SULTRA

Daftar Pj Gubernur yang Akan Dilantik Jokowi September 2023, Salah Satunya Andap Budhi Ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara.

JAKARTA– Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik sejumlah penjabat (Pj) kepala daerah untuk menggantikan para gubernur yang telah menyelesaikan tugasnya. Menurut Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin, keputusan telah diambil dalam sidang Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin langsung oleh Jokowi. “Daftar Pj Gubernur yang Akan Dilantik Jokowi September 20203, Salah Satunya Andap Budhi Ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara.’

Daftar Pj Gubernur yang Akan Dilantik Jokowi September 20203, Salah Satunya Andap Budhi Ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara.
Daftar Pj Gubernur yang Akan Dilantik Jokowi September 20203, Salah Satunya Andap Budhi Ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara.

“Ya, ya, ya, kemarin diputuskan. Presiden memimpin langsung,” kata Ngabalin saat dihubungi, Jumat (1/9).

Berikut daftar Pj gubernur yang akan menjabat sementara di tiap-tiap daerah:

1. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin ditunjuk sebagai Pj Gubernur Jawa Barat menggantikan Ridwan Kamil.

2. Mantan Kapolda Metro Jaya Nana Sudjana ditunjuk sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah menggantikan Ganjar Pranowo.

3. Mantan Pangdam Bukit Barisan Mayjen Purnawirawan Hasanuddin ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sumatera Utara.

4. Staf Khusus (Stafsus) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Bidang Keamanan dan Hukum Sang Made Mahendra Jaya ditunjuk sebagai Pj Gubernur Bali.

5. Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua Ridwan Rumasukun ditunjuk sebagai Pj Gubernur Papua.

6. Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Sesmenko Marves) Ayodhia Kalake ditunjuk sebagai Pj Gubernur NTT.

7. Sekretaris Daerah (Sekda) NTB Lalu Gita Ariadi ditunjuk sebagai Pj Gubernur NTB.

8. Sekretaris Daerah Kalimantan Barat Harrison Azroi ditunjuk sebagai Pj Gubernur Kalimantan Barat.

9. Sekretaris Jenderal Kemenkumham Andap Budhi ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara.

10. Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar Baharuddin ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sulawesi Selatan

baca juga:

Yuk Lihat Daftar Pemenang Lomba HUT ke-192 tahun Kota Kendari

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah mengonfirmasi Bey Machmudin ditunjuk sebagai pengganti dirinya. Menurutnya, Bey akan bertugas sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat mulai Selasa, 5 September.

“Sesuai keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pria kelahiran Bandung ini sebelumnya Deputi Protokol, Pers dan Media, Sekretariat Presiden,” ujar pria yang akrab disapa Emil dalam akun Instagram-nya, Jumat (1/9).

Emil juga mengucapkan selamat serta menitipkan Jawa Barat kepada Bey lantaran tugasnya hampir selesai. Ia juga bersedia dimintai pertolongan jika Bey membutuhkan.

“Selamat bertugas Kang Bey. Titip cintai warga Jawa Barat. Titip pertahankan yang baik-baik dari prestasi Jawa Barat. Titip sempurnakan yang kurang-kurang dari pembangunan Jawa Barat,” katanya.

Sebelumnya, 17 gubernur akan habis masa jabatannya tahun ini. Berdasarkan UU Pilkada, semua pemilihan kepala daerah diserentakkan pada November 2024.

Untuk mengisi kekosongan jabatan, akan ada penunjukan penjabat kepala daerah. Pj. gubernur dipilih oleh presiden dari deretan pejabat pimpinan tinggi madya atau setara eselon I Ia. (*)

baca berita lainnya:

La Ode Mustari Masih Ikut Pembengkalan dan Pengarahan di Kemendagri, Isi kekosongan Jabatan, Asnawi Jadi Plh Bupati Buton

BUTON, BP- Calon Pj Bupati Buton La Ode Mustari yang akan menggantikan Pj Bupati Buton Sebelumnya Basiran dikabarkan tengah mengikuti pembekalan dan pengarahan yang dilaklukan Kemendagri. Rabu (23/08/2023). Kegiatan itu juga diikuti semua para calon Penjabat (Pj) kepala daerah se-Indonesia. “La Ode Mustari Masih Ikut Pembengkalan dan Pengarahan di Kemendagri, Isi kekosongan Jabatan, Asnawi Jadi Plh Bupati Buton”

F01.4 1
Calon Pj Bupati Buton La Ode Mustari, La Ode Mustari Masih Ikut Pembengkalan dan Pengarahan di Kemendagri, Isi kekosongan Jabatan, Asnawi Jadi Plh Bupati Buton

 

 

Kegiatan yang digelar di Jakarta itu dipimpin langsung oleh Mendagri, Tito Karnavian. Dengan demikian pelantikan Pj Buton dan Pj Bupati Bombana serta Pj BUpati Kolaka Utara belum dapat dilakukan pada tanggal 24 Agustus 2023 bertepatan dengan masa berakhirnya Pj bupati sebelumnya di tiga daerah tersebut di Sultra.

F04.4
Asnawi Jamaluddin mengisi kekosongan jabatan Pj Bupati Buton

Sebab selain La Ode Mustari, juga hadir dalam kegiatan itu calon Pj Bupati Bombana Burhanuddin, dan calon Pj Bupati Kolaka Utara Sulawesi Tenggara (Sultra) Sukanto Toding

Untuk di Kabupaten Buton , Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton Asnawi Jamaluddin resmi menjadi Pelaksana harian (Plh) Bupati Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra).

baca juga:

Basiran Ucapkan Selamat Kepada La Ode Mustari yang Akan Menggantikannya Sebagai Pj Bupati Buton Melalui Instagramnya

“SK nya suah saya terima sejak 24 Agustus 2023 pada sore hari,” kata Asnawi dikonfirmasi media ini, Minggu (27/8/2023). Asnawi mengatakan selaku Plh bupati, dia hanya sekedar mengisi kekosongan sambil menunggu pelantikan Pj Bupati Buton yang baru.

“Kita hanya menjalankan agar roda pemerintahan tetap berjalan seperti biasa sampai ada Pj Bupati Buton yang baru,” katanya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *