KOTA BAUBAUSULTRA

API Pilih Baubau Jadi Pilot Project Pendidikan Kewirausahaan

BAUBAU, BP-Pendidikan kewirausahaan Akademi Paradigta Indonesia (API) memilih pilot projectnya di Kota Baubau. “API Pilih Baubau Jadi Pilot Project Pendidikan Kewirausahaan.”

Beberapa pertimbangan dan alasan memilih Baubau karena sejak tahun 2015 Serikat Pekka Baubau telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Baubau melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) melalui kegiatan KLIK – PEKKA, Kick-Off BAPPEDA – PEKKA tahun 2016, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan serta stakeholder lainnya.

Hal ini diungkapkan Kadis DP3A Abdul Rahman, S.Pd, M.Si, Kamis (19/10/2023). Menurut Abdul Rahman kehadiran API pendidikan kewirausahaan di Kota Baubau akan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Kadis DP3A Baubau Abdul rahman, API Pilih Baubau Jadi Pilot Project Pendidikan Kewirausahaan
Kadis DP3A Baubau Abdul rahman, API Pilih Baubau Jadi Pilot Project Pendidikan Kewirausahaan

Apalagi, API merupakan penyelenggara pendidikan yang sejak tahun 2016 Yayasan PEKKA mengembangkan API sebagai satu inisiatif melakukan peningkatan kapasitas kepemimpinan perempuan. Dan pada tahun 2020 API dilembagakan menjadi mandat mengembangkan pendidikan pelatihan terstruktur bagi kader-kader perempuan dan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Abdul Rahman mengharapkan melalui pilot project API pendidikan kewirausahaan di Kota Baubau akan lahir perempuan-perempuan penggerak ekonomi yang terampil untuk mendorong gerakan ekonomi dan memiliki akses pada program ekonomi produktif di wilayahnya.
Perempuan penggerak ini akan melakukan pengorganisasian kelompok usaha di wilayahnya dan mendorong terbentuknya ekosistem ekonomi lokal berbasis sumber daya.
baca juga:

Sementara itu, ungkap Abdul Rahman, S.Pd, M.Si, launching perdana pendidikan kewirausahaan API sudah dilakukan beberapa waktu lalu dan dihadiri 57 orang terdiri dari stakeholder sebanyak 13 orang masing-masing Bappeda, DP3A, Camat Wolio, Lurah Batulo dan stafnya, Lurah Wangkanapi, Lurah Bataraguru, perwakilan Kelurahan Kadolokatapi, akademia/peserta 35 orang sebagai utusan dari 5 kelurahan yang menjadi target kelas API pendidikan Kewirausahaan, tim Penyelenggara API-Kewirausahaan terdiri dari Koordinator Pendidikan dan mentor di kantor DP3A Baubau. (*)

Berita Lainnya:

Pisah Sambut Mantan Walikota Monianse dan Pj Walikota Baubau, Dr Muh Rasman Manafi Ajak Semua OPD, Lurah dan Camat Sama-Sama Bangun Negeri Ini

BAUBAU, DT-Pisah sambut mantan Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse dengan Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M, Si, (Kamis 19/10/2023) berlangsung di aula Palagimata Kantor Wali Kota Baubau. “Pisah Sambut Mantan Walikota Monianse dan Pj Walikota Baubau, Dr Muh Rasman Manafi Ajak Semua OPD, Lurah dan Camat Sama-Sama Bangun Negeri Ini.”

Dr Rasman menyampaikan terima kasih kepada pendahulu mulai dari zaman Drs H Umar Abibu, M.Si, Dr H MZ Amirul Tamim, M.Si, Dr H AS Tamrin, MH dan La Ode Ahmad Monianse. Ditegaskan, semua yang bisa dikerjakan bersama tetap dilanjutkan, tetap dikerjakan, termasuk melakukan penyempurnaan yang dibutuhkan.

Pisah Sambut Mantan Walikota Monianse dan Pj Walikota Baubau, Dr Muh Rasman Manafi Ajak Semua OPD, Lurah dan Camat Sama-Sama Bangun Negeri Ini
Pisah Sambut Mantan Walikota Monianse dan Pj Walikota Baubau, Dr Muh Rasman Manafi Ajak Semua OPD, Lurah dan Camat Sama-Sama Bangun Negeri Ini

Orang nomor satu di Kota Baubau ini mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Baubau untuk bersama-sama membangun negeri ini yang tidak mungkin di bangun oleh orang lain karena yang menikmati adalah anak negeri ini.
“Saya sudah bicara sama camat tolong di jaga wilayahnya soal kebersihan, soal lingkungan ayo kita bagi tugas kalau persoalan personil, aset anggaran ayo kita satu komando jangan ada yang buat gerakan tambahan gerakan tambahan itu gerakan di luar komando jangan lakukan itu,”ujarnya.

Dr Muh Rasman beberapa waktu lalu pihaknya sudah melakukan diskusi dengan kepala Bappeda Kota Baubau Dr Dahrul dan Kepala BPKAD Sitti Munawar, SSTP,M.Si untuk segera membidik informasi tentang apa saja perencanaan yang sudah diletakkan oleh pemimpin sebelumnya, dan itu wajib.
Lebih lanjut dijelaskan, dalam dua minggu ini pihaknya membaca dan baru saja menyelesaikan untuk masuk ke SIPD.

baca juga:

“Jadi itu saya coba pelajari masih bisa saya ikuti dan nanti ada hal strategis yang saya harapkan nanti dukungan, supporting termasuk arahan pak Monianse terkait lingkungan strategis yang perlu kita selesaikan sehingga siapapun yang menjabat kedepan kita berharap dia membangun Kota Baubau secara berkelanjutan bukan terputus-putus,” ucapnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *