EKONOMI

Pekan Ketiga Desember 2023, Harga Berbagai Jenis Cabe di Baubau: Cabe Cakra dan Indofood Rp 110 per Kilogram, Cabe Kristal Rp 130 per Kilogram

BAUBAU, DT- Pantauan harga berbagai jenis cabe di Pasar Tradisional Wameo Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memasuki pekan ketiga Bulan Desember atau tepatnya Kamis 21 Desember 2023 bervariasi berada pada kisaran harga Rp 110 ribu per kilogram, Rp 140 per kilogram hingga Rp 450 per kilogrm. “Pekan Ketiga Desember 2023, Harga Berbagai Jenis Cabe di Baubau: Cabe Cakra dan Indofood Rp 110 per Kilogram, Cabe Kristal Rp 130 per Kilogram,”

Pantauan media ini, harga cabe jenis kristal dijual dengan harga Rp 130 ribu per kilogram tanpa dilepas tangkainya. Kalau sudah dilepas tangkainya, cabe jenis ini dijual dengan harga Rp 140 ribu per kilogram. Kalau per liternya dijual pada kisaran Rp 60 ribu.

Untuk harga cabe jenis indofood yang masih bertangkai dijual dengan harga Rp 120 ribu per kilogram. Bila tangkainya sudah dilepas atau dibersihkan maka harganya menjadi Rp 130 ribu per kilogram. Kalau per liternya dijual dengan harga Rp 50 ribu.

Sementara cabe jenis padi harganya mencapai Rp 450 ribu per kilogram atau per liternya dijual Rp 150 ribu. Namun demikian, pantauan media ini di Pasar Wameo Baubau tak satu pun pedagang yang menjual cabe jenis padi dan pedagang mengakui cabe ini sangat langkah.

Pedagang di Pasar Wameo Baubau Ibu marni, Pekan Ketiga Desember 2023, Harga Berbagai Jenis Cabe di Baubau: Cabe Cakra dan Indofood Rp 110 per Kilogram, Cabe Kristal Rp 130 per Kilogram
Pedagang di Pasar Wameo Baubau Ibu marni, Pekan Ketiga Desember 2023, Harga Berbagai Jenis Cabe di Baubau: Cabe Cakra dan Indofood Rp 110 per Kilogram, Cabe Kristal Rp 130 per Kilogram

Pedagang sayuran dan cabe di Pasar Wameo Bapak Yani mengatakan dua bulan terakhir dia hanya menjual cabe jenis kristal, indofood, dan jenis cakra. Sementara cabe jenis padi memang jarang ada stoknya dan sekarang diakuinya memang makin langkah bahkan hampir tidak ada stoknya.

“Kalau cabe kristal, indofood, dan cakra itu selalu ada stoknya. Yang tidak ada stoknya cabe padi. Sehingga yang kita ambil itu cabe selain cabe jenis padi. Kalau cabe jenis padi ini jarang ada. Waktu harga cabe masih normal saja harga cabe padi ini sudah berada pada kisaran harga Rp 110-120 ribu per kilogram, Apalagi keadaan sekarang langkah pasti harganya mahal. Bayangkan cabe padi kalau kita ambil dipemasok mereka jual harganya Rp 430 ribu per kilogram, tentu kita jual ke pembeli Rp 450 per kilogram,” tuturnya.

Pedagang lainnya Ibu Marni mengungkapkan dia tidak menjual cabe jenis padi karena stoknya sejak satu bulan terakhir sudah tidak ada. “Kalau tiga bulan lalu masih ada, tapi cuma sedikit saja. Jadi saya jual yang jenis indofood atau kristal yang harganya masih bisa dijangkau pembeli. Kita jual saat ini cabe indofood dengan harga Rp 110 ribu per kilogram,” jelasnya.

Kadis Perindag Kota Baubau La Ode Ali Hasan dikonformasi media ini mengenai harga berbagai jenis cabe di Pasar Tradisional Wameo yang berada pada kisaran Rp 110 ribu hingga Rp 130 ribu per kilogram mengatakan berdasarkan survei rutin yang dilakukan Disperindag Baubau memang cabe yang tersedia di pasar tradisional yang ada di Kota Baubau saat ini adalah jenis cabe cakra, kristal, dan indofood. Sementara cabe jenis padi memang jarang ada di Pasaran sejak tiga bulan lalu.

“Yang kita masukan disurvei kita adalah cabe yang stoknya memang ada dipasaran. Kalau tidak ada dipasaran stoknya, tidak kita masukan dalam survei harga yang dirilis Disperindag, sehingga cabe jenis padi memang tidak kita rilis. Kalau pun ada dipasaran, stok cabe jeni padi tidak banyak paling banyak 5 sampai 10 liter saja sehingga tidak layak kita masukan dalam survei. Sementara cabe kristal, cakra, dan indofood memang sajak dulu cabe ini selalu ada stoknya sehingga layak dimasukan dalam survei kita,” tutur Ali Hasan, Kamis 21 Desember 2023.

baca juga:

Untuk menjaga stok tiga jenis cabe tetap ada dan harganya stabil sampai dengan memasuki perayaan natal dan tahun baru maka jauh-jauh hari Pemkot Baubau sudah melakukan intervensi dengan mendatangkannya dari berbagai daerah seperti dari Kendari, Makassar, Muna, dan terkahir cabe dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Masyarakat tidak usah kuatir dengan ketersediaan stok cabe jenis cakra, indofood, dan cabe jenis kristal di Kota Baubau. Pemkot Baubau menjadmin ketersediaan ketiga jenis cabe itu dan terus memantau harganya di pasaran sampai dengan akhir tahun 2023,”.

Sementara itu, Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi SP MSi melalui Kadis Kominfo Andi Hamzah Mahmud, S.Sos, M.Si menghimbau kepada masyarakat Baubau agar tidak panik dengan informasi harga cabe yang dikabarkan mencapai Rp 450 ribu per kilogram. Karena harga itu bukan merupakan harga semua jenis cabe yang dijual di pasar tradisional di Baubau.

“Jangan mencari cabe yang langka, karena cabe di pasar radisional saat ini yang tersedia stoknya di Baubau yaitu cabe jenis cakra, kristal, dan indofood yang dijual masih pada kisaran harga Rp 110 ribu hingga Rp 130 ribu per kilogram. Pemkot Baubau menjamin stok ketiga cabe ini selalau ada sampai dengan memasuki perayaan Natal dan Tahun Baru 2023. Selain itu, setiap saat Pemkot tentu akan terus memantau harga-harga bahan pokok yang dikonsumsi masyarakat di Kota Baubau,” ucapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *