SULTRAKabupaten Buton Selatan

Warga Busel Antusias Nonton Pagelaran Seni Sampolawa

BUSEL, BP-Persembahan Sanggar Seni Yayasan Sungkua Buso Sampolawa di gelar malam ini di Rujab Kecamatan Sampolawa. Kepala Dinas Kebudayaan, La Ode Haerudin, S.Pd., M.Pd mewakili Pj. Bupati Buton Selatan membuka secara resmi Pagelaran Seni malam ini (23/052023),

F01.2

Dalam sambutan Pj. Bupati Buton Selatan yang di bacakan oleh Kadis Kebudayaan Buton Selatank La Ode Haerudin, S.Pd., M.Pd bahwa Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi kegiatan Pagelaran Seni seperti yang dilakukan oleh Sanggar Seni Sungkua Buso Sampolawa. Karena dengan kegiatan seperti ini kita dapat mengambil manfaat :Sebagai ajang hiburan, Sebagai media Apresiasi terhadap karya seni dan budaya masa lalu, Sebagai edukasi kepada masyarakat lebih khusus kepada adik-adik generasi penerus yang tergabung dalam Sanggar Seni Sungkua Buso Sampolawa.

Pemerintah daerah terus mengharapkan kreativitas dan inovasi yang terus digali dan dikembangkan agar nilai-nilai budaya masa lalu terus lestari dan nilai seni masa kini terus berkembang. Kolaborasi bersama antara DPRD Provinsi, Pemerintah Daerah Kab. Buton Selatan, Masyarakat Kecamatan Sampolawa dan Yayasan Sungkua Buso Sampolawa dapat mewujudkan Buton Selatan Lebih Maju, Berkembang dan Berdaya Saing dengan potensi yang dimiliki.
Dalam kesempatan yang sama Ketua Komisi III DPRD/Ketua Banggar Provinsi Sulawesi Tenggara Suwandi Andi, S.Sos menyerahkan bantuan fasilitas pendukung Yayasan Sungkua Buso Sampolawa berupa 1 (satu) set komplit peralatan musik diantaranya Keyboard, Band Elektrik, Biola, Gitar dll dengan total bantuan lebih kurang Rp. 125 juta. Bantuan ini diharapkan untuk mengembangkan potensi seni yang dimiliki Yayasan Sungkua Buso Sampolawa sehingga akan banyak melahirkan generasi seni yang unggul dimasa yang akan datang.
Lebih lanjut Kadis Kebudayaan sebelum menutup sambutannya ada 2 (dua) pantun ;
“Gadis Kecil berambut Poni,
Duduk termenung di depan pintu,
Selamat melaksanakan Pagelaran Seni
Sanggar Sungkua Buso Sampolawa menjadi pemersatu”.
Penonton bersorak-sorak dengan berteriak Cakeeep…. selanjutnya Ode Haerudin sapaan akrab Kadis Kebudayaan melanjutkan pantun ke-2nya “Sungguh Indah Bunga di Taman,
Tumbuh Subur di Pot Beton,
Mari bersama kita jayakan, Jadikan Busel Pusat Peradaban Buton”. Tepuk tangan yang sangat meriah dari seluruh pengunjung yang menghadiri Pagelaran Seni di rumah jabatan Camat Sampolawa.
Dalam sambutan Camat Sampolawa, La Ode Kusman, SIP diantanya bahwa “Pagelaran Seni ini sangat diapresiasi oleh pemerintah Kecamatan Sampolawa, kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak sanggar. Walaupun minim anggaran untuk melaksanaan kegiatan seperti ini namun dengan kebesaran hati dan jiwa serta semangat kebersamaan pelaksanaan pagelaran dapat dilaksanakan” tutupnya.
Tari-tarian yang disuguhkan sangat memikat & spektakuler membuat para penonton tak bergeming menyaksikan tarian-tarian sangat memukau. Ratusan warga sangat antusias menyaksikan Pagelaran Seni dan Budaya yang ditampilkan di Rujab Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan.
Sanggar Seni, Yayasan Sungkua Buso Sampolawa di nakodhai La Ode Hidayat Zain Indrawan, S. Kep. Ns.

baca juga: Pj Sekda Busel La Ode Karman Pimpin HUT Otda ke XXVII di Pelataran Kantor Bupati Busel

Turut hadir Ketua Komisi III DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, bapak Suwandi Andi, S.Sos, Para Anggota DPRD Buton Selatan, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekraf, Kapolsek Sampolawa, Danramil Sampolawa atau yang mewakili, Camat Sampolawa, Para Kepala Desa se-Kecamatan Sampolawa, Para Kepala Sekolah SMA/SMP/SD se-Kecamatan Sampolawa, Pendiri Yayasan dan Ketua Yayasan Sungkua Buso Sampolawa.
(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *