SULTRAKabupaten Buton Selatan

Pj Sekda Busel La Ode Karman Pimpin HUT Otda ke XXVII di Pelataran Kantor Bupati Busel


BATAUGA, DT-Peringatan HUT Otonomi Daerah (OTDA) ke-XXVII Tingkat Kabupaten Buton Selatan dilaksanakan di Pelataran Kantor Bupati Buton Selatan pada hari ini tgl 29 April 2023 berlangsung dengan hikmad, tertib dan lancar serta kondisi cuaca bersahabat.
Pj. Sekretaris Daerah Buton Selatan La Ode Karman. SE., MM selaku Inspektur Upacara dalam sambutannya membacakan Sambutan Seragam Menteri Dalam Negeri RI antara lain, esensi filosofis dari Otonomi Daerah adalah desentralisasi kewenangan agar daerah mencapai kemandirian fiskal. Salah satunya yaitu dengan menggali potensi sumber daya yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

F04.3B


“Oleh karena itu,perlu kiranya kita melakukan refleksi sesaat, untuk kembali memahami esensi filosofis dari diterapkannya otonomi daerah yang saat ini berusia genap 27 tahun,” imbuhnya.
Setelah 27 tahun berlalu, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, ditandai dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), peningkatan PAD dan kemampuan fiskal daerah.
Namun data juga menunjukan bahwa filosofi dari tujuan otonomi daerah belum sepenuhnya mencapai hasil yang diharapkan. Berdasarkan data Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri selama kurun waktu tersebut, terdapat beberapa daerah yang memiliki PAD dibawah 20% dan menggantungkan keuangannya pada pusat pemerintah melalui Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) sehingga perlu kiranya melakukan evaluasi untuk memastikan bahwa penyusunan program dan kegiatan dalam APBD agar tepat sasaran, efektif serta efisien.
Kepada Pemerintah Daerah dihimbau agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan bagi PAD bahkan melebihi TKDD. Tentunya tanpa melanggar hukum dan norma yang ada serta tidak memberatkan rakyat.

baca juga: Walikota Baubau Monianse Akui Kepemimpinan Dirut PDAM Jimmy Hersandy Lemah, Pihaknya Segera Evaluasi
“Disinilah ujian sekaligus pembuktian kemampuan leadership dan entrepreneurship (kewirausahaan) untuk menangkap peluang yang ada oleh seluruh kepala daerah di Indonesia,” tutupnya sebelum mengakhiri sambutan seragam Menteri Dalam Negeri RI
Peringatan Hari Ulang Tahun Otda tahun ini di pusatkan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan dihadiri oleh seluruh Gubernur, Bupati/Wali Kota se-Indonesia dengan tema “OTONOMI DAERAH MAJU, INDONESIA TANGGUH”
Setelah pelaksanaan upacara dilakukan photo bersama dengan Forkompimda serta ASN yang mengabadikan momen tahunan ini.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *