Kabupaten Buton UtaraSULTRA

Bangunan Pasar Kecamatan Kambowa Tak Difungsikan

BURANGA,BP-Bangunan pasar kecamatan Kambowa, kabupaten Buton Utara, yang terletak di Kelurahan Kambowa rupanya hingga saat ini tidak fungsikan juga. Bangunan pasar tersebut sama persis dengan pasar Kecamatan Bonegunu.“Bangunan Pasar Kecamatan Kambowa Tak Difungsikan”

Paling parahnya lagi bangunan pasar tersebut sudah tidak terawat. Halamannya sudah ditumbuhi rerumputan. Bahkan acian gedung tersebut sebagai sudah mulai terkelupas.

Bangunan Pasar Kecamatan Kambowa Tak Difungsikan
Bangunan Pasar Kecamatan Kambowa Tak Difungsikan

Padahal pembangunan pasar kecamatan Kambowa ini menghabiskan anggaran kurang lebih 1 miliar rupiah.

Camat Kambowa, Amrin menyebut alasan pasar tersebut tidak difungsikan karena masyarakat setempat tidak mau berpasar di pasar tersebut.

“Itu pasar sudah perna kita lakukan kegiatan untuk berpasar. Setelah berjalan ternyata pasar itu tidak berjalan bagus. Tidak banyak yang berpasar sehingga pasar itu tidak berjalan dengan bagus”, kata Amrin saat dikonfirmasi melalui telefon selulernya, Selasa (22/08/2023).

baca juga:

Sepi, Tidak Ada Aktivitas Jual-Beli di Pasar Kecamatan Bonegunu

Amrin juga mengarahkan wartawan ini untuk melakukan konfirmasi kepada Lurah Kambowa, La Kalimbu. Menurutnya, Lurah Kambowa yang tau persis apa kendalanya, sehingga pasar tersebut tidak difungsikan lagi.

“Tanyakan sama pak Lurah ya, karena pak Lurah yang kelolah itu barang, karena di wilayahnya”, ucapnya.

Hingga berita ini ditayangkan, Lurah Kambowa, La Kalimbu belum bisa dihubungi.(*)

 

berita lainnya:

Rombongan JKPI Butur Tiba di Bandar Udara Ahmad Yani, Disambut Langsung Pemkot Semarang

SEMARANG,BP – Rombongan Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) Kabupaten Buton Utara yang dipimpin langsung Bupati Butur Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah tiba di Semarang Sekira pukul 16.30 WIB. Senin 21 Agustus 2023. Rombongan JKPI Butur ini diterima oleh perwakilan tuan rumah Kota Semarang di ruang tunggu kedatangan Bandar udara Ahmad Yani Semarang. “Rombongan JKPI Butur tiba di Bandar Udara Ahmad Yani, Disambut Langsung Pemkot Semarang”.

Dalam penyambutan tersebut, Pemerintah Kota Semarang menunjuk para pejabat dari Dinas Kominfo, Perhubungan dan Bappeda setempat. Setelah penyambutan, dilakukan kopi break lalu dilanjutkan perjalanan menuju hotel tempat rombongan menginap.

F01.5A
Bupati Butur Ridwan Zakaria dan rombongan disambut dengan ramah, Rombongan JKPI Butur tiba di Bandar Udara Ahmad Yani, Disambut Langsung Pemkot Semarang

Pada kunjungan kali, Bupati didampingi oleh Sekda, Muh. Hardhy Muslim serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Staf ahli.

Para kepala OPD yang hadir mendampingi bupati dalam acara tahunan JKPI itu diantaranya adalah Kepala BKD Dr. Harmin Hari, Kadis Koperasi Drs. Abdul Syukur, Kadis Perhubungan Tayeb, Kadis Pendidikan Nasional Drs. Kusman Surya, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan, Wa Ode Ernawati Asman, Kepala Bapeda, Zainal Arifin dan Kadis Pemberdayaan Perempuan Sinaria serta staf ahli bidang pembnagunan ekonomi dan keuangan Hasanun.

Kedatangan rombongam JKPI Butur ke Semarang itu adalah untuk mengikuti Rakornas JKPI sekaligus menampilkan sejumlah pertunjukan budaya daerah asal Butur.

Pertunjukan budaya itu didiperkirakan akan berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 22 sampai dengan 25 Agustus 2023. Seluruh peserta yang berasal dari kabupaten/kota dan provinsi di tanah air yang telah terdaftar sebagai anggota JKPI turut ambil bagian sekaligus menampilkan budaya khas daerahnya.

Berdasarkan infomasi yang berhasil dihimpun media ini, Provinsi Sultra mengikutkan 4 perwakilan kabupaten/kota yakni Kota Baubau, Butur, Busel dan Kabupaten Muna.

baca juga:

Wabup Butur Ahali Sambut Kepulangan Jamaah Haji Asal Butur Kloter 25

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Butur, Wa Ode Ernawati Asman yang ditemui usai penyambutan rombongan JKPI Butur menjelaskan, kehadiran Butur di kota Semarang ini adalah untuk mengkuti seluruh rangkaian kegiatan rapat kerja nasional JKPI.

Selain Rakornas akan dilakukan pula seminar internasional dan berbagai pertunjukan dan pawai budaya masing-masing daerah yang menjadi peserta.(*)

 

Wabup Butur Ahali Sambut Kepulangan Jamaah Haji Asal Butur Kloter 25

BURANGA,BP-Setelah menyelesaikan rangkaian ibadah haji 2023 di Tanah Suci, jemaah asal kabupaten Buton Utara kembali ke kampung halaman. Kepulangan jemaah ini disambut langsung wakil Bupati Buton Utara, Ahali di masjid At Taqwa, kecamatan Kulisusu, 25 Juli 2023.

Pantauan awak media ini, keluarga jemaah haji mulai berdatangan di masjid At Taqwa sekira pukul 01.30 WITA. Setiba di mesjid At Taqwa para jemaah tersebut disambut keluarganya dengan penuh haru.

F04.1A

Sambutan bupati yang dibacakan wakil Bupati, Ahali mengatakan, atas nama pribadi, masyarakat dan pemerintah Buton Utara kami mengucapkan selamat datang kembali ke tanah air bersama keluarga para tamu-tamu Allah dalam keadaan sehat wal afiat.

” Rasa haru dan tiada tara, itulah kalimat yang bisa dilukiskan kepada mereka yang baru saja kembali ke tanah air”, katanya.

Sepulang dari menunaikan ibadah haji. Para tamu-tamu Allah kata Ahali, pasti merasakan kebahagiaan yang mendalam karena telah menyempurnakan Islamnya dengan menjalankan ibadah haji yang tidak mudah dijalankan semua umat islam.

“Kami berharap semoga amal ibada bapak -ibu selama di tanah suci dapat diterima oleh Allah SWT dan memperoleh haji yang mabrur. Bahkan sepulangnya dari tanah suci mekah, jamaah haji diharapkan dapat mampuh meningkatkan keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT”, ucap Ahali.

Ahali menambahkan, selain itu jamaah haji yang kembali ketengah-tengah masyarakat juga dapat berperan menjadi teladan masyarakat yang semakin baik guna bersama-sama membangun kabupaten Buton Utara yang kita cintai bersama.

F04.1C

“Haji yang mabrur pada hakekatnya adalah haji yang dapat membuat pelakunya semakin peduli terhadap persoalan-persoalan sosial dan kemanusiaan, sebagaimana kata imam Al-Ghazali “setiap pelaku haji harus memperhatikan budi luhur atau akhlak mulia baik berada di tanah suci maupun ketika pulang ke kampung halaman”.tuturnya.

Pada kesempatan tersebut Ahali mengucapkan, terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada penyelenggara urusan haji, panitia pemberangkatan dan pemulangan haji, tim pemandu haji daerah serta tim kesehatan haji daerah, karena telah memberikan pelayanan kepada seluruh jamaah haji yang tergabung dalam kloter 25 rombongan upg/Makasar.

baca juga: Tim Wasev TMMD ke-117 Tinjau TMMD ke-117 Tahun 2023 di Kabupaten Butur

“Selanjutnya kepada bapak-ibu jamaah haji apabila ada yang merasa letih atau kurang sehat agar komunikasi dengan tenaga medis yang ada , agar kembali sehat dan bugar”, tutupnya.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *