PEMILUPOLITIK

Polres Baubau Deklarasikan Pemilu di Tahun 2024 Damai dan Aman

BAUBAU, DURASITIME.COM – Dalam mewujudkan pemilu yang aman, damai dan kondusif ini, tidak hanya di butuhkan pihak kepolisian tetapi di butuhkan kolaborasi, sehingga mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif. “Polres Baubau Deklarasikan Pemilu di Tahun 2024 Damai dan Aman.”

Dengan begitu, Polres Baubau menjelang, saat dan sesudah Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Polres Baubau menginisiasi Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 yang di gelar di Pantai Kamali Kota Baubau, Kamis (12/10/2023).

Polres Baubau Deklarasikan Pemilu di Tahun 2024 Damai dan Aman
Polres Baubau Deklarasikan Pemilu di Tahun 2024 Damai dan Aman

Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk, dalam sambutanya mengatakan, melalui kegiatan ini, diharapkan dapat melahirkan hal-hal yang positif yang bermanfaat bagi bangsa indonesia. Untuk itu saya berharap bahwa pelaksanaan kegiatan ini dapat benar – benar dimanfaatkan secara baik sebagai momentum untuk sharing informasi, inovasi / kreasi demi keberhasilan pelaksanaan tugas.

“Dalam hal ini, untuk menciptakan stabilitas nasional dan daerah khususnya, pelaksanaan tahapan pemilu tahun 2024 di wilayah Kota Baubau dan Kabupaten Buton selatan,” jelasnya.

Lanjutnya, kegiatan ini juga untuk menyamakan persepsi dalam mengawal dan melaksanakan tahapan pemilu tahun 2024 di wilayah Kota Baubau dan Kabupaten Buton Selatan, sehingga dapat memaksimalkan peran masing – masing hadirin sebagai suksesor pelaksanaan pemilu tahun 2024.

“Sesuai dengan moment yang kita hadapi yaitu pemilu tahun 2024 yang merupakan simbol dari pesta demokrasi,” tuturnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, perkembangan dan dinamika politik diprediksi akan semakin meningkat dan sarat dengan kepentingan, sehingga berpotensi menimbulkan benturan dan konflik dalam bentuk perselisihan, aksi kekerasan komunal, maupun kontak fisik antar kelompok massa berseberangan, yang dapat mengganggu pelaksanaan pemilu.

“Menyikapi permasalahan di atas, diharapkan kita dapat bertindak sebagai penyelenggara pemilu dan pihak-pihak terkait,” ungkapnya

Selain itu, tetap berpegang teguh dan berpedoman pada prinsip netralitas dan tidak memihak dalam penyelenggaraan pemilu, juga harus mampu menentukan langkah-langkah yang proaktif, sehingga potensi konflik yang ada, dapat dikelola dan diantisipasi sedini mungkin, agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata.
Tentunya langkah ini menuntut kepedulian dan kerjasama secara menyeluruh dengan semua pihak, agar tindakan yang dilakukan dapat berjalan optimal.

Kemudian, penanganan terhadap konflik sosial, sebagaimana di atas, lebih jauh perlu saya sampaikan, bahwa langkah kemitraan dengan masyarakat merupakan langkah yang tepat, baik bersifat preemtif, preventif dan penegakan hukum harus dirancang dengan baik dan diimplementasikan dengan sungguh-sungguh.

baca juga:

Dengan begitu, diperlukan kerjasama antara penyelenggara pemilu, peserta pemilu dan pihak keamanan dengan masyarakat, sangat membantu dalam menciptakan stabilitas nasional dan daerah, khususnya pelaksanaan tahapan pemilu tahun 2024.

“Saya berharap untuk kedepannya agar para peserta yang hadir saat ini lebih meningkatkan dan tidak bosan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” jelasnya.

Harapannya, untuk sama-sama mengajak masyarakat di Sultra agar berperan aktif dalam mensukseskan pemilu tahun 2024 di wilayah sulawesi tenggara, serta memberikan wawasan / pendidikan politik kepada masyarakat yang menjadi pemilih pada pemilu tahun 2024 untuk menjadi pemilih yang cerdas dan pemilih harus tetap waspada.

Polri bekerjasama dengan TNI sebagai garda depan dalam menjaga keamanan akan terus membangun diri sehingga dapat terus meningkatkan kualitas dan etos mengemban tugas dengan baik.(*)

Berita Lainnya:

Bawaslu Baubau dan Kominfo MoU Cegah Penyebaran Isu SARA dan Berita Hoax di Medsos Pada Masa Kampanye Pemilu 2024

BAUBAU, BP – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Baubau menjalin kerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Baubau untuk menangkal penyeberan isu SARA dan berita-berita hoax di Media Sosial (Medsos) pada masa kampanye Pemilu tahun 2024. “Bawaslu Baubau dan Kominfo MoU Cegah Penyebaran Isu SARA dan Berita Hoax di Medsos Pada Masa Kampanye Pemilu 2024.”

Ketua Bawaslu Kota Baubau Sarmin mengungkapkan, pihaknya menginisiasi bekerjasama dalam bentuk MoU dengan Dinas Kominfo Kota Baubau, dalam rangka evektifitas pengawasan aktivitas publik di medsos yang berhubungan dengan kampanye.

Ketua Bawaslu Baubau Sarmin (Tengah) saat membawakan sambutan kegiatan sosialisasi pengawasan tahapan pencalonan anggota DPR, Bawaslu Baubau dan Kominfo MoU Cegah Penyebaran Isu SARA dan Berita Hoax di Medsos Pada Masa Kampanye Pemilu 2024
Ketua Bawaslu Baubau Sarmin (Tengah) saat membawakan sambutan kegiatan sosialisasi pengawasan tahapan pencalonan anggota DPR, Bawaslu Baubau dan Kominfo MoU Cegah Penyebaran Isu SARA dan Berita Hoax di Medsos Pada Masa Kampanye Pemilu 2024

“Adapun pengawasan kami yaitu, terkait dengan potensi Isu SARA dan berita Hoax di Medsos,” jelasnya

Lanjutnya, melalui dengan kerjasama dengan Dinas Kominfo Kota Baubau, pihaknya merumuskan untuk bersama-sama melakulan pengawasan dan aktivitas di Medsos khususnya di Kota Baubau guna mencegah adanya kampanye yang menggunakan isu SARA dan berita Hoax.

baca juga:

“Jadi bentuk penindakan Bawaslu terkait kampanye bermuatan Isu SARA dan Hoax dengan menurunkannya dari medos (take down) agar berita tersebut tidak tersebar,” tuturnya.

Dengan pencegahan tersebut, Bawaslu Baubau berharap, menjadi bagian dari komitmen bersama antar-stakeholder sehingga Pemilu dapat terselenggara dengan baik di Kota Baubau.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *