KOTA BAUBAUSULTRA

Penguatan Kebijakan P2DD, Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi Minta Semua OPD Wajib dan Segera Laksanakan

  • Presiden Joko Widodo Optimis Kepala Daerah Mampu Mendukung Perekonomian Nasional melalui Penerapan P2DD

JAKARTA, DT-Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo menaruh harapan besar pada digitalisasi ekosistem keuangan daerah melalui implementasi program Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD), yang dapat mendukung terbangunnya tata kelola keuangan daerah yang efektif dan efisien guna mendorong kesejahteraan masyarakat Indonesia. “Penguatan Kebijakan P2dd, Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi Minta Semua OPD Wajib dan Segera Laksanakan.”

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo dalam sambutan pembukaan Rapat Koordinasi Nasional P2DD Tahun 2023 yang dihadiri oleh jajaran Menteri, Gubernur, Bupati dan Walikota seluruh Indonesia pada hari Selasa (03/10/2023) di Jakarta.

Penguatan Kebijakan P2dd, Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi Minta Semua OPD Wajib dan Segera Laksanakan
Penguatan Kebijakan P2dd, Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi Minta Semua OPD Wajib dan Segera Laksanakan

Ditengah situasi global yang penuh ketidakpastian, indikator ekonomi nasional menurut Presiden masih menunjukkan prospek yang baik. Perekonomian nasional tumbuh diatas 5 persen selama 7 kwartal berturut-turut. Dimana pada triwulan kedua tahun 2023 mencapai 5,17 persen year on year.
“Dalam menjaga momentum menuju Indonesia maju, kita membutuhkan pertumbuhan ekonomi di kisaran 6 sampai 7 persen. Salah satu upaya untuk mengejar target tersebut adalah melalui penguatan teknologi digital,” tegas Presiden dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin.

baca juga:

Presiden mengharapkan peran aktif kepala daerah selaku ketua tim P2DD. Inovasi transaksi keuangan daerah berbasis digital diyakini berimplikasi pada peningkatan pendapatan asli daerah, transparansi, akuntabilitas pengeluaran keuangan daerah serta pelayanan publik.

Sementara itu, Pj Wali Kota Baubau, Dr. Rasman Manafi, SP. M.Si yang turut hadir dalam kegiatan tersebut berkeyakinan kebijakan penguatan P2DD menjadi salah satu acuan kebijakan penting untuk tata kelola keuangan yang disinergikan dalam pembangunan daerah Kota Baubau yang dilakukan melalui digitalisasi transaksi daerah.
“Perlu terus adanya inovasi dan percepatan elektronifikasi transaksi (pajak dan retribusi). Penguatan kebijakan P2DD wajib segera diterjemahkan Pemerintah Kota dan dilaksanakan oleh semua OPD Kota Baubau,” tegas Pj. Walikota Dr. Rasman Manafi.(*)

Berita lainnya:

Minat Pencaker Tinggi di Baubau Job Fair 2023, Pj Walikota Dr Rasman Manafi Minta Dilakukan Secara Reguler dengan Skala Besar

 

BAUBAU, DT- Memasuki hari kedua Baubau Job Fair 2023 yang dilaksanakan dari tanggal 1-3 Oktober 2023 di atrium hall Lippo Plaza Baubau oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Baubau terus diserbu pencari kerja (Pencaker). Bahkan, sampai dengan Senin siang (2/10/2023) sudah ada tambahan sekitar 180 orang sehingga total keseluruhan sejak hari pertama Senin (1/10/2023) sudah mencapai 440 orang yang teregistrasi.”Minat Pencaker Tinggi di Baubau Job Fair 2023, Pj Walikota Dr Rasman Manafi Minta Dilakukan Secara Reguler dengan Skala Besar.”

Kadisnaker Baubau Moh. Abduh, Minat Pencaker Tinggi di Baubau Job Fair 2023, Pj Walikota Dr Rasman Manafi Minta Dilakukan Secara Reguler dengan Skala Besar

Sedangkan data resmi yang dirilis oleh Disnaker Baubau pada penutupan pendaftaran hari kedua hingga pukul 17.00 WITA jumlah pendaftar yang teregistrasi sudah mencapai 192 orang, yang isi kuisioner ada 209 orang, yang urus kartu pencaker ada 159 orang dan yang memasukan lamaran ada 205 orang pada 11 perusahaan.

Demikia diungkapkan Kadis Tenaga Kerja Kota Baubau Moh Abduh kepada media ini di atrium hall lippo plaza Senin(2/10/2023).

Kadisnaker Baubau Moh. Abduh, Minat Pencaker Tinggi di Baubau Job Fair 2023, Pj Walikota Dr Rasman Manafi Minta Dilakukan Secara Reguler dengan Skala Besar
Kadisnaker Baubau Moh. Abduh, Minat Pencaker Tinggi di Baubau Job Fair 2023, Pj Walikota Dr Rasman Manafi Minta Dilakukan Secara Reguler dengan Skala Besar

Menurut Moh Abduh, lowongan kerja yang dibuka saat ini sekitar 49 jenis jabatan dari 14 perusahaan yang ada di Kota Baubau. Sementara yang akan diterima kerja berjumlah 269.

” Kemarin itu jumlah pencari kerja yang teregistrasi sekitar 260 dan sampai saat ini jam 1 siang (Senin 02/09/2023) itu ada tambahan sekitar 180 jadi total dengan hari kemarin ada 440 orang yang teregistrasi,”ujarnya. Namun hingga pukul 17.00 Wita bertambah lagi 12 Pencaker sehingga total dari hari pertama hingga hari kedua tercatat sudah 152 orang.

Implementasi Baubau Smart City, Pj Walikota Dr Rasman Manafi Apresiasi Langkah Diskominfo Pasang WIFI Gratis dan Penguat Signal
 Pj Walikota Dr Rasman Manafi, Minat Pencaker Tinggi di Baubau Job Fair 2023, Pj Walikota Dr Rasman Manafi Minta Dilakukan Secara Reguler dengan Skala Besar

Terkait komitmen antara pelamar kerja dengan perusahaan penerima kerja, lanjut Moh Abduh, pihaknya mengembalikan kepada perusahaan masing-masing. Artinya perusahaan tersebut memiliki mekanisme untuk merekrut pegawainya dan tentunya itu berlaku untuk semua para pelamar kerja.

Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi mengharapkan kegiatan semacam ini dapat dilakukan secara reguler dengan skala yang lebih besar.

baca juga:

“Tersedianya lapangan pekerjaan adalah hal vital dan negara harus hadir disitu. Job Fair adalah salah satu solusi,” ucap Dr Rasman Manafi.

Job Fair 2023 merupakan sebuah ajang mempertemukan perusahaan yang memang membutuhkan karyawan dengan para pekerja yang membutuhkan pekerjaan. Dan untuk saat ini masih dalam proses pendaftaran, proses administrasi dan setelah itu dikembalikan sepenuhnya kepada perusahaan. diharapkan, 269 posisi pada lowongan kerja yang tersedia semua bisa terserap.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *