Kabupaten Buton UtaraSULTRA

Tari Mangaru Sambut Kedatangan Bupati Butur di Desa Laeya untuk Pesta Panen

BURANGA,BP-Bupati Buton Utara, Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah menghadiri acara pesta Panen Desa Laeya, Kecamatan Wakorumba Utara. Kedatangan Bupati ini disambut dengan peragaan Mangaruh atau silat Daerah dan tarian-tarian oleh masyarakat setempat. “Tari Mangaru Sambut Kedatangan Bupati Butur di Desa Laeya untuk Pesta Panen.”

Sebelum bupati memasuki balai Desa Laeya, para pesilat mempertontonkan keahlian mereka dalam memainkan keris dengan gaya yang lentur dan indah.

Setelah itu masyarakat mengarahkan bupati sejenak untuk melihat hasil panen mereka pada tahun 2023 yang telah dipajang di halaman balai desa. Adapun hasil panen yang dipajang yaitu, pisang, kelapa, jagung, tembu, padi dan ubi-ubian.

 Tari Mangaru Sambut Kedatangan Bupati Butur di Desa Laeya untuk Pesta Panen.
Tari Mangaru Sambut Kedatangan Bupati Butur di Desa Laeya untuk Pesta Panen.

Tak hanya itu, dalam balai Desa pun Bupati Butur masih disambut dengan berbagai tarian yang ditampilkan oleh anak-anak usia dini dan pemuda desa Laeya.

Dalam momen tersebut Bupati Buton Utara tidak bisa menyembunyikan rasa harunya, karena kehadirannya disambut oleh masyarakat Laeya dengan begitu meriahnya.

Diakhir acara juga masyarakat Laeya menyajikan lagi sebuah hiburan yaitu arasemen musik gambus daerah ala Wakorumba Utara untuk menghibur bupati dan rombongan. Sehingga membuat suasana pesta panen tersebut semakin meriah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Buton Utara, Ahali bersama wakil Ketua tim penggerak PKK, Amalia Ahali dan beberapa para kepala OPD.

Dalam sambutannya Ridwan Zakariah memberikan ucapan selamat kepada masyarakat Desa Laeya atas terselenggaranya pesta panen yang dibalut dengan sedemikian rupa sehingga pesta panen sangat ramai.

“Saya secara pribadi, mewakili keluarga dan masyarakat mengucapkan selamat atas terselenggaranya pesta panen ini, luar bisa ramainya ini saya sendiri merasa terharu sekali, melihat anak-anak dengan segala kreasinya untuk menghibur kita semua”, ucapnya saat memberikan sambutan di hadapan masyarakat Laeya, Sabtu (09/09/2023).

Ridwan juga mengatakan, semoga budaya yang telah diwariskan turun temurun oleh nenek moyang kita yang telah kita geluti selamat ini bisa kita pertahanan nilai-nilainya dan bahkan kita tingkatkan kwalitasnya.

“Tapi saya tekankan semoga nilai-nilai budaya yang kita geluti selama ini kita bisa pertahankan dan kita tingkatkan kwalitasnya”, ucapnya.

baca juga:

Wabup Butur Ahali Minta Kades Betul-Betul Menggunakan Dana Desa Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Lebih lanjut Ridwan menyebut, pesta panen ini adalah sebuah budaya kebiasaan yang kita laksanakan setiap tahun. Sehingga tidak salah jika pemerintah pusat menetapkan Buton Utara sebagai kota pusaka.

“Saya pikir pemerintah pusat tidak salah menetapkan Buton Utara sebagai salah satu daerah kota pusaka. Jadi hanya empat kota pusaka di Sulawesi Tenggara yang ditetapkan oleh Pemerintah pusat. Yaitu Buton Utara, Buton Selatan, Muna dan Baubau diantara 17 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara”, bebernya.

Bupati dua periode ini mengungkapkan, tujuan kota pusaka yaitu untuk pelestarian benda-benda yang bernilai budaya dan bersejarah masa lalu.

“Jadi ini luar biasa, mari kita jadikan pesta panen sebagai tombak memotivasi masyarakat untuk membangun desa yang kita cintai ini”, ungkapannya.(*)

 

Berita Lainnya:

Lepas Kontingen Sepak Bola Elang Butur, Ini Harapan Wabup Butur Ahali

BURANGA,BP-Wakil Bupati Buton Utara (Butur), Ahali didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Harlin Hari dan Ketua PSSI Butur, Yos Harman menerima sekaligus melepas kontingen sepak Bola Elang Butur yang akan bertanding mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara yang digelar di lapangan Kota Barat Solo, Jawa Tengah. “Lepas Kontingen Sepak Bola Elang Butur, Ini Harapan Wabup Butur Ahali.”

Mantan Kapolsek Kulisusu ini, mengatakan mewakili pemerintah daerah dan masyarakat Buton Utara mengucapkan selamat kepada tim Elang sepak bola usia dini yang telah mengembang tugas tercinta ini. Semoga amanah yang diemban ini bisa membuahkan kemenangan.

“Atas nama seluruh masyarakat Butur, atas nama Pemda, dan selaku pribadi saya ucapkan kepada semua kontingen Elang Butur sepak bola usia dini selamat mengemban tugas yang tercinta ini. Kami semua masyarakat Butur mendoakan agar tugas yang anak – anak emban, yang para atlet emban dapat berhasil dengan baik”, ucap Ahali, saat memberikan arahan kepada kontingen Elang Butur, di Aula Sekertariat Daerah, Selasa (05/09/2023).

Lepas Kontingen Sepak Bola Elang Butur, Ini Harapan Wabup Butur Ahali
Lepas Kontingen Sepak Bola Elang Butur, Ini Harapan Wabup Butur Ahali

Kontingen Elang Butur kata mantan Kasubdit Indag Reskrimsus Polda Sultra ini, mereka merupakan tim terbaik, putra pilihan yang telah dilatih, dididik, dan telah dipersiapkan dengan baik untuk mengemban tugas mulia ini.

Oleh karena itu, Ahali berharap kepada para atlet yang telah diutus sebagai perwakilan provinsi Sulawesi Tenggara dibidang olahraga sepak bola usia dini agar memiliki semangat dan rasa percaya diri yang tinggi.

“Oleh karena itu saya berharap para atlet memiliki semangat yang tinggi, rasa percaya diri yang tinggi, jangan takut kalah, tidak perlu punya beban karena Buton Utara memiliki potensi yang besar untuk meraih prestasi terbaik di bidang sepak bola, karena kita punya sarana prasara yaitu Stadion Lamoliandu”,harapannya.

Lebih lanjut mantan Kasat Reskrim Polres Wakatobi ini mengingatkan, kepada para atlet untuk berusaha sekuat tenaga dalam berjuang mengangkat nama baik Daerah. Dan yang terpenting kata Ahali dalam perjuangan itu tidak perlu takut kalah, karena masyarakat Butur selalu mendoakan.

“Berusahalah sekuat tenaga, sekali lagi jangan punya beban, jangan takut kalah, masyarakat Butur tetap mendoakan saudara-saudara sekalian, berikan semangat terbaik semoga harapan menjadi kenyataan yaitu menang dalam perhelatan sepak Bola di Kota Solo Jawa Tengah”,

“Laksanakan tugasnya dan harapan ini dengan baik, sehingga saudara – saudara melukis sejarah, prestasi dan contoh generasi penerus masa depan Butur dalam bidang sepak bola”, tambahnya.

baca berita:

Wabup Butur Ahali Buka Kejuaraan Bulutangkis Bone Raya Local Series 2023

Sebagai tambahan, klub sepak bola Elang Butur ini mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara untuk mengikuti kejuaraan sepak bola U-12 putra seri nasional yang diselenggarakan oleh Forum Sepak Bola Anak Indonesia (FSAI), yang akan berlangsung di lapangan Kota Barat Solo, Jawa Tengah, mulai tanggal 8 – 10 September 2923.

Acara pelepasan kontingen sepak bola tersebut turut dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan Dan SDM Hasanun, Kepala Bagian Pembangunan Drs. Garni, Kepala Sekolah SMPN 3 Kulisusu Hadarul Aswad, serta Orang tua atlet dan pelatih.

Adapun peserta yang akan bertanding pada seri Nasional kejuaraan sepak bola U-12 terdapat 36 Tim utusan dari 34 Provinsi, dengan usia rata-rata kelahiran tahun 2011 – 2012.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *