KABUPATEN BUTONSULTRA

Pasar Wajah Jaya Lasalimu Selatan Diresmikan Dirangkaikan dengan Ritual Adat Tahunan Sedekah Bumi 

BUTON, BP-Pasar Wajah Jaya, Desa Wajah Jaya, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton diresmikan penggunaannya oleh Pj. Bupati Buton yang diwaikili Sekretaris Daerah Kabupaten Buton, Asnawi Jamaluddin, SPd, MSi, Kamis, 7 September 2023. “Pasar Wajah Jaya Lasalimu Selatan Diresmikan Dirangkaikan dengan Ritual Adat Tahunan Sedekah Bumi.”

Pasar Rakyat Wajah Jaya akan menopang p8 desa di Kecamatan Lasalimu Selatan.
Peresmian ditandai dengan pengguntingan penandatanganan Prasasti oleh Sekda Buton, Asnawi Jamaluddin, SPd, MSi mewakili Pj. Bupati Buton, Drs. La Ode Mustari, MSi. Peresmian juga ditandai dnegan pengguntingan pita oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Buton, Ny. Kiki Amalia Asnawi.

Pasar Wajah Jaya Lasalimu Selatan Diresmikan Dirangkaikan dengan Ritual Adat Tahunan Sedekah Bumi 
Pasar Wajah Jaya Lasalimu Selatan Diresmikan Dirangkaikan dengan Ritual Adat Tahunan Sedekah Bumi

Peresmian pasar juga dirangkaikan dengan Ritual Adat Tahunan Masyarakat Wajah Jaya “Sedekah Bumi” yang merupakan wujud syukur Masyarakat Wajah Jaya atas limpahan panen selama setahun.
Hasil-hasil panen Masyarakat Wajah Jaya disuguhkjan pada tamu undangan dengan berbagai kemasan.
“Pasar ini sudah dinantikan Masyarakat. Sehingga sekitar dua tahun lalu masyarakat di sini (Wajah Jaya) sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan pasar tersebut,” kata Sekda Buton dalam sambutannya mewakili Pj. Bupati Buton..
“Terimakasih kepada Ibu Kepala Desa Wajah Jaya yang selalu aktif dan kreatif untuk memperjuangkan kepentingan Masyarakat di desanya,” lanjutnya.
Sekda juga berharap agar agar pasar tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Selain itu kiranya pasar Wajah Jaya juga dapat dikelola dengan baik terlebih manajamen termasuk bagaimana caranya meramaikan pasar.
Di tempat yang sama Kadis Perdagangan, Asruddin, SSos, MSi melaporkan pembangunan pasar wajah jaya merupakan anggaran dari APBN tahun 2022 dari 10 kios, 72 Los, Kantor, Ruangan Pos Keamanan.
“Insya Allah kita akan lot dalam waktu dekat. Dan sudah ada 360 pedagang yang mendaftar untuk pemanfaatan pasar tersebut,” katanya.

baca juga:

Pemkab Buton Raih Opini WTP 10 kali Berturut-turut, Pj. Bupati Buton Apresiasi BPK RI Perwakilan Sultra

“Semoga antusias warga disini, bisa meramaikan pasar. Mudah mudahan niat baik dan tulus hari ini yang ingin berdagang menjadikan berkah untuk masyarakat Buton sehingga perputaran ekonomi dapat berjalan dengan baik,” tutup Kadis Perdagangan.
Sementara itu Camat Lasalimu Selatan, La Ode Muhammad Hidayat Taslim, menyampaikan Pasar Wajah Jaya menjadi pusat ekonomi di 8 desa di Kecamatan yang dipimpinnya.
“Kami berharap Pasar Wajah jaya bisa di manfaatkan sebaik mungkin sehingga ekonomi bisa berjalan sebagai mana mestinya. Pengaturan penggunaan pasar akan disesuaikan dengan pasr-pasar rakyat yang di sekitar Desa Wajah Jaya, utamanya hari pasar. Sehingga keberadaan semua pasar di Lasalimu Selatan dan termanajemen dengan baik,” pungkasnya.
Peresmian Pasar Wajah Jaya dihadiri Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat Lingkup Pemkab Buton, serta Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat Lasalimu Selatan.(*)

Berita Lainnya:

La Ode Mustari dan Sukanto Resmi Dilantik jadi Pj Bupati Buton dan Pj Bupati Kolaka Utara

SULTRA, BP- Gubernur Sultra H Ali Mazi akhirnya melantik Pj Bupati Buton La Ode Mustai dan Pj Bupati Kolaka Utara Sukanto Toding. La Ode Mustari menggantikan Pj Bupati Buton Sebelumnya Drs Basiran dan Sukanto menggantikan Pj Bupati Kolut sebelumnya Parinringi. “La Ode Mustari dan Sukanto Resmi Dilantik jadi Pj Bupati Buton dan Pj Bupati Kolaka Utara”

Pelantikan itu sedianya terjadwal sejak dua pekan lalu yaitu tanggal 24 Agustus 2023 bertepatan dengan waktu berakhirnya kedua penjabat bupati sebelumnya hingga akhirnya baru dapat dilantik pada Senin (4/09/2023), di Aula Merah Putih, Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Gubernur Ali Mazi melantik 2 (dua) Penjabat (Pj) Bupati, yaitu Sukanto Toding sebagai Pj Bupati Kolaka Utara (Kolut) dan La Ode Mustari sebagai Pj Bupati Buton

F03.1c
La Ode Mustari dan Sukanto Resmi Dilantik jadi Pj Bupati Buton dan Pj Bupati Kolaka Utara

Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 100.2.1.3 – 3216 tahun 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan Penjabat Bupati Kolaka Utara, dan nomor 100.213 – 3217 tentang pemberhentian dan pengangkatan Penjabat Bupati Buton dibacakan oleh Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Sultra, Muliadi

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Pj dilakukan langsung oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Dalam sambutannya, Ali Mazi berpesan agar mereka (Pj Bupati) yang telah dilantik dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai tanggungjawab yang diberikan.

“Sebagai gubernur saya ingin stabilitas berjalan baik. Hari ini yang sudah saya lantik, ini bukan suatu kebanggaan tapi tanggungjawab,” kata Ali Mazi

baca juga:

Plh. Bupati Buton, Hadiri Expose 5 Tahun AMAN

“Bagi Pj Bupati yang telah dilantik, jangan ada gerakan tambahan,” tambahnya.

Dia berharap amanah yang diberikan kepada dua Pj tersebut dapat dilaksanakan dengan baik.

“Saya selaku pimpinan mengucapkan selamat kepada kedua Pj yang telah dilantik. Dan ini dilakukan untuk mengisi kekosongan bupati,” ucapnya.

“Sehingga pembangunan di kedua kabupaten tersebut dapat berjalan seperti yang diharapkan,” ujar Ali Mazi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *