PEMILUPOLITIK

Undang Parpol Peserta Pemilu 2024, Bawaslu Baubau Mitigasi Potensi Sengketa Penetapan DCT

BAUBAU, BP – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Baubau melaksanakan kegiatan Sosialisasi pengawasan tahapan pencalonan anggota DPRD Kota Baubau pada penyelenggaraam pemilu tahun 2024, di Aula Nirwana Buton Vila Baubau, Sabtu (21/10/2023). “Undang Parpol Peserta Pemilu 2024, Bawaslu Baubau Mitigasi Potensi Sengketa Penetapan DCT.”

Kegiatan dibawah Kordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas itu, dibuka oleh Ketua Bawaslu Kota Baubau Sarmin yang juga dihadiri para perwakilan partai politik (Parpol) se Kota Baubau.

Undang Parpol Peserta Pemilu 2024, Bawaslu Baubau Mitigasi Potensi Sengketa Penetapan DCT
Undang Parpol Peserta Pemilu 2024, Bawaslu Baubau Mitigasi Potensi Sengketa Penetapan DCT

Melalui kegiatan tersebut, menjadi upaya Bawaslu untuk memitigasi potensi sengketa pada saat penetapan Daftar Calon Tetap (DCT), baik sengketa antar peserta pemilu atau peserta Pemilih KPU selaku penyelenggara

“Di KPU saat ini, sementara tahapan verifikasi atau pencermatan pengajuan pergantian Daftar Calon Sementara (DCS), kemudian di tangal 3 November penetapan DCT,” ungkap Sarmin, Ketua Bawaslu Kota saat dikonfirmasi media ini.

Dengan adanya moment tersebut, Bawaslu Baubau mengefektifkan dengan mengundang peserta dan para Parpol dan sebagai narasumber dari KPU Kota Baubau, mendiskusikan sekaligus memitigasi potensi sengketa yang akan timbul pasca penetapan DCT.

baca juga:

Lanjutnya, dari hasil pencermatan Bawaslu, baik pengawasan secara langsung di KPU, hingga berdasarkan pencermatan dan penelusuran formasi Panwas di Kecamatan, pihaknya mengindetivikasi potensi bakal calon yang memiliki pekerjaan tidak diharuskan oleh ketentuan undang-undang.

“Misalnya, masih ada riwayat pekerjaan sebagai ASN, yang perlu di klarifikasi statusnya, terakhir dia sudah memiliki penetapan izin cuti atau belum, kemudian ada beberapa bakal calon masih diperjelas, bahwa sudah mengundurkan diri dari pekerjaan ketentuan undang-undang itu di larang sebagai calon anggota DPRD,” tutupnya.(*)

Berita Lainnya:

Bawaslu Baubau dan Kominfo MoU Cegah Penyebaran Isu SARA dan Berita Hoax di Medsos Pada Masa Kampanye Pemilu 2024
Hengky TA21 Oktober 20230 CommentsBawaslu Baubau dan Kominfo MoU Cegah Penyebaran Isu SARA dan Berita Hoax di Medsos Pada Masa Kampanye Pemilu 2024,Ketua Bawaslu Baubau Sarmin (Tengah) saat membawakan sambutan kegiatan sosialisasi pengawasan tahapan pencalonan anggota DPRSunting
BAUBAU, BP – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Baubau menjalin kerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Baubau untuk menangkal penyeberan isu SARA dan berita-berita hoax di Media Sosial (Medsos) pada masa kampanye Pemilu tahun 2024. “Bawaslu Baubau dan Kominfo MoU Cegah Penyebaran Isu SARA dan Berita Hoax di Medsos Pada Masa Kampanye Pemilu 2024.”

Ketua Bawaslu Kota Baubau Sarmin mengungkapkan, pihaknya menginisiasi bekerjasama dalam bentuk MoU dengan Dinas Kominfo Kota Baubau, dalam rangka evektifitas pengawasan aktivitas publik di medsos yang berhubungan dengan kampanye.

Ketua Bawaslu Baubau Sarmin (Tengah) saat membawakan sambutan kegiatan sosialisasi pengawasan tahapan pencalonan anggota DPR, Bawaslu Baubau dan Kominfo MoU Cegah Penyebaran Isu SARA dan Berita Hoax di Medsos Pada Masa Kampanye Pemilu 2024

“Adapun pengawasan kami yaitu, terkait dengan potensi Isu SARA dan berita Hoax di Medsos,” jelasnya

Lanjutnya, melalui dengan kerjasama dengan Dinas Kominfo Kota Baubau, pihaknya merumuskan untuk bersama-sama melakulan pengawasan dan aktivitas di Medsos khususnya di Kota Baubau guna mencegah adanya kampanye yang menggunakan isu SARA dan berita Hoax.

baca juga:
Sukseskan Pemilu 2024, Polres Baubau Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota Operasi Mantap Brata Anoa 2023-2024
Dr Rasman Manafi Apresiasi Polres Baubau Inisiasi Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024, KPU dan Bawaslu Janji Kerja Profesional
“Jadi bentuk penindakan Bawaslu terkait kampanye bermuatan Isu SARA dan Hoax dengan menurunkannya dari medos (take down) agar berita tersebut tidak tersebar,” tuturnya.

Dengan pencegahan tersebut, Bawaslu Baubau berharap, menjadi bagian dari komitmen bersama antar-stakeholder sehingga Pemilu dapat terselenggara dengan baik di Kota Baubau.(*)

Berita Lainnya:

Polres Baubau Dirikan Posko Mantap Brata di 12 Titik Daerah Rawan hasil Pemetaan Hadapi Pemilu 2024
Alyakin21 Oktober 20230 CommentsPolres Baubau Dirikan Posko Mantap Brata di 12 Titik Daerah Rawan hasil Pemetaan Hadapi Pemilu 2024Sunting

BAUBAU, BP – Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk telah mengkanalisasi beberapa titik Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang rawan pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang. Untuk mengantisipasinya, Polresta Baubau bakal mendirikan posko pengamanan. “Polres Baubau Dirikan Posko Mantap Brata di 12 Titik Daerah Rawan hasil Pemetaan Hadapi Pemilu 2024.”

Demikian dikatakan Kapolres Baubau, AKBP Bungin Masokan ketika dikonfirmasi Durasitimes.com deklarasi pemilu damai pemilu 2024 dan latihan simulasi Sistim Pengamanan (Sispam) Kota di wilayah hukum Polres Baubau yakni Kota Baubau dan Kabupaten Buton Selatan (Busel).

Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan, Polres Baubau Dirikan Posko Mantap Brata di 12 Titik Daerah Rawan hasil Pemetaan Hadapi Pemilu 2024

“Pada prinsipnya kami sudah mengkanalisasi, ada beberapa titik TPS yang rawan. 12 titik daerah rawan, Rawan itu bukan karena situasi eskalasi lingkungan namun dikondisikan karena aspek Geografis , agak berjauhan,” ungkap Kapolres Baubau, AKBP Bungin Masokan. Kamis (12/10/2023).

Orang nomor satu di Polres Baubau ini menegaskan, pihaknya mengantisipasi dan bertindak tegas, bila pelaksanaan pemilu 2024 akan terjadi gangguan gangguan oleh kelompok tertentu yang tidak mau pelaksanaan pemilu berjalan dengan damai.

“Potensi kerawanan, sudah kami petakan dan kami telah mengantisipasi dengan menempatkan personil, yang nanti rencananya sesuai dengan agenda penetapan Pemilu berjalan sampai 2024.” katanya.

Pemilu 2024, Polres Baubau mendirikan posko mantap brata, masyarakat bisa mengadukan pada pihak berwenang bila terdapat gangguan – gangguan jelang pemilihan. Selain itu, terdapat juga sentral gagumdu, Penegakan hukum terpadu yang terdiri dari kepolisian, kejaksaan dan Bawaslu.

“Tentu saja kita wajib netral, masyarakat agar memilih secara cerdas, dalam pelaksanaan, kita juga mengantisipasi gangguan yang disebabkan dari yang tidak diterima satu paslon,” katanya.

baca juga:
Sukseskan Pemilu 2024, Disdukcapil Kota Baubau jemput Wajib KTP-El di Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan
Satpol PP Baubau Tertibkan 64 Alat Peraga Kampanye Caleg dan Cagub Yang Melanggar Perda Nomor 01/2015
Kendati demikian, untuk anggaran dalam pengamanan pemilu 2024, Pihaknya sementara berkordinasi dengan mabes polri dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Baubau.

“Sementara kita sedang berkordinasi dengan mabes polri dan pemerintah daerah, sementara berproses.” tutrunya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *