PEMILUPOLITIKTak Berkategori

Farida Ungkap Bulan Agustus KPU Baubau Akan Melakukan Pencermatan Rancangan Daftar Calon Sementara Kemudian Ditetapkan

BAUBAU, BP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau masih fokus melakukan verifikasi berkas peserta pemilu setelah Partai Politik (Parpol) mengajukan nama-nama bacaleg kepada KPU beberapa bulan lalu. Selanjutnya Farida Ungkap Bulan Agustus KPU Baubau Akan Melakukan Pencermatan Rancangan Daftar Calon Sementara Kemudian Ditetapkan

Kordinator devisi teknis penyelenggaran KPU Baubau Farida SH
Kordinator devisi teknis penyelenggaran KPU Baubau Farida SH, Farida Ungkap Bulan Agustus KPU Baubau Akan Melakukan Pencermatan Rancangan Daftar Calon Sementara Kemudian Ditetapkan

“Saat ini kami melakukan verifikasi administrasi perbaikan, pasca teman-teman Parpol memasukkan dokumen perbaikan di silon,” kata Kordinator devisi teknis penyelenggaran KPU Baubau Farida SH ketika dikonfirmasi Baubau Post di ruang kerjanya belum lama ini.

Verifikasi administrasi perbaikan kebenaran dan kegandaan bakal calon di mulai pada 10 – 31 Juli 2023. Kemudian KPU Baubau melakukan pencermatan rancangan Daftar Calon Sementara (DCS). Proses pencermatan di mulai pertengahan agustus 2023,

Dalam pencermatan DCS, KPU Baubau memastikan Bacaleg yang mendaftar sudah memenuhi syarat sesuai PKPU, misalnya membuat surat pernyataan tidak pernah terpidana. Namun dalam pencermatan DCS terdapat bacaleg yang pernah terpidana maka wajib melampirkan surat putusan dari pengadilan negeri bahwa bacaleg sudah bebas dari hukumannya.

Bila terdapat bacaleg yang terbukti melakukan tindak pidana, dan diancam lima tahun atau lebih, maka bacaleg sudah melewati masa jedanya, dinyatakan lolos. Namun bila belum mencukupi masa jedah maka bacaleg dinyatakan gugur. Sebaliknya, bacaleg di ancam di bawah lima tahun maka harus melewatinya.

“Kalau dia diatas lima tahun ancamannya, walaupun pengadilan memutuskan hanya satu tahun, Tetapi karena di ancam lima tahun lebih, maka harus menyampaikan telah melawati jeda itu. Itu semua kasus, kita hitung berapa tahun ancamannya,” katanya.

Tak hanya itu, Bacaleg yang pernah terpidana wajib mengumumkan dirinya di media masa dengan mencantumkan tindak pidana yang dilakukan, misalnya Bacaleg di pidana karena Narkoba atau korupsi.

“Pencermatan DCS di mulai 6 -11 Agustus 2023, kemudian penyusunan dan penetapan DCS, 12-18 Agustus, selanjutnya di umumkan pada 19-23 Agustus untuk meminta tanggapan masyarakat.” katanya.

Setelah DCS ditetapkan, selanjutnya, 3 Oktober 2023 KPU Baubau menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) dan 4 Oktober 2023 KPU mengumumkan DCT.

“Sebelum DCT diumumkan terlebih dahulu dilakukan pencermatan rancangan DCS, sesuai tahapan.” tuturnya.(*)

Baca Berita Lainnya:

Muhammad Syamsuddin Dilantik Sebagai Anggota DPRD Gantikan Almarhum La Madi

 

BAUBAU, BP – Muhammad Syamsuddin atau yang biasa di sapa Ilor, resmi dilantik sebagai anggota DPRD Kota Baubau melalui pergantian antar waktu (PAW) sisa masa jabatan 2019-2024. Pelantikan tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD H Zahari, melalui rapat paripurna, Kamis (25/05/2023).

Muhammad Syamsuddin Dilantik Sebagai Anggota DPRD Gantikan Almarhum La Madi
Muhammad Syamsuddin Dilantik Sebagai Anggota DPRD Gantikan Almarhum La Madi

 

Pelantikan tersebut, Ilor menggantikan La Madi dari partai Berkarya yang meninggal dunia April lalu, dan bakalan menjabat kurang lebih 1 tahun 4 bulan sebagai anggota Komisi I, anggota Badan Anggaran (Banggar) serta anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah.

Muhammad Syamsuddin yang sebelumnya merupakan seorang wartawan televisi nasional dan menjabat sebagai direktur media online di Baubau, diharapkan bisa berkontribusi serta mampu menjalankan amanah sebagai wakil rakyat dengan penuh tanggungjawab.

“Semoga, kehadiranya Ilor dapat berkontribusi meningkatkan kinerja DPRD Baubau, hingga harapan masyarakat dapat diwujudkan pada sisa masa jabatan ini,” ungkap La Ode Ahmad Monianse, Wali Kota Baubau saat membawakan sambutannya.

Sementara itu, Ketua DPRD Baubau H Zahari menekankan, agar dapat memberikan kontribusi yang semakin memperkuat pelaksanaan tugas konstitusional dewan, sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah dan amanah yang diemban saat ini, dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya.

“Harapan ini merupakan harapan pemilik suara, jadilah wakil rakyat yang sanggup bekerja keras. Peran dan karya nyata sangat dinantikan,” kata Zahari. Pelantikan berlangsung lancar tanpa ada kendala dan khusus untuk partai berkarya tidak menjadi peserta Pemilu tahun 2024. Itu Artinya anggota DPR, DPRD Provinsi dan kabupaten kota dari partai tersebut yang masih bertahan di partai Berkarya otomatis tidak ikut berkompetisi di Pemilu legislatif tahun 2024(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *