Kabupaten KonaweKOTA BAUBAUSULTRA

Dr Rasman Manafi Resmi Dilantik Jadi Pj Walikota Baubau dan Harmin Ramba Jadi Pj Bupati Konawe

  • Pj Gubernur Sultra: Penjabat Yang Dilantik Segera Mengecek Kindisi Daerah Masing-masing dan Jaga Netralitas ASN

KENDARI, BP-Pj Walikota Baubau Dr. Muh Rasman Manafi ,SP.,M.Si, bersama dengan Pj Bupati Konawe Harmin Ramba menjalani prosesi pelantikan oleh Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto, di Aula Merah Putih, Rujab Gubernur Sultra, Senin 25 September 2023. “Dr Rasman Manafi Resmi Dilantik Jadi Pj Walikota Baubau dan Harmin Ramba Jadi Pj Bupati Konawe.”

Kedua Penjabat tersebut dilantik karena masa pemerintahan pimpinan di dua daerah tersbut yaitu Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse dan Bupati Konawe Kerry Saiful Kongoasa sama-sama berakhir pada tanggal 24 September 2023.

Pelantikan Rasman Manafi sebagai Pj Walikota Baubau sesuai dengan Kepmendagri Nomor 100.2.1.3-3951 tahun 2023 dan pelantikan Harmin Ramba sebagai Pj Bupati Konawe sesuai dengan Kemendagri Nomor 100.2.1.3-3952 tahun 2023 tertanggal 22 September 2023.

Dr Rasman Manafi Resmi Dilantik Jadi Pj Walikota Baubau dan Harmin Ramba Jadi Pj Bupati Konawe
Dr Rasman Manafi Resmi Dilantik Jadi Pj Walikota Baubau dan Harmin Ramba Jadi Pj Bupati Konawe

Berdasarkan keputusan Mendagri Tito Karnavian keduanya akan bertugas mengisi kekosongan jabatan kepala daerah hingga ada kepala daerah definitif hasil Pilkada 2024.

Saat pelantikan Andap Budhi Revianto meminta kepada kedua Penjabat agar segera mengecek situasi dan kondisi daerah masing-masing. Selain itu dia juga mengingatkan agar melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan dengan sebaik mungkin sesuai dengan harapan undang-undang.

“Sebagai umat beragama tidak boleh menciderai sumpah jabatan, tugas-tugas pemerintahan dijalankan secara konsisten sesuai tugas pokok dan fungsi serta harapan UU. Selamat kepada pejabat yang dilantik, semoga amanah,” tuturnya.

Disisi lain, lanjut dia, salah satu tugas Pj kepala daerah adalah memfasilitasi pelaksanaan Pemilu 2024, serta menjaga netralitas ASN di daerahnya masing-masing.

“Melihat prosesi dan dinamika yang tengah berlangsung dalam melaksanakan jabatan jangan mencla-mencle, tetap melaksanakan tugas sesuai amanah. Melaporkan secara periodik kinerja kepada Mendagri minimal tiga bulan sekali melalui Pj Gubernur,” lanjutnya.

Selain itu, Sekjen Kemenkuham RI tersebut mengimbau istri Pj Wali Kota Baubau dan Pj Bupati Konawe untuk selalu mengingatkan suaminya agar amanah dalam bekerja.

“Setelah bekerja, para pejabat yang baru dilantik diharapkan mengecek harga pangan di lapangan, giat menangani stunting serta mengendalikan dan mencegah inflasi,” tandasnya.

baca juga:

Di akhir, Andap memberi sambutan dan mengucap selamat atas pelantikan Harmin Ramba dan Dr Rasman Manafi.

Ia menggaris bawahi tugas-tugas utama penjabat kepala daerah yang sesuai dengan Pasal 65 Ayat (1) UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Tugas tersebut antara lain memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan, memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat, menyusun dan mengajukan rancangan Perda tentang RPJPD dan rancangan Perda tentang RPJMD kepada DPRD, mewakili daerahnya di dalam dan di luar pengadilan, dan melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ia mengingatkan keduanya untuk senantiasa meresapi dan memahami tugas-tugas tersebut agar dijalankan dan menjadi kepala daerah yang amanah.

Sementara itu Dr Rasman Manafi usai dilantik mengatakan ppihaknya akan menunggu arahan Pj Gubernur Sultra untuk melaksanakan tugas selanjutnya, kemudian tugas tersebut akan dijalankan sebagaimana arahan dari Kemendagri.

“Karena kita diperintahkan kemendagri untuk menjalankan tugas ini,” katanya.

Profil singkat Dr Rasman Manafi saat ini menjabat Asisten Deputi Pengelolaan Ruang Laut dan Pesisir di Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko marves). Sementara Harmin Ramba saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Kesbangpol Sultra.

Dr Rasman Manafi sendiri diusulkan namanya ke Mendagri oleh DPRD Kota Baubau melalui hasil voting, dimana ketika itu Rasman Manafi mengantongi suara 15 dibawah Abdul Rahim yang mengantongi suara 19.

Pelantikan kedua penjabat tersebut dihadiri kepala daerah dan camat pada masing-masing daerah. Juga disaksikan Forkopimda Pemprov Sultra. (*)

Berita Lainnya:

Walikota Baubau Monianse Apresiasi Kick Off Implementasi Teknologi Aquaponik di Kecamatan Sorawolio

BAUBAU, BP-Implementasi teknologi aquaponik yang diprakarsai DR. H. Sudjiton dan kawan-kawan merupakan langkah konkrit sekaligus bisa menjadi demplot percontohan di semua wilayah Kota Baubau. “Walikota Baubau Monianse Apresiasi Kick Off Implementasi Teknologi Aquaponik di Kecamatan Sorawolio.”

Sebab diketahui bersama bila tingginya pengembangan infrastruktur di perkotaan membuat lahan pertanian semakin sempit. Seiring maraknya pembangunan perekonomian dan pemukiman di wilayah perkotaan.
Hal ini diungkapkan Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat menghadiri Kick Off Implementasi Teknologi Aquaponik sebagai upaya pengembangan ketahanan pangan di Kecamatan Sorawolio Senin (18/9/2023).

Walikota Baubau Monianse Apresiasi Kick Off Implementasi Teknologi Aquaponik di Kecamatan Sorawolio
Walikota Baubau Monianse Apresiasi Kick Off Implementasi Teknologi Aquaponik di Kecamatan Sorawolio

 

 

Orang nomor satu di Kota Baubau ini menyampaikan apresiasi semua pihak terhadap progres yang sementara dilaksanakan ini, bahwa kajian terapan adalah hal yang semestinya dan menjadi role model kegiatan kelitbangan di Kota Baubau. Apalagi tuntutan zaman untuk terus menumbuhkan inovasi daerah menjadi keharusan dan kewajiban pemerintah daerah apalagi berkaitan dengan ketahanan pangan yang merupakan kebutuhan pokok kehidupan manusia.

baca juga:

Walikota Baubau Monianse Arahkan SDM Pemkot Untuk Permudah Akses Pelayanan

Dikatakan, pemanfaatan lahan seperti ini merupakan salah satu opsi yang bisa dipilih untuk mendukung pembangunan pertanian pemanfaatan pekarangan sangat erat kaitannya dengan usaha mencapai ketahanan pangan masyarakat yang dimulai dari skala yang paling kecil yaitu skala rumah tangga.

Salah satu cara yang bisa digunakan dalam pemanfaatan pekarangan adalag teknologi budidaya tanaman dengan metode aquaponik. “Bapak dan ibu sudah seringkali mendengar sistem hidroponik, yaitu sebuah sistem untuk budidaya tanaman dengan memanfaatkan air sebagai media. Saat ini banyak teknologi bidang pertanian lain, salah satunya aquaponik,”ungkapnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *