KOTA BAUBAUSULTRA

Festival Kuliner Bone-Bone Jadi Agenda Rutin Pemkot Baubau

BAUBAU, BP-Festival kuliner Masyarakat Kelurahan Bone-Bone Kecamatan Batupoaro yang digelar Sabtu malam (26/8/2023), mendapat apresiasi dari Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse. Bahkan, festival kuliner yang digagas oleh Lurah Bone-Bone Ramadan bersama Masyarakat secara spontanitas dan sederhana tersebut oleh Pemkot Baubau akan dijadikan sebagai sebuah agenda rutin. Festival Kuliner Bone-Bone Jadi Agenda Rutin Pemkot Baubau.

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat membuka festival kuliner Bone-Bone percaya ini akan menjadi sesuatu yang baik kalau terus dibina dan dipertahankan.

asli2
Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse, Festival Kuliner Bone-Bone Jadi Agenda Rutin Pemkot Baubau

“Jadi malam hari ini kita seperti makan malam di salah satu pantai di Bali, di Jimbaran. Asal jangan balik kiri kanan, pokoknya lihat makan dan lihat ke laut nah itu Jimbaran kita. Dan saya kira ini menjadi hal yang baik karena paling tidak pertama kita carikan penjadwalan yang tepat agar agenda kegiatan ini menjadi rutin dilakukan.

Kalau dilakukan tiap malam mungkin tidak akan baik, tetapi jika dilakukan secara periodik mungkin 2x atau sekali setahun menjadi festival yang sangat meriah,”ungkapnya.
Ditambahkan, fetival kuliner Bone-Bone yang menampilkan olahan makanan, kriya kain tenun, pakaian adatt, kampurui dan beberapa olahan cemilan paling tidak diyakini akan menaikkan ekonomi lokal.

Selain itu, karena menggunakan alam dan pesisir pantai sebagai objeknya maka sudah pasti ini tempat ini harus selalu terjaga dari segala hal yang merusak dari citra festival itu sendiri. Dari kebersihannya, keapikkannya harus tetap terjaga sehingga kapan pun akan melaksanakan festival seperti ini akan selalu siap.

Olehnya itu, wilayah yang kecil tersebut harus menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga citra yang baik.

Terkait masalah jadwal pelaksanaan festival kuliner selanjutnya, orang momor satu di Kota Baubau ini mengusulkan agar pelaksanaannya paling tepat di bulan Agustus sehingga menjadi penutup dari segala rangkaian acara yang dilaksanakan di Kota Baubau dalam rangka memperingati hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Sehingga kalau misalnya nanti bapak/ibu sekalian bersepakat mungkin akan lebih baik kalau festival kuliner ini dilaksanakan di bulan Agustus. “Tinggal dicari tanggal yang baik diakhir Agustus menurut teman-teman. Supaya festival ini menjadi pelengkap dari rangakain festival-festival yang ada di Kota Baubau.

baca juga:

Bakat Seni Siswa-Siswi Baubau Terhalang Sound Sistem di Panggung Baubau Expo 2023?

Jadi jangan semua ditumpuk disatu hari, festival batupoaro di hari yang sama ada festival apa lagi saya kira itu tidak terlalu baik karena pada akhirnya kita tidak terlalu serius mengurusnya. Tapi kalau setiap bulan ada, setiap saat ada saya kira secara perlahan festival yang sederhana ini akan kemudian booming menjadi festival yang berkelas,” ujarnya

Sementara untuk tempat pelaksanaan festival kuliner berikutnya, La Ode Ahmad Monianse menyetujui bila diadakan kembali di lokasi Pantai sehingga menjadi berkelas. Olehnya itu, tempatnya harus ditatar dengan baik dan dijaga. Kemudian, mengangkat jenis kuliner hasil laut sehingga bila punya kerinduan ingin makan jajanan laut, santap malam laut maka ditunggu festival kuliner Bone-Bone.(*)

Berita Lainnya:

Disaksikan Walikota Monianse, Polres Baubau Bersama Sembilan Polsek Tanam 1000 Pohon, Simbolisnya Dipusatkan di Pantai Kamali

BAUBAU, BP – Polres Baubau bersama sembilan Polsek jajarannya melaksanakan kegiatan Polri lestarikan negeri penghijauan sejak dini, dengan menanam 1000 pohon secara serentak. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-78, Rabu (23/08/2023). ‘Disaksikan Walikota Monianse, Polres Baubau Bersama Sembilan Polsek Tanam 1000 Pohon, Simbolisnya Dipusatkan di Pantai Kamali”

 

Walikota Baubau La Ode Ahmad Monanse bersama Polres Baubau tanam 1000 pohon, secara simbolis dimulai dari Pantai Kamali, Disaksikan Walikota Monianse, Polres Baubau Bersama Sembilan Polsek Tanam 1000 Pohon, Simbolisnya Dipusatkan di Pantai Kamali
Walikota Baubau La Ode Ahmad Monanse bersama Polres Baubau tanam 1000 pohon, secara simbolis dimulai dari Pantai Kamali, Disaksikan Walikota Monianse, Polres Baubau Bersama Sembilan Polsek Tanam 1000 Pohon, Simbolisnya Dipusatkan di Pantai Kamali

 

Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk, SH, SIK, MSi mengatakan kegiatan penanaman pohon serentak merupakan program Kapolri dalam rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke-78. Kegiatan ini dilaksanakan seluruh Kepolisian Daerah (Polda), Kepolisian Resor (Polres) dan Kepolisian Sektor (Polsek) secara serentak.

“Polres Baubau menyiapkan bibit pohon yang ditanam sebanyak 1000 pohon yang terdiri dari pohon beringin, beringin putih, Ketapang, Mangrove, jeruk, trembesi.” katanya.

Polsek Kawasan Pelabuhan menanam 100 pohon di area Pantai Kamali Kota Baubau dan Sat Lantas menanam 50 pohon di area kantor Sat Lantas Polres Baubau.

Polsek Wolio sebanyak 50 pohon ditanam di wilayah Polsek Wolio, Polsek Murhum sebanyak 50 pohon di wilayah Polsek Murhum, Polsek Sorawolio sebanyak 50 pohon di wilayah Polsek Sorawolio, Polsek Lea-Lea sebanyak 200 pohon di wilayah Polsek Lea-Lea, Polsek Kokalokuna sebanyak 300 pohon di wilayah Polsek Kokalokuna, Polsek Kadatua sebanyak 100 pohon di wilayah polsek Kadatua dan Polsek Batuatas sebanyak 100 pohon di wilayah Polsek Batuatas.

Kapolres Baubau juga menyampaikan kegiatan tersebut adalah bentuk kepedulian Polri khususnya Polres Baubau untuk memelihara dan menjaga kelestarian lingkungan sekaligus dalam program penghijauan pemerintah.

Ia juga berharap kegiatan ini dapat membangun kesadaran dari masyarakat dan khususnya personel Polres Baubau untuk menanam pohon dan merawatnya, sehingga sirkulasi udara di sekitar kantor Polres Baubau akan menjadi lebih bersih dan segar.

baca juga:

Gelar Rama Tama di Alun-Alun Kotamara, Walikota Monianse Akui Masih Ada Kekurangan di Masa Kepemimpinan Tampil Manis Periode 2018-2023

“Kegiatan penanaman pohon ini juga merupakan upaya Polri dalam mencegah terjadinya bencana alam serta mengurangi polusi udara, sehingga memberikan efek positif bagi masyarakat dan lingkungan hidup lainnya.” katanya.

Kegiatan penanaman pohon secara serentak di hadiri Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk, SH, SIK, MSi, Walikota Baubau Laode Ahmad Moneanse, perwakilan Dandim 1413 Buton, perwakilan ketua DPRD Kota Baubau, perwakilan Kejaksaan Negeri Baubau, perwakilan Pengadilan Negeri Baubau, Bapas Baubau, Posal Baubau, BNN Baubau, Kadis Lingkungan Hidup dan Pertamanan Kota Baubau, Dinas Pertanian Kota Baubau, Sat Pol PP Kota Baubau, Lurah Wale, Syahbandar Baubau, FKP Kota Baubau, KBP3 Kota Baubau, Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Baubau dan pengurus Bhayangkari Cabang Baubau serta seluruh personel Polres Baubau.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *