KOTA BAUBAUSULTRA

Walikota Baubau Monianse Apresiasi Kick Off Implementasi Teknologi Aquaponik di Kecamatan Sorawolio

BAUBAU, BP-Implementasi teknologi aquaponik yang diprakarsai DR. H. Sudjiton dan kawan-kawan merupakan langkah konkrit sekaligus bisa menjadi demplot percontohan di semua wilayah Kota Baubau. “Walikota Baubau Monianse Apresiasi Kick Off Implementasi Teknologi Aquaponik di Kecamatan Sorawolio.”

Sebab diketahui bersama bila tingginya pengembangan infrastruktur di perkotaan membuat lahan pertanian semakin sempit. Seiring maraknya pembangunan perekonomian dan pemukiman di wilayah perkotaan.
Hal ini diungkapkan Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat menghadiri Kick Off Implementasi Teknologi Aquaponik sebagai upaya pengembangan ketahanan pangan di Kecamatan Sorawolio Senin (18/9/2023).

Walikota Baubau Monianse Apresiasi Kick Off Implementasi Teknologi Aquaponik di Kecamatan Sorawolio
Walikota Baubau Monianse Apresiasi Kick Off Implementasi Teknologi Aquaponik di Kecamatan Sorawolio

Orang nomor satu di Kota Baubau ini menyampaikan apresiasi semua pihak terhadap progres yang sementara dilaksanakan ini, bahwa kajian terapan adalah hal yang semestinya dan menjadi role model kegiatan kelitbangan di Kota Baubau. Apalagi tuntutan zaman untuk terus menumbuhkan inovasi daerah menjadi keharusan dan kewajiban pemerintah daerah apalagi berkaitan dengan ketahanan pangan yang merupakan kebutuhan pokok kehidupan manusia.

baca juga:

Walikota Baubau Monianse Arahkan SDM Pemkot Untuk Permudah Akses Pelayanan

Dikatakan, pemanfaatan lahan seperti ini merupakan salah satu opsi yang bisa dipilih untuk mendukung pembangunan pertanian pemanfaatan pekarangan sangat erat kaitannya dengan usaha mencapai ketahanan pangan masyarakat yang dimulai dari skala yang paling kecil yaitu skala rumah tangga.

Salah satu cara yang bisa digunakan dalam pemanfaatan pekarangan adalag teknologi budidaya tanaman dengan metode aquaponik. “Bapak dan ibu sudah seringkali mendengar sistem hidroponik, yaitu sebuah sistem untuk budidaya tanaman dengan memanfaatkan air sebagai media. Saat ini banyak teknologi bidang pertanian lain, salah satunya aquaponik,”ungkapnya.(*)

Berita lainnya:

Penuh Haru, Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse Pamit ke ASN Usai Upacara di Pelataran Kantor Walikota Baubau

BAUBAU, BP-Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse kurang lebih seminggu lagi sudah akan berakhir masa jabatannya. Menjelang berakhir masa jabatan, Wali Koa Baubau La Ode Ahmad Monianse memanfaatkan moment upacara hari kesadaran nasional tingkat Kota Baubau Senin (18/9/2023) di halaman kantor Wali Kota Baubau Palagimata untuk pamit pada seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkot Baubau karena dalam waktu sepekan ke depan sudah akan berakhir masa pengabdiannya selama 5 tahun memimpin Kota Baubau. “Penuh Haru, Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse Pamit ke ASN Usai Upacara di Pelataran Kantor Walikota Baubau.”
Moment haru pada saat Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse pamit tampak terlihat jelas ketika beberapa ASN menyanyikan lagu dengan judul PAMIT diciptakan secara khusus oleh Asisten III Setda Kota Baubau La Ode Darussalam, S.Sos, M.Si dan di arransemen oleh La Ode Zulkifli yang menyentuh perasaan.

Penuh Haru, Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse Pamit ke ASN Usai Upacara di Pelataran Kantor Walikota Baubau
Penuh Haru, Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse Pamit ke ASN Usai Upacara di Pelataran Kantor Walikota Baubau

Nampak orang nomor satu di Kota Baubau ini terlihat berkaca-kaca mendengarkan lagu yang dibakwakan oleh jajaran ASN Kota Baubau tersebut. Bahkan, usai mendengarkan lagu Pamit tersebut, Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse langsung mendatangi ribuan ASN yang mengikuti upacara kesadaran nasional tersebut dengan menyalaminya satu persatu. Bahkan, juga jajaran ASN dari seluruh OPD, Kecamatan, Kelurahan dan Puskesmas tampak berkaca-keca ketika disalami oleh orang nomor satu di Kota Baubau ini.

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse mengungkapkan, moment upacara hari kesadarann nasional merupakan yang terakhir mengikuti upacara sebagai kepala daerah. Oleh sebab itu, di tentunya Kota Baubau ini adalah kota yang sangat istimewah karena menjadi kota yang melayani beberapa Kabupaten/Kota. Dan yang paling istimewa itu akan lebih disempurnakan sebab jajaran ASN Kota Baubau terus bekerja dengan baik untuk memberikan layanan itu.

La Ode Ahmad Monianse berharap agar semangat kerja dari ASN tidak akan pernah luntur oleh siapa pun pemimpinnya karena pemimpin bukanlah yang menentukan baik tidaknya negeri ini, tetapi siapa yang membantunya, siapa yang mengerjakan tugas-tugasnya itulah yang menentukan kebaikan negeri ini.

“Saya merasa bangga bisa menjalankan tugas kurang lebih 3 tahun sebagai Wakil Wali Kota mendampingi bapak almarhum Dr H AS Tamrin, MH dan melanjutkan sebagai Wali Kota Baubau kurang lebih selama 2 tahun. Dan hari ini kami menuntaskannya walaupun masih tersisa beberapa hari kedepan, paling tidak dalam masa jabatan ini, inilah Senin terakhir dan Senin terakhir juga menggunakan pakaian Korpri.

baca juga:

Walikota Monianse: Penanganan Korban Pasca Bencana Dibutuhkan Petugas Yang Siap dan Paham

Saya tentunya akan selalu mengharapkan kabar baik dari bapak ibu sekalian yang terus melanjutkan apa yang menjadi semangat kita untuk menjadikan Kota Baubau, Kota yang Maju Sejahtera dan Berbudaya. Hal itu kita sudah tunaikan dengan baik walaupun saya sadar masih banyak hal yang helum kita satu kata. Tren pertumbuhan ekonomi kita menentukan angka yang lebih baik, penurunan angka kemiskinan juga memberikan gambaran yang sedikit memuaskan, serta angka-angka indikator pembangunan lainnya cenderung memperlihatkan kondisi terbaik,”ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse atas nama pribadi dan keluarga tersebut menyampaikan permohonan maaf apabila ada hal yang kurang berkenan yang berkaitan dengan tugas dalam mengelola pemerintahan, memimpin Kota Baubau bersama jajaran ASN Kota Baubau belum dapat kesempurnaan, masih ada hambatan dan kendala.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *