juta. Dimana Rp. 84 Juta diantaranya merupakan Jaminan Kematian. Santunan jaminan kematian yang diserahkan kepada keluarga ahli waris pekerja ini merupakan salah satu wujud komitmen BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Buton Selatan dalam menjaga kesejahteraan sosial masyarakatnya.

Program ini bertujuan untuk memberikan bantuan keuangan kepada keluarga yang ditinggalkan oleh anggota keluarga yang bekerja sebagai perangkat desa di Desa Watiginanda.

Baca juga:

Dalam sambutannya, La Ode Budiman, mengungkapkan rasa prihatin dan belasungkawa yang mendalam atas kehilangan yang dialami oleh keluarga tersebut. Beliau menekankan pentingnya menjaga solidaritas dan kepedulian antar warga dalam masyarakat.

“Kami berduka atas kehilangan yang Anda rasakan, dan kami hadir di sini untuk memberikan dukungan moral dan finansial selama masa sulit ini,” kata Pj Bupati.

La Ode Budiman mengatakan keikutsertaan para perangkat desa dalam program BPJS Ketenagakerjaan tentu sangat bermanfaat sekali untuk mendapatkan perlindungan dari Negara, ketika para perangkat desa mengalami musibah kecelakaan kerja ataupun meninggal dunia.

Penerima santunan ini sangat bersyukur atas bantuan santunan yang mereka terima dan diserahkan langsung oleh Pj Bupati. Selaku ahli waris, Ibu Rasmi, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Daerah dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan ini. Ini akan membantu kami dalam menghadapi masa-masa sulit yang akan datang,” ujar Rasmi.

La Ode Budiman menutup acara dengan pesan optimisme dan kebersamaan. “Kita adalah satu keluarga besar, dan kita harus saling mendukung. Semoga keluarga yang menerima santunan ini dapat bangkit dan terus berjuang demi masa depan yang lebih baik,” tandasnya.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan keluarga tersebut dapat merasa didukung dan memiliki semangat untuk menghadapi tantangan yang ada di masa depan. Kejadian ini juga mencerminkan komitmen Pemerintah Daerah untuk selalu peduli dan bersinergi dengan masyarakat dalam membangun kehidupan yang lebih baik di Kabupaten Buton Selatan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *