SULTRAKABUPATEN BUTON

Pj. Bupati Buton Basiran Ikuti Rakor Rutin Pengendalian Inflasi

BUTON, BP-Pj. Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si. kembali mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) rutin pengendalian Inflasi minggu ke-3 bulan Mei, secara virtual, di ruang VIP Kantor Bupati Buton, pada Senin, 22 Mei 2023.
Rapat rutin ini, dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. yang diikuti seluruh kepala daerah se-Indonesia.

F04.2 3


Diawal sambutannya Mendagri menekankan kepada pemerintah daerah (Pemda) untuk mewaspadai terjadinya fenomena El Nino. Sebagaimana dikutip dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), El Nino merupakan fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di Samudera Pasifik bagian tengah yang memicu terjadinya kekeringan di wilayah Indonesia.
Mantan Kapolri ini menjelaskan berdasarkan prediksi dari sejumlah lembaga, diketahui di Indonesia bakal mengalami fenomena El Nino. Fenomena tersebut ditengarai dapat menyebabkan kekeringan di sejumlah wilayah yang bakal berdampak pada berkurangnya sumber air bersih bagi masyarakat.
Apalagi berdasarkan informasi yang diulas sejumlah media, saat ini di Malaysia tengah dilanda panic buying air mineral oleh masyarakat. Kondisi tersebut diduga dipicu oleh mulai menurunnya jumlah air di bendungan sungai setempat. Hal tersebut berdampak kepada masyarakat yang berbondong-bondong membeli air mineral.
“Kalau sudah air mineral sebagai salah satu kebutuhan dasar, itu kalau terjadi panic buying, maka otomatis berlaku hukum market demand tinggi harga akan naik. Harga naik, mahal air mineral, air mineral ini akan berakibat kepada produk-produk itu menjadi mahal juga yang menggunakan air mineral, misalnya restoran akan menaikkan harganya,”ungkapnya.

baca juga: Dandim 1413 Buton Berganti, Pj. Bupati Buton Harap Sinergitas dan Kolaborasi tetap Berlanjut
Pj. Bupati Buton mengikuti kegiatan tersebut bersama para kepala OPD lingkup Pemkab Buton, dan Perwakilan BPS Buton. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *