EKONOMIKOTA BAUBAUPARIWISATASULTRA

Buka Pameran Baubau Ekspo 2023, Pj Wali Kota Baubau Dr Rasman Manafi Yakin Produk Lokal Baubau Berkualitas

BAUBAU, BP-Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, Sp, M.Si saat membuka Baubau expo yang dirangkaikan dengan festival UMKM dalam rangka Haroana Baubau tahun 2023 Rabu malam (11/10/2023) mengungkapkan, akan mendorong dan mengajak seluruh masyarakat di Kota Baubau untuk menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk lokal Kota Baubau. “Buka Pameran Baubau Ekspo 2023, Pj Wali Kota Baubau Dr Rasman Manafi Yakin Produk Lokal Baubau Berkualitas.”

Apalagi, produk Baubau selain memiliki nilai kualitas yang mampu bersaing juga memiliki nilai-nilai peradaban, yang tertanam sudah 482 tahun, sehingga sudah seharusnya bangga dengan produk lokal Baubau sebab kualitas tidak kalah dengan produk-produk import.

Buka Pameran Baubau Ekspo 2023, Pj Wali Kota Baubau Dr Rasman Manafi Yakin Produk Lokal Baubau Berkualitas
Buka Pameran Baubau Ekspo 2023, Pj Wali Kota Baubau Dr Rasman Manafi Yakin Produk Lokal Baubau Berkualitas

Dr Muh Rasman Manafi memastikan, dalam pelaksanaan Haroana Baubau 2023 ini akan tetap menggunakaan produk lokal atau produk daerah yang dibanggakan dan festival UMKM selama seminggu ke depan dipastikan menggunakan produk lokal Baubau.
Dikatakan, Pemerintah Kota Baubau akan mendesain Kota Baubau, selain di desain untuk layaknya Kota juga ingin dorong menciptakan keunggulan-keunggulan yang kompetitif dan mengembangkan potensi lokal sehingga Kota Baubau dapat memiliki daya saing dengan daerah lain. “Mari kita sukseskan pelaksanaan Haroana Baubau selama 7 hari ke depan indikatornya tentu kita akan ukur hari ini dan tujuh hari ke depan. Saya seluruh warga Kota Baubau untuk bersatu padu bekerja bersama dengan komitmen dan kerja sama didukung dengan iinovasi dan kreativitas yang tinggi. Saya tahu persis bahwa inovasi dan kreativitas anak-anak Buton. Anak-anak Baubau itu sangat tinggi,”katanya.
Ditambahkan, Baubau expo sebagai rangkaian perayaan Haroana Baubau sebagai upaya pemulihan ekonomi yang terus dilakukan untuk mencapai target-target Pembangunan pertama bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sehingga diharapkan dapat menjadi rutinitas dan dapat dinikmati oleh semua elemen masyarakat di Kota Baubau. Kemudian, tentu tidak terlepas dari komitmen bersama untuk mengimplementasikan tiga dari delapan arahan Presiden RI dalam mengatasi kondisi daerah, pembangunan daerah di seluruh Indonesia diantaranya pemerintah daerah harus memberikan perhatian lebih kepada investasi termaksud kegiatan Haroana Baubau menjadi bagian dalam pengolahan investasi pelaku UMKM agar dapat mengembangkan usahanya lebih baik ke depan.

baca juga:

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini produk-produk lokal , UMKM sudah mulai bangkit setelah Pandemi yang lalu hampir semua daerah di Indonesia mengalmi keterpurukan dan kekuatan UMKM inilah yang diharapkan dapat menggerakkan ekonomi lokal yang tentunya akan bersinergi dengan wilayah-wilayah sekitar seperti Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara dan Wakatobi.
Sementara itu, usai membuka secara resmi Baubau expo 2023, Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si beserta Pj Ketua TP PKK Kota Baubau Reffiani Dwiatmo Rasman, ST mengunjungi seluruh stand-stand peserta Baubau expo termasuk stand Dinas Kominfo Baubau.(*)

GALERI FOTO

 

Berita Lainnya:

 

BAUBAU, BP-Tepat Pukul 16.00 WITA Pj Walikota Baubau Dr. Rasman Manafi SP. MS.i beserta Ibu Reffiani Dwiatmo Rasman, ST menjejakkan kaki secara resmi di Kota Baubau yang dikenal sebagai Negeri Khalifatul Khamis.”Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi Tiba di Negeri Khalifatul Khamis di Sambut dengan Khidmat.”

Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manfi Tiba di Negeri Khalifatul Khamis di Sambut dengan Khidmat
Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manfi Tiba di Negeri Khalifatul Khamis di Sambut dengan Khidmat

Penyambutan sederhana di Bandara Betoambari Kota Baubau berlangsung khidmat dengan prosesi pengalungan kain tenun boka. Dr. Rasman Manafi menerima syal dan kampurui (ikat kepala khas Buton) sementata Ibu Reffiani menerima rangkaian bunga yang dibentuk dari kain tenun boka.

Setelah menyaksikan persembahan tarian tradisional Lawati yang dibawakan oleh 4 (empat) orang gadis yang melambangkan penghormatan terhadap para pembesar yang datang ke Negeri Khalifatul Khamis, Dr. Rasman Manafi dan Ibu mengenakan pakaian senada berwarna merah hati segera bergerak meninggalkan Bandara menuju rumah jabatan.

UCAPAN SELAMAT
baca juga:

Kedatangan Dr. Rasman Manafi di beberapa lokasi sepanjang rute yang dilalui disambut ratusan anak sekolah. Bahkan di kawasan jalan Betoambari jalanan kiri dan kanan dipadati dan membuat Pj Walikota dan Ibu membuka kaca jendela kendaraan untuk menyambut uluran tangan siswa yang ingin bersalaman.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *