HUKUMPERISTIWA

Kapolres Baubau Pimpin Upacara Sertijab, Kasat Binmas, Kapolsek Lea-Lea, dan Korp Rapor Naik Pangkat

BAUBAU,BP – Polres Baubau gelar upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kasat Binmas Polres Baubau, Kapolsek Lea-Lea Polres Baubau serta Korp Rapor tentang kenaikan pangkat pengabdian dari Kompol ke AKBP di halaman Mapolres Baubau, Sabtu (07/10/2023). Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk, SH, SIK, MSi bertindak sebagai Inspektur upacara. “Kapolres Baubau Pimpin Upacara Sertijab, Kasat Binmas, Kapolsek Lea-Lea, dan Korp Rapor Naik Pangkat.”

Pada kesempatan itu, Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk, SH, SIK, MSi mengatakan kenaikan pangkat pengabdian setingkat lebih tinggi berdasarkan keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor : Kep/777/VI/2023 tanggal 20 Juni 2023 tentang kenaikan pangkat pengabdian dari Kompol ke AKBP periode 1 Oktober 2023.

Kapolres Baubau Pimpin Upacara Sertijab, Kasat Binmas, Kapolsek Lea-Lea, dan Korp Rapor Naik Pangkat
Kapolres Baubau Pimpin Upacara Sertijab, Kasat Binmas, Kapolsek Lea-Lea, dan Korp Rapor Naik Pangkat

“Serah terima jabatan Kasat Binmas dan Kapolsek Lea-Lea berdasarkan surat telegram Kapolda Sultra nomor : ST/851/IX/2023 tanggal 20 September 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polda Sultra” ungkap Kapolres Baubau.

Upacara kenaikan pangkat dan serah terima jabatan yang diselenggarakan pada hari ini (Sabtu -Red). Kata dia, bukanlah merupakan suatu pemberian atau hadiah yang dapat diperoleh dengan sendirinya, melainkan melewati proses seleksi serta persyaratan, pertimbangan pimpinan dan hasil jerih payah dalam melaksanakan tugas.

“Saya berharap momentum kenaikan pangkat ini hendaknya dapat memberikan perubahan, motivasi dan semangat untuk lebih berprestasi dalam meningkatkan kinerja menuju polri yang presisi. Karena hanya atas petunjuk dan pertolonganNya lah kita semua dapat bekerja dengan baik.” katanya.

Menurutnya, kenaikkan pangkat dapat membawa konsekuensi yang lebih berat, sebab tidak ada manfaatnya menerima kenaikkan pangkat kalau tidak diimbangi dengan naiknya kualitas hidup dan kualitas kinerja.
Pasalnya, kualitas hidup tidak dinilai hanya dari segi materi tetapi bagaimana berperilaku, bertutur kata dan berwawasan. Sementara kualitas kinerja dilihat dari bagaimana dia melakukan tugas secara profesional dan proporsional.

“Masyarakat mengharapkan polri melaksanakan tugasnya secara sempurna dan profesional. Keberhasilan polri tidak hanya dinilai melalui kuantitas, keberhasilan polri dalam mengukap berbagai tindak pidana yang terjadi.” katanya.

Kapolres Baubau Pimpin Upacara Sertijab, Kasat Binmas, Kapolsek Lea-Lea, dan Korp Rapor Naik Pangkat
Kapolres Baubau Pimpin Upacara Sertijab, Kasat Binmas, Kapolsek Lea-Lea, dan Korp Rapor Naik Pangkat

Sabtu, (07/09/2023), secara bersamaan telah dilaksanakan serah terima jabatan Kasat Binmas dari Iptu Nasrun Azizu kepada Iptu Laode Astar, SH dan Kapolsek Lea-Lea dari Iptu Laode Astar, SH kepada Ipda Dahniar. Kapolres Baubau berharap terhadap personel yang ditunjuk sebagai pejabat yang baru agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya.

“Serah terima jabatan dilingkungan polri merupakan proses yang sudah terencana dengan tujuan untuk menjamin dinamika manajemen organisasi dan sekaligus dalam rangka promosi bagi pejabat yang bersangkutan guna meniti karir dilingkungan polri.” katanya.

Situasi kamtibmas semakin meningkat dan berkembang. Lanjutnya, pengalaman jabatan yang beragam mampu menyongsong tantangan tugas dimasa mendatang sebab di tahun 2023 merupakan tahun politik sampai di tahun 2024 nanti,

“Pelaksanaan tahapan pemilu salah satunya di wilayah Kota Baubau akan dilaksanakan pilkada Walikota Baubau dan bersamaan dengan Pilkada Gubernur Sultra secara serentak, tentunya akan membawa dampak perkembangan kamtibmas diwilayah kita , disamping itu saya minta perhatian khusus untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari aksi-aksi radikal / anarkis baik yang berdalih politik, agama, suku maupun masalah sosial lainnya.” katanya.

Pada kesempatan itu juga, orang nomor satu di polres Baubau ini menyampaikan kepada Kasat Binmas yang baru, agar mampu membawa Satuan Binmas lebih baik dan seluruh personel Sat Binmas agar bertindak lebih proaktif dalam menghadapi tantangan tugas kedepan.

Begitu pula dengan Kapolsek Ipda Dahniar, Kapolres Baubau mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di Polres Baubau. Ia berharap kepada pejabat baru segera menyesuaikan diri dilingkungan tugas masing-masing dengan upaya meningkatkan dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Saudara bertugas menyelenggarakan tugas pokok polri dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, pemberian perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, serta tugas-tugas polri lain dalam daerah hukumnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, pemberian pelayanan kepolisian kepada masyarakat, dalam bentuk penerimaan dan penanganan laporan/ pengaduan, pemberian bantuan dan pertolongan termasuk pengamanan kegiatan masyarakat dan instansi pemerintah.” katanya.

baca juga:

Sementara itu, Kepada Iptu Nasrun Azizu, Kapolres Baubau menyampaikan terima kasih serta mepresiasi atas pengabdiannya selama menjadi Kasat Binmas. ” kepada AKBP Jupri saya mengucapkan selamat atas kenaikan pangkatnya semoga amanah dan menjadi berkah bersama keluarga.” katanya

Upacara Serah Terima Jabatan dipimpin oleh Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk, SH, SIK, MSi, ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan, penanda tanganan berita acara sertijab serta penanda tanganan fakta integritas dan laporan Korp Rapot Kenaikan Pangkat Pengabdian. Setelah selesai melaksanakan upacara serah terima jabatan dan Korp Rapor Kenaikan Pangkat Pengabdian dilanjutkan dengan acara Pisah Sambut dan Syukuran kenaikan pangkat di Aula Kemitraan Polres Baubau.(*)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *