KOTA BAUBAUSULTRA

Serahkan Bantuan Dana CSR Motor Sampah di BWI, Walikota Monianse Harap Digunakan Sesuai Peruntukannya

BAUBAU, DT-Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menyerahkan amanah dari salah satu bank yang telah memberikan dana CSRnya sebagai bentuk tanggungjawab sosialnya kepada Dinas Lingkungan hidup berupa satu buah motor sampah Rabu (20/9/2023).“Serahkan Bantuan Dana CSR Motor Sampah di BWI, Walikota Monianse Harap Digunakan Sesuai Peruntukannya.”

La Ode Ahmad Monianse berharap motor sampah bisa digunakan sebagaimana mestinya dan ini diperuntukkan pada masyarakat Bukit Wolio Indah Kecamatan Wolio yang sudah meminta motor sampah kepada Pemkot Baubau sejak setahun yang lalu dan baru bisa wujudkan.

Pemkot Baubau menurutnya di tahun 2024 akan berupaya untuk meremajakan kembali armada pengangkut sampah di Dinas Lingkungan Hidup secara perlahan dengan kemampuan anggaran, bisa mengadakan yang baru atau melakukan renovasi berat kepada kendaraan-kendaraan yang ada pada Dinas Lingkungan Hidup.

Serahkan Bantuan Dana CSR Motor Sampah di BWI, Walikota Monianse Harap Digunakan Sesuai Peruntukannya
Serahkan Bantuan Dana CSR Motor Sampah di BWI, Walikota Monianse Harap Digunakan Sesuai Peruntukannya

“Saya sudah melihat beberapa kendaraan kita dari mesin dan casisnya masih cukup bagus. Cuma yang rusak itu bagian bodi. Sehingga mungkin ini kedepan, kita bisa benahi agar armada sampah kita kembali berfungsi, kalau boleh semuanya supaya jangan sampai kekurangan armada sehingga daya jangkau kita untuk mengangkut sampah di beberapa tempat itu tidak terkendala.

Dan kalau itu terjadi (terkendala dalam mengangkut sampah) biasanya akan direspon negatif oleh publik karena tempat itu akan menjadi tempat yang kotor dan berbau. Dan alhamdulillah dalam satu tahun terakhir kita tidak banyak mendapat kritikan dari sisi sampah. Memang kita sadari ada beberapa hal yang belum maksimal tapi tidak sampai berlarut sudah dapat kita tuntaskan,”ungkapnya.

baca juga:

Orang nomor satu di Kota Baubau ini memberikan apresiasi utamanya jajaram yang berada di Dinas Lingkungan Hidup yang terus melakukan kegiatan untuk kenyamanan di Kota Baubau.

Dimana kondisi sekarang ini musim kemarau, banyak kali/Sungai mengering. Biasanya karena mengering fungsinya juga jadi menurun sehingga tidak sedikit yang mencoba untuk menjadikan untuk tempat pembuangan sampah.

Sebab masih melihat di sepanjang kali, di Pantai, di Pasar tentang kesadaran masyarakat untuk membuang sampah secara bertanggung jawab masih rendah. Dan karena partisipasi masyarakat itu yang mebuat Kota Baubau ini bersih karena adanya dedikasi dan semangat dari jajaran Dinas Lingkungan Hidup Kota Baubau..

“Untuk semua ini tentunya saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena tanpa bapak/ibu sekalian. Kota kita ini tidak mungkin bisa lebih aman, nyaman dan selalu mendapat pujian dari siapa saja yang baru datang atau sudah sering datang ke Kota Baubau bahwa tingkat kebersihan Kota kita sedikit berada diatas rata-rata dibanding Kota-Kota sebesar kita di daerah lain. Terima kasih buat semuanya,”tutupnya.(*)

Berita Lainnya

Dr Rasman Manafi Resmi Dilantik Jadi Pj Walikota Baubau dan Harmin Ramba Jadi Pj Bupati Konawe

  • Pj Gubernur Sultra: Penjabat Yang Dilantik Segera Mengecek Kindisi Daerah Masing-masing dan Jaga Netralitas ASN

KENDARI, BP-Pj Walikota Baubau Dr. Muh Rasman Manafi ,SP.,M.Si, bersama dengan Pj Bupati Konawe Harmin Ramba menjalani prosesi pelantikan oleh Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto, di Aula Merah Putih, Rujab Gubernur Sultra, Senin 25 September 2023. “Dr Rasman Manafi Resmi Dilantik Jadi Pj Walikota Baubau dan Harmin Ramba Jadi Pj Bupati Konawe.”

Kedua Penjabat tersebut dilantik karena masa pemerintahan pimpinan di dua daerah tersbut yaitu Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse dan Bupati Konawe Kerry Saiful Kongoasa sama-sama berakhir pada tanggal 24 September 2023.

Pelantikan Rasman Manafi sebagai Pj Walikota Baubau sesuai dengan Kepmendagri Nomor 100.2.1.3-3951 tahun 2023 dan pelantikan Harmin Ramba sebagai Pj Bupati Konawe sesuai dengan Kemendagri Nomor 100.2.1.3-3952 tahun 2023 tertanggal 22 September 2023.

Dr Rasman Manafi Resmi Dilantik Jadi Pj Walikota Baubau dan Harmin Ramba Jadi Pj Bupati Konawe
Dr Rasman Manafi Resmi Dilantik Jadi Pj Walikota Baubau dan Harmin Ramba Jadi Pj Bupati Konawe

Berdasarkan keputusan Mendagri Tito Karnavian keduanya akan bertugas mengisi kekosongan jabatan kepala daerah hingga ada kepala daerah definitif hasil Pilkada 2024.

Saat pelantikan Andap Budhi Revianto meminta kepada kedua Penjabat agar segera mengecek situasi dan kondisi daerah masing-masing. Selain itu dia juga mengingatkan agar melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan dengan sebaik mungkin sesuai dengan harapan undang-undang.

“Sebagai umat beragama tidak boleh menciderai sumpah jabatan, tugas-tugas pemerintahan dijalankan secara konsisten sesuai tugas pokok dan fungsi serta harapan UU. Selamat kepada pejabat yang dilantik, semoga amanah,” tuturnya.

Disisi lain, lanjut dia, salah satu tugas Pj kepala daerah adalah memfasilitasi pelaksanaan Pemilu 2024, serta menjaga netralitas ASN di daerahnya masing-masing.

“Melihat prosesi dan dinamika yang tengah berlangsung dalam melaksanakan jabatan jangan mencla-mencle, tetap melaksanakan tugas sesuai amanah. Melaporkan secara periodik kinerja kepada Mendagri minimal tiga bulan sekali melalui Pj Gubernur,” lanjutnya.

Selain itu, Sekjen Kemenkuham RI tersebut mengimbau istri Pj Wali Kota Baubau dan Pj Bupati Konawe untuk selalu mengingatkan suaminya agar amanah dalam bekerja.

“Setelah bekerja, para pejabat yang baru dilantik diharapkan mengecek harga pangan di lapangan, giat menangani stunting serta mengendalikan dan mencegah inflasi,” tandasnya.

baca juga:

Di akhir, Andap memberi sambutan dan mengucap selamat atas pelantikan Harmin Ramba dan Dr Rasman Manafi.

Ia menggaris bawahi tugas-tugas utama penjabat kepala daerah yang sesuai dengan Pasal 65 Ayat (1) UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Tugas tersebut antara lain memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan, memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat, menyusun dan mengajukan rancangan Perda tentang RPJPD dan rancangan Perda tentang RPJMD kepada DPRD, mewakili daerahnya di dalam dan di luar pengadilan, dan melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ia mengingatkan keduanya untuk senantiasa meresapi dan memahami tugas-tugas tersebut agar dijalankan dan menjadi kepala daerah yang amanah.

Sementara itu Dr Rasman Manafi usai dilantik mengatakan ppihaknya akan menunggu arahan Pj Gubernur Sultra untuk melaksanakan tugas selanjutnya, kemudian tugas tersebut akan dijalankan sebagaimana arahan dari Kemendagri.

“Karena kita diperintahkan kemendagri untuk menjalankan tugas ini,” katanya.

Profil singkat Dr Rasman Manafi saat ini menjabat Asisten Deputi Pengelolaan Ruang Laut dan Pesisir di Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko marves). Sementara Harmin Ramba saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Kesbangpol Sultra.

Dr Rasman Manafi sendiri diusulkan namanya ke Mendagri oleh DPRD Kota Baubau melalui hasil voting, dimana ketika itu Rasman Manafi mengantongi suara 15 dibawah Abdul Rahim yang mengantongi suara 19.

Pelantikan kedua penjabat tersebut dihadiri kepala daerah dan camat pada masing-masing daerah. Juga disaksikan Forkopimda Pemprov Sultra. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *