KABUPATEN BUTONSULTRA

Pertamakali BMKG Gelar Sekolah Lapang Gempa Bumi dan Tsunami di Buton

BUTON, BP-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendaeri menggelar Sekolah Lapang Gempa dan Tsunami di Kabupaten Buton. Kegiatan tersebut merupakan upaya kontribusi dalam penyusunan sebagai acuan mitigasi tsunami untuk keselamatan semua dipusatkan di Hotel Buton Raya, Pasarwajo, Jumat, 8 September 2023. “Pertamakali BMKG Gelar Sekolah Lapang Gempa Bumi dan Tsunami di Buton.”
Pj. Bupati Buton yang diwakili, Sekretaris Daerah Kabupaten Buton, Asnawi Jamaluddin, S.Pd., M.Si. secara resmi membuka Sekolah Lapang Gempabumi dan Tsunami tersebut.

Pertamakali BMKG Gelar Sekolah Lapang Gempa Bumi dan Tsunami di Buton
Pertamakali BMKG Gelar Sekolah Lapang Gempa Bumi dan Tsunami di Buton

Kepada awak media Sekda Kabupaten Buton yang dimintai keterangan setelah pembukaan acara mengapresiasi dan berterima kasih kepada BMKG karena telah melaksanakan kegiatan tersebut di Buton untuk pertama kalinya yang dimana pernah terjadi bencana tsunami tahun 1992.
“Saya apresiasi dengan kegiatan BMKG ini karena melibatkan masyarakat khususnya masyarakat Pasarwajo. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa bermanfaat. Intinya mitigasi bencana karena kita tidak tahu bencana ini kapan akan datang dan setiap saat kita waspada. Pernah ada kejadian tahun 1992 itu memang ada korban di sekitar Teluk Pasarwajo dan gempa-gempa lain sehingga dengan adanya kegiatan ini saya berterima kasih kepada BMKG yang telah melaksanakan Sekolah Lapang Gempabumi ini yang beri pertamakali diadakan,”ujar Sekda Buton.
Kepala Kantor BMKG Wilayah IV Makassar , Irwan Slamet, ST, MSi menyampaikan tujuan dari kegiatan ini merupakan bagian dari edukasi kepada masyarakat terkait mitigasi bencana gempabumi dan tsunami dan Ia berharap agar praktik kegiatan ini dapat disampaikan kepada sekitar.
“Kita membuat sebuah edukasi karena ini merupakan harapan pemerintah kita harapan DPR bahwa BMKG harus memberikan edukasi kepada Masyarakat. Salah satu bentuk edukasi yang kita berikan selain formil ke sekolah-sekolah kita juga memberikan edukasi secara informal kepada masyarakat seperti kegiatan ini.

baca juga:

Layani Depan Desa, Pasar Wajah Jaya Lasalimu Selatan Diresmikan Oleh Sekda Buton Asnawi Jamaluddin

Tujuan kegiatan ini tidak hanya berhenti di situ tentunya untuk menularkan kepada yang lain bentukanya seperti pertemuan kali ini exercise seolah-olah kita mengalami gempabumi apa yang harus kota lakukan, siapa berbuat apa, misalnya saya BMKG menyampaikan kepada masyarakat, masuarakat nanti berbuat apa nanti bertindak seperti apa nanti kita latih disini,” ungkapnya.
Sekolah Lapang Gempabumi dan Tsunami dilaksanakan mulai dari tanggal 8-9 September 2023 diikuti oleh 50 orang dari berbagai instansi terkait dan unsur masyarakat.
Hadir Kepala Kantor BMKG Wilayah IV Makassar Irwan Slamet, S.T., M.Si., Kepala BPBD Kab. Buton Manafu, SSos, MSi, Kadis Pariwisata Kab. Buton Rusdi Nudi, S.Pd., M.Pd., Plt. Kadis Sosial La Naji, Stasiun Geofisika Kendari Rudin, S.T.(*)

 

Berita Lainnya:

La Ode Mustari dan Sukanto Resmi Dilantik jadi Pj Bupati Buton dan Pj Bupati Kolaka Utara

SULTRA, BP- Gubernur Sultra H Ali Mazi akhirnya melantik Pj Bupati Buton La Ode Mustai dan Pj Bupati Kolaka Utara Sukanto Toding. La Ode Mustari menggantikan Pj Bupati Buton Sebelumnya Drs Basiran dan Sukanto menggantikan Pj Bupati Kolut sebelumnya Parinringi. “La Ode Mustari dan Sukanto Resmi Dilantik jadi Pj Bupati Buton dan Pj Bupati Kolaka Utara”

Pelantikan itu sedianya terjadwal sejak dua pekan lalu yaitu tanggal 24 Agustus 2023 bertepatan dengan waktu berakhirnya kedua penjabat bupati sebelumnya hingga akhirnya baru dapat dilantik pada Senin (4/09/2023), di Aula Merah Putih, Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Gubernur Ali Mazi melantik 2 (dua) Penjabat (Pj) Bupati, yaitu Sukanto Toding sebagai Pj Bupati Kolaka Utara (Kolut) dan La Ode Mustari sebagai Pj Bupati Buton

F03.1c
La Ode Mustari dan Sukanto Resmi Dilantik jadi Pj Bupati Buton dan Pj Bupati Kolaka Utara

Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 100.2.1.3 – 3216 tahun 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan Penjabat Bupati Kolaka Utara, dan nomor 100.213 – 3217 tentang pemberhentian dan pengangkatan Penjabat Bupati Buton dibacakan oleh Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Sultra, Muliadi

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Pj dilakukan langsung oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Dalam sambutannya, Ali Mazi berpesan agar mereka (Pj Bupati) yang telah dilantik dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai tanggungjawab yang diberikan.

“Sebagai gubernur saya ingin stabilitas berjalan baik. Hari ini yang sudah saya lantik, ini bukan suatu kebanggaan tapi tanggungjawab,” kata Ali Mazi

baca juga:

Plh. Bupati Buton, Hadiri Expose 5 Tahun AMAN

“Bagi Pj Bupati yang telah dilantik, jangan ada gerakan tambahan,” tambahnya.

Dia berharap amanah yang diberikan kepada dua Pj tersebut dapat dilaksanakan dengan baik.

“Saya selaku pimpinan mengucapkan selamat kepada kedua Pj yang telah dilantik. Dan ini dilakukan untuk mengisi kekosongan bupati,” ucapnya.

“Sehingga pembangunan di kedua kabupaten tersebut dapat berjalan seperti yang diharapkan,” ujar Ali Mazi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *