Fantry Taherong saat dinyatakan lulus terbaiak saat sidang Promosi Doktor di UMI Makassar

Kompol Fantri Taherong, Pemen Polri Segudang Prestasi

  • Hingga Raih Gelar Doktor Predikat Summa Cum Laude

Komisaris Polisi (Kompol) Dr. Fantry Taherong, SIK SH MH salah satu perwira menengah (Pamen) Polri dengan segudang prestasi. Bukan hanya berprestasi di profesinya sebagai aparat bayangkara dalam menjalankan tugasnya sebagai pelindung dan pengayom masyarakat, namun dibidang pendidikan juga menjadi perhatian untuk mengembangkan keilmuannya.

Hal ini dibuktikannya dengan capaiannya promosi doktor Ilmu Hukum Program Pasca Sarjana Universitas Muslim Indonesia Makassar. Bahkan, saat menjalani sidang promosi doktor Ilmu Hukum Program Pasca Sarjana UMI Makassar bebebrapa waktu lalu meraih gelar doktor dengan predikat summa cum laude alias dengan pujian tertinggi.

Sidang tersebut dipimpin oleh Direktur Pasca Sarjana UMI Prof Dr Baharuddin Semmaila SE MSi, adapun tim pengujinya adalah Prof Dr. H Sufirman Rahman SH, MH, Prof Dr. Slamet Sampurno SH , MH DFM , Dr. Sri Lestari Purnomo SH, MH , Dr. Nasrullah Arsyad SH , MH , Dr. Baharuddin Badaru SH, MH , Dr Serling Serang SE, Msi . Sementara promotor dalam sidang disertasi itu adalah Prof. Dr Hj Mulyati Pawennai SH, MH , Prof. Dr H Syahruddin Nawi SH, MH, Dr Abdul Agis SH, MH.

Fantry Taherong saat mempertahankan Disertasinya di hadapan penguji

Dihadapan para penguji dan promotor, Fantry Taherong yang juga Alumni Akpol 2005 ini mampu mempertahankan disertasinya berjudul ” Hakikat Pertanggungjawaban Tindak Pidana Penyebaran Berita Hoax Melalui Media Sosial”. Bahkan, pria dengan bunga melati di pundaknya ini mampu menjawab semua pertanyaan dewan Penguji dengan Lancar dan Lugas.

Dalam penelitian disertasi ini, Fantry menyampaikan Novelty Temuan Bahwa Penerapan restoratife justice dalam penyelesaian pertanggungjawaban pidana penyebaran berita bohong (hoax) merupakan konsep penyelesaian pidana dengan menggunakan jalur non penal yang bukan pembalasan terhadap perilaku, namun ditekankan kepada pemulihan keadaan terhadap korban sebelum tindakan kejahatan tersebut dilakukan.

“Hal ini dengan maksud agar nama baik terlindungi dari stigma negatif di masyarakat. Sedangkan penyelesaian kasusnya dialihkan dari peradilan formal ke peradilan informal,”terangnya dihadapan penguji seperti dituturkan kepada media ini.

Setelah menjawab Semua Pertanyaan dewan Penguji Mantan Sespripim Polda Sulsel dan Kasubbagmutjab SDM itu pun Akhirnya meraih gelar doktor, Pria yang sekarang sedang menempuh pendidikan Sespimmen Polri di Lembang ini Lulus dengan IPK Sempurna 4,0.

Dia menyelesaikan pendidikan hanya dalam waktu dua tahun Sepuluh bulan. Fantry mencatat sejarah baru di Universitas Muslim Indonesia Dengan Menempatkan Namanya sebagai Peraih Gelar Dengan Predikat Summa Cumlaude , With Highest Praise , dengan Kehormatan tertinggi Doktor Bidang Hukum Pertama dan Satu satunya diantara 279 Alumni sepanjang sejarah Berdirinya DIH Pasca sarjana UMI.

Prestasinya inijuga mendapat pujian dari Prof Dr H Sufirman Rahman SH, MH sebagai Tim Penguji Sidang Promosi Doktor Ilmu Hukum Program Pasca Sarjana UMI mengaku kagum dan Bangga Fantry Taherong Karena mengangkat Judul yang sangat Aktual dan menjadi Trend Pada masa sekarang.

Apalagi, dalam mempertahankan penelitiannya mampu dijawab dengan bagus dan cemerlang serta akademik yang digunakan silogisme berpikir yang baik, sehingga sangat layak mendapat predikat terbaik.

“Saya berharap Promovendus bisa terus belajar disela sela Pendidikannya disekolah Staff dan Pimpinan Menengah Polri dan kesibukannya sebagai anggota Polisi Aktif,” pungkas Asisten Direktur II pasca Sarjana UMI ini.

Prestasi akademik yang diraih Kompol Fantry Taherong ini berbading lurus dengan prestasi yang ditorehkan sebagai abdi negara di lembaga bayangkari. Mulai dari pengahargaan Bapak Presiden, Bapak Kapolri hingga Bapak Kapolda Sulawesi Selatan mampu diraihnya.

“Bukan penghargaan yang dikejar tapi intinya dalam melaksanakan tugas selalu ikhlas, dan tentunya berkat doa dan kerjasama semua pihak untuk selalu berkarya dimanapun berada,”kata Fantry.

Selamat atas prestasi yang dicapai semoga dalam menempu pendidikan di Sespim Polri berjalan dengan lancar. Masih banyak tugas dan tanggungjawab menunggu dengan menghasilkan karya-karaya baru untuk masyarakat khususnya intitusi Polri dimasa yang akan datang. (*)

Laporan : Hasrin Ilmi

54 kali dilihat

Mungkin Anda Menyukai

Pin It on Pinterest