EKONOMI

Kuota Tambahan 41 Kilo Liter Minyak Tanah di Buteng Tak Kunjug Tersalurkan di tahun 2023, Com&Rel Sulawesi Janji Akan Disalurkan di Tahun 2024

LABUNGKARI, DT – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) berhasil mendapatkan kenaikan kuota Bahan Bakar Minyak Tertentu (JBT) jenis minyak tanah dan Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan (JBKP) Tahun 2023. “Kuota Tambahan 41 Kilo Liter Minyak Tanah di Buteng Tak Kunjug Tersalurkan di tahun 2023, Com&Rel Sulawesi Janji Akan Disalurkan di Tahun 2024.”

Penambahan kuota minyak tanah di Buteng, setelah pemerintah daerah bersama komisi tiga menyambangi Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

Terminal BBM Baubau, Kuota Tambahan 41 Kilo Liter Minyak Tanah di Buteng Tak Kunjug Tersalurkan di tahun 2023, Com&Rel Sulawesi Janji Akan Disalurkan di Tahun 2024
Terminal BBM Baubau, Kuota Tambahan 41 Kilo Liter Minyak Tanah di Buteng Tak Kunjug Tersalurkan di tahun 2023, Com&Rel Sulawesi Janji Akan Disalurkan di Tahun 2024

Sehingga, Buteng mendapatkan kuota bahan bakar minyak jenis minyak tanah sebanyak 41 Kilo liter atau setara 41.000 liter di tahun 2023, dari 5.617 kilo liter di tahun 2022, menjadi 5.658 Kilo liter di tahun 2023. Akan tetapi, kuota penambahan sebanyak 41 kilo lier tersebut sampai saat ini berlum terealisasi di Buteng.

“Hal ini berkat usulan pemerintah daerah dan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Buteng tahun lalu, sehingga kuota minyak tanah di tahun 2023 yang diberikan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) bertambah sebesar 41 kilo liter sementara permintaan kita hanya 25 kilo liter saja.” ungkap Nasili, Kabag Ekonomi Setda Buteng saat dikonfirmasi media ini.

Sementara kuota tambahan yang belum terealisasi sampai saat ini Pemerintah daerah melalui bagian ekonomi langsung menyurati para agen minyak tanah yang menyalurkan minyak tanah di wilayah Buteng untuk menambah pangkalan minyak tanah agar kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi.

Permohonan Penambahan Pangkalan Bahan Bakar Minyak JBT (Minyak Tanah) Berdasarkan Surat Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi Nomor T40/MG.01/BPJ/2023 tanggal 14 Januari 2023 Perihal Penyampaian Kuota Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu (JBT) dan Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan (JBKP) Tahun 2023.

Namun kagetnya, Pemerintah Daerah Buteng, bukannya mendapat persetujuan penambahan pangkalan minyak tanah malah pemerintah daerah mendapat balasan surat dari agen minyak tanah bahwa minyak tanah di Buteng belum ada penambahan kuota dari BPH Migas sehingga belum bisa diadakan penambahan pangkalan.

Dalam isi suratnya, salah satu agen Minyak Tanah PT Taruna Energi Prima, menyampaikan permohonan maaf dari pihak agen belum bisa melaksanakan penambahan pangkalan di Buteng, karena belum adanya penambahan kuota minyak tanah dari BPH Migas ke agen minyak tanah.

baca juga:

“Ini yang menjadi pertanyaan, kami sudah telusuri di setiap agen, namun sampai saat ini belum ada penambahan kuota tersebut, sementara surat dari BPB Migas tanggal 14 januari 2023 kuota minyak tanah kita sudah sebesar 5.658 Kilo Liter. Saat ini juga, DPRD Buteng juga masih mencari tahu berhentinya dimana.” bebernya

Pihaknya berharap, Kuota sebesar 41 kilo liter itu bisa segera direalisasikan agar ada penambahan pangkalan sehingga pendistribusian minyak tanah di Kabupaten Buton Tengah dapat merata sehingga wilayah yang belum memiliki pangkalan minyak tanah seperti wilayah Kecamatan Mawasangka, Sangiawambulu dan Lakudo pada desa atau kelurahan yang memiliki pangkalan minyak tanah belum seluruh terpenuhi ke masyarakat, sehingga diperlukan penambahan pangkalan

Sementara itu, Pertamina Com&Rel Sulawesi Romi saat dikonfirmasi mengatakan, kuota penambahan minyak tanah akan tetap disalurkan, namun penyalurannya akan dilaksanakan pada triwulan pertama tahun 2024 mendatang, hal tersebut dikarenakan pertamina dan agen minyak tanah memiliki kontrak pertiga bulan yang sudah berjalan saat ini.

“Terkait kuota penambahan minyak tanah (mitan), agen tetap menyalurkan sesuai dengan kuota yang telah berjalan saat ini hingga akhir tahun dikarenakan kontrak perjanjian agen minyak tanah dengan pertamina menggunakan sistem kontrak 3 bulan, sehingga kuota penambahan tersebut tetap akan disalurkan pada triwulan 1 tahun depan,” kata Romi.(*)

Berita Lainnya:

Buka Pameran Baubau Ekspo 2023, Pj Wali Kota Baubau Dr Rasman Manafi Yakin Produk Lokal Baubau Berkualitas

BAUBAU, BP-Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, Sp, M.Si saat membuka Baubau expo yang dirangkaikan dengan festival UMKM dalam rangka Haroana Baubau tahun 2023 Rabu malam (11/10/2023) mengungkapkan, akan mendorong dan mengajak seluruh masyarakat di Kota Baubau untuk menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk lokal Kota Baubau. “Buka Pameran Baubau Ekspo 2023, Pj Wali Kota Baubau Dr Rasman Manafi Yakin Produk Lokal Baubau Berkualitas.”

Apalagi, produk Baubau selain memiliki nilai kualitas yang mampu bersaing juga memiliki nilai-nilai peradaban, yang tertanam sudah 482 tahun, sehingga sudah seharusnya bangga dengan produk lokal Baubau sebab kualitas tidak kalah dengan produk-produk import.

Buka Pameran Baubau Ekspo 2023, Pj Wali Kota Baubau Dr Rasman Manafi Yakin Produk Lokal Baubau Berkualitas
Buka Pameran Baubau Ekspo 2023, Pj Wali Kota Baubau Dr Rasman Manafi Yakin Produk Lokal Baubau Berkualitas

Dr Muh Rasman Manafi memastikan, dalam pelaksanaan Haroana Baubau 2023 ini akan tetap menggunakaan produk lokal atau produk daerah yang dibanggakan dan festival UMKM selama seminggu ke depan dipastikan menggunakan produk lokal Baubau.
Dikatakan, Pemerintah Kota Baubau akan mendesain Kota Baubau, selain di desain untuk layaknya Kota juga ingin dorong menciptakan keunggulan-keunggulan yang kompetitif dan mengembangkan potensi lokal sehingga Kota Baubau dapat memiliki daya saing dengan daerah lain. “Mari kita sukseskan pelaksanaan Haroana Baubau selama 7 hari ke depan indikatornya tentu kita akan ukur hari ini dan tujuh hari ke depan. Saya seluruh warga Kota Baubau untuk bersatu padu bekerja bersama dengan komitmen dan kerja sama didukung dengan iinovasi dan kreativitas yang tinggi. Saya tahu persis bahwa inovasi dan kreativitas anak-anak Buton. Anak-anak Baubau itu sangat tinggi,”katanya.
Ditambahkan, Baubau expo sebagai rangkaian perayaan Haroana Baubau sebagai upaya pemulihan ekonomi yang terus dilakukan untuk mencapai target-target Pembangunan pertama bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sehingga diharapkan dapat menjadi rutinitas dan dapat dinikmati oleh semua elemen masyarakat di Kota Baubau. Kemudian, tentu tidak terlepas dari komitmen bersama untuk mengimplementasikan tiga dari delapan arahan Presiden RI dalam mengatasi kondisi daerah, pembangunan daerah di seluruh Indonesia diantaranya pemerintah daerah harus memberikan perhatian lebih kepada investasi termaksud kegiatan Haroana Baubau menjadi bagian dalam pengolahan investasi pelaku UMKM agar dapat mengembangkan usahanya lebih baik ke depan.

baca juga:

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini produk-produk lokal , UMKM sudah mulai bangkit setelah Pandemi yang lalu hampir semua daerah di Indonesia mengalmi keterpurukan dan kekuatan UMKM inilah yang diharapkan dapat menggerakkan ekonomi lokal yang tentunya akan bersinergi dengan wilayah-wilayah sekitar seperti Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara dan Wakatobi.
Sementara itu, usai membuka secara resmi Baubau expo 2023, Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si beserta Pj Ketua TP PKK Kota Baubau Reffiani Dwiatmo Rasman, ST mengunjungi seluruh stand-stand peserta Baubau expo termasuk stand Dinas Kominfo Baubau.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *