PARIWISATA

Wabup Butur Ahali Beri Sambutan di Pesta Panen Desa Baluarsa: Ini Merupakan Budaya Leluhur yang Harus Kita Lestarikan

BURANGA, BP-Wakil Bupati Buton Utara, Ahali mengatakan pesta panen atau Wawonotahu yang kita laksanakan tiap tahun ini merupakan budaya turun-temurun yang diwariskan oleh leluhur yang harus kita jaga dan lestarikan.
Wabup Butur Ahali Beri Sambutan di Pesta Panen Desa Baluarsa: Ini Merupakan Budaya Leluhur yang Harus Kita Lestarikan.”

Demikian kata mantan Kapolsek Kulisusu itu saat memberikan sambutan di acara pesta panen Desa Baluara, Kecamatan Kambowa, Jumat 6 September 2023.

Wabup Butur Ahali Beri Sambutan di Pesta Panen Desa Baluarsa: Ini Merupakan Budaya Leluhur yang Harus Kita Lestarikan

Wabup Butur Ahali Beri Sambutan di Pesta Panen Desa Baluarsa: Ini Merupakan Budaya Leluhur yang Harus Kita Lestarikan

“Ini merupakan bentuk rasa syukur kita atas nikmat dan rejeki yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita, khususnya masyarakat desa Baluara”, katanya

Dikatakan, pesta panen juga merupakan sebagai wadah silahturahmi keluarga. Karena dengan pesta panen kita bisa bertatap muka lagi dengan keluarga serta teman-teman yang tinggal di luar desa kita.

“Mari jaga silaturami kalau ada perbedaan pandangan atau pendapat antara kita jangan jadikan suatu masalah, tapi perbedaan pandangan atau pendapat merupakan proses untuk mendewasakan kita dalam suatu pandangan sehingga menyatukan kita untuk membangun desa ini sehingga kita bisa hidup rukun dan sejahtra”, ucapnya.

baca juga:

Lebih lanjut, Ahali mengungkapkan, daerah Buton Utara memiliki potensi dan alam yang subur yang subur. Sehingga kita miliki peluang besar untuk bercocok tanam dan menghasilkan panen yang memuaskan.

“Dan kita bisa hidup sejahtera dan secara umum kita bisa maju seperti wilayah lain. Tidak ada yang bisa merubah desa kita ini kalau bukan kita sendiri”, tuturnya.

Untuk diketahui pesta panen Desa Baluara,kali ini mengangkat tema “Mari kita tingkatkan produktifitas dan membangun silaturahmi menuju masyarakat Desa Baluara yang maju dan sejahtera.

GALERI FOTO

Berita Lainnya:

 

BAUBAU, BP-Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, Sp, M.Si saat membuka Baubau expo yang dirangkaikan dengan festival UMKM dalam rangka Haroana Baubau tahun 2023 Rabu malam (11/10/2023) mengungkapkan, akan mendorong dan mengajak seluruh masyarakat di Kota Baubau untuk menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk lokal Kota Baubau.”Buka Pameran Baubau Ekspo 2023, Pj Wali Kota Baubau Dr Rasman Manafi Dorong Masyarakat Gunakan dan Konsumsi Produk Lokal.”

Apalagi, produk Baubau selain memiliki nilai kualitas yang mampu bersaing juga memiliki nilai-nilai peradaban, yang tertanam sudah 482 tahun, sehingga sudah seharusnya bangga dengan produk lokal Baubau sebab kualitas tidak kalah dengan produk-produk import.

Buka Pameran Baubau Ekspo 2023, Pj Wali Kota Baubau Dr Rasman Manafi Dorong Masyarakat Gunakan dan Konsumsi Produk Lokal
Buka Pameran Baubau Ekspo 2023, Pj Wali Kota Baubau Dr Rasman Manafi Dorong Masyarakat Gunakan dan Konsumsi Produk Lokal

Dr Muh Rasman Manafi memastikan, dalam pelaksanaan Haroana Baubau 2023 ini akan tetap menggunakaan produk lokal atau produk daerah yang dibanggakan dan festival UMKM selama seminggu ke depan dipastikan menggunakan produk lokal Baubau.
Dikatakan, Pemerintah Kota Baubau akan mendesain Kota Baubau, selain di desain untuk layaknya Kota juga ingin dorong menciptakan keunggulan-keunggulan yang kompetitif dan mengembangkan potensi lokal sehingga Kota Baubau dapat memiliki daya saing dengan daerah lain. “Mari kita sukseskan pelaksanaan Haroana Baubau selama 7 hari ke depan indikatornya tentu kita akan ukur hari ini dan tujuh hari ke depan. Saya seluruh warga Kota Baubau untuk bersatu padu bekerja bersama dengan komitmen dan kerja sama didukung dengan iinovasi dan kreativitas yang tinggi. Saya tahu persis bahwa inovasi dan kreativitas anak-anak Buton. Anak-anak Baubau itu sangat tinggi,”katanya.

UCAPAN SELAMAT

Ditambahkan, Baubau expo sebagai rangkaian perayaan Haroana Baubau sebagai upaya pemulihan ekonomi yang terus dilakukan untuk mencapai target-target Pembangunan pertama bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sehingga diharapkan dapat menjadi rutinitas dan dapat dinikmati oleh semua elemen masyarakat di Kota Baubau. Kemudian, tentu tidak terlepas dari komitmen bersama untuk mengimplementasikan tiga dari delapan arahan Presiden RI dalam mengatasi kondisi daerah, pembangunan daerah di seluruh Indonesia diantaranya pemerintah daerah harus memberikan perhatian lebih kepada investasi termaksud kegiatan Haroana Baubau menjadi bagian dalam pengolahan investasi pelaku UMKM agar dapat mengembangkan usahanya lebih baik ke depan.

BACA JUGA:

Ribuan Anak Sekolah Sambut Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi yang Tiba di Baubau

Retribusi dari Sektor Destinasi Wisata Di Kota Baubau Meningkat dibanding Tahun 2022

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini produk-produk lokal , UMKM sudah mulai bangkit setelah Pandemi yang lalu hampir semua daerah di Indonesia mengalmi keterpurukan dan kekuatan UMKM inilah yang diharapkan dapat menggerakkan ekonomi lokal yang tentunya akan bersinergi dengan wilayah-wilayah sekitar seperti Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara dan Wakatobi.
Sementara itu, usai membuka secara resmi Baubau expo 2023, Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si beserta Pj Ketua TP PKK Kota Baubau Reffiani Dwiatmo Rasman, ST mengunjungi seluruh stand-stand peserta Baubau expo termasuk stand Dinas Kominfo Baubau.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *