Kabupaten Buton SelatanSULTRA

Pj Bupati Buton Selatan La Ode Budiman Serahkan Santunan Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan

BUSEL, BP-Penjabat Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman, SKM., M.MKes, Selasa 12 September 2023 bertempat di Gedung Lamaindo, menyerahkan secara langsung santunan jaminan kematian (JKM) kepada Ibu Rasmi, selaku keluarga ahli waris dari almarhum Ali Imran Sulaiman selaku pekerja/perangkat di Desa Watiginanda, Kabupaten Buton Selatan. “Pj Bupati Buton Selatan La Ode Budiman Serahkan Santunan Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan.”

Acara pemberian santunan ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Daerah dan BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan dukungan kepada keluarga yang kehilangan pencari nafkah akibat wafatnya pekerja.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, La Amiruddin, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Baubau, Bobby Harun, ST, para Kepala Desa se-Kabupaten Buton Selatan serta keluarga perangkat Desa Watiginanda yang meninggal dunia. Semua pihak berharap bahwa bantuan ini dapat meringankan beban ekonomi keluarga ahli waris pekerja yang telah berjasa bagi masyarakat Desa Watiginanda.

Pj Bupati Buton Selatan La Ode Budiman Serahkan Santunan Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan
Pj Bupati Buton Selatan La Ode Budiman Serahkan Santunan Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Baubau, Bobby Harun, ST menuturkan hingga saat ini Total Klaim BPJS Ketenagakerjaan di wilayah Kabupaten Buton Selatan sebesar Rp. 165 Juta. Dimana Rp. 84 Juta diantaranya merupakan Jaminan Kematian. Santunan jaminan kematian yang diserahkan kepada keluarga ahli waris pekerja ini merupakan salah satu wujud komitmen BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Buton Selatan dalam menjaga kesejahteraan sosial masyarakatnya.

Program ini bertujuan untuk memberikan bantuan keuangan kepada keluarga yang ditinggalkan oleh anggota keluarga yang bekerja sebagai perangkat desa di Desa Watiginanda.

Baca juga:

Dalam sambutannya, La Ode Budiman, mengungkapkan rasa prihatin dan belasungkawa yang mendalam atas kehilangan yang dialami oleh keluarga tersebut. Beliau menekankan pentingnya menjaga solidaritas dan kepedulian antar warga dalam masyarakat.

“Kami berduka atas kehilangan yang Anda rasakan, dan kami hadir di sini untuk memberikan dukungan moral dan finansial selama masa sulit ini,” kata Pj Bupati.

La Ode Budiman mengatakan keikutsertaan para perangkat desa dalam program BPJS Ketenagakerjaan tentu sangat bermanfaat sekali untuk mendapatkan perlindungan dari Negara, ketika para perangkat desa mengalami musibah kecelakaan kerja ataupun meninggal dunia.

Penerima santunan ini sangat bersyukur atas bantuan santunan yang mereka terima dan diserahkan langsung oleh Pj Bupati. Selaku ahli waris, Ibu Rasmi, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Daerah dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan ini. Ini akan membantu kami dalam menghadapi masa-masa sulit yang akan datang,” ujar Rasmi.

La Ode Budiman menutup acara dengan pesan optimisme dan kebersamaan. “Kita adalah satu keluarga besar, dan kita harus saling mendukung. Semoga keluarga yang menerima santunan ini dapat bangkit dan terus berjuang demi masa depan yang lebih baik,” tandasnya.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan keluarga tersebut dapat merasa didukung dan memiliki semangat untuk menghadapi tantangan yang ada di masa depan. Kejadian ini juga mencerminkan komitmen Pemerintah Daerah untuk selalu peduli dan bersinergi dengan masyarakat dalam membangun kehidupan yang lebih baik di Kabupaten Buton Selatan.(*)

Berita Lainnya:

Dampak El Nino, Pj Bupati Busel La Ode Budiman Pimpin Distribusi Air Bersih Gratis di Sampolawa

BUSEL, BP-Dampak El Nino, Pj Bupati Pimpin Distribusi Air Bersih Gratis di Sampolawa. Dampak kekeringan akibat fenomena alam El Nino di musim kemarau yang berkepanjangan tahun ini, Kamis 07 September 2023 Pj. Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman, SKM., M.MKes, pimpin dan turun langsung dalam mendistribusikan air bersih gratis bagi masyarakat Desa Sandang Pangan dan Desa Hendea Kecamatan Sampolawa, bersama Dinas Sosial, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar). “Dampak El Nino, Pj Bupati Busel La Ode Budiman Pimpin Distribusi Air Bersih Gratis di Sampolawa.”

 

Dinas Sosial menurunkan 1 unit mobil tangki berkapasitas 4.000 liter (3 Ton) yang didistribusikan di tiga Dusun sebanyak 8.000 liter (2 tangki) dan 1 tangki di Desa Hendea, Dinas Damkar mobil dengan kapasitas yang sama yaitu 4.000 liter dan BPBD kapasitas 1.300 liter sebanyak 4 kali sehingga total 5.200 liter. Setidaknya lebih kurang 25.200 liter telah telah di bagikan kepada masyarakat di Desa Sandang Pangan dan Desa Hendea.

Dampak El Nino, Pj Bupati Busel La Ode Budiman Pimpin Distribusi Air Bersih Gratis di Sampolawa
Dampak El Nino, Pj Bupati Busel La Ode Budiman Pimpin Distribusi Air Bersih Gratis di Sampolawa

Atas petunjuk Pj. Bupati Buton Selatan, Perangkat daerah teknis terkait yakni Dinas Sosial, BPBD dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk percepatan penanganan krisis air bersih maka pada Senin, tanggal 4 September yang lalu telah dilakukan lebih awal Penyaluran Bantuan Air Bersih secara gratis di Dusun Katolemando, Desa Sandang Pangan, Kec. Sampolawa.

“Setelah Saya Menerima Surat dari Kepala Desa Sandang Pangan, saya begerak cepat dan langsung mengadakan pertemuan dengan Tiga Kepala OPD yakni Kepala Dinas Sosial, BPBD dan Damkar untuk segera menjawab permintaan warga desa sandang pangan dan Alhamdulillah Senin lalu pada 4 September telah dapat menyalurkan Air Bersih ke warga disana walaupun saat itu belum kebagian semua. Dan hari ini kami hadir lagi untuk menyalurkan Bantuan Air Bersih secara Cuma-Cuma,” ujar Budiman.

baca juga:

40 Orang di Busel Dilatih Menngkatkan Inovasi dan Higienitas Sajian Kuliner yang Diseenggarakan Dispar Sultra

Untuk pelayanan Air Bersih yang sangat dibutuhkan masyarakat pada Kamis, 7 September Pj. Bupati Buton Selatan secara langsung memimpin penyaluran air bersih yang dipusatkan di depan halaman Kantor Desa Sandang Pangan dengan dinas teknis yakni Dinas Sosial, Damkar dan BPBD

La Ode Budiman, menghimbau agar selama musim kemarau masyarakat tetap menjaga sumber air yang masih ada meskipun dengan debit air rendah. Lebih lanjut orang nomor satu di Buton Selatan bahwa selama musim Kemarau, meminta masyarakat bijak dan hemat dalam penggunaan Air Bersih, juga masyarakat menghindari aktivitas penebangan pohon yang akan berdampak berkurangnya sumber mata air serta menghindari pembakaran lahan perkebunan sehingga keseimbangan alam di lingkungan sekitar desa tetap terjaga.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *