UKW di Kendari Ciptakan 18 Wartawan Muda, 29 Madya dan Enam Wartawan Utama

KENDARI, Durasitime.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) terhadap puluhan wartawan yang tergabung dalam PWI Sultra, dilaksankan selama dua hari disalah satu Hotel di Kendari.

Dalam kegiatan tersebut, dari 54 peserta UKW, hanya 53 orang yang terbagi 18 wartawan muda, 29 madya dan enam wartawan utama dinyatakan kompeten itu sudah menjalani ujian dari para penguji yang ditujuk oleh Dewan Pers.

Direktur UKW PWI Pusat, Profesor Rajab Ritonga mengatakan ujian kompetensi ini diikuti 54 orang peserta terdiri dari satu kelompok jenjang utama dengan enam orang peserta, sedangkan jenjang madya lima kelompok yang diikuti 30 orang dan jenjang muda ada tiga kelompok diikuti 18 orang peserta.

Lanjutanya, ke 54 wartawan itu sudah mengikuti ujian dengan serius dan bersungguh-sungguh sehingga dinyatakan kompeten.

“Selama melalui ujian dua hari jumlah peserta yang kompeten adalah 53 orang. Jadi ada satu yang belum kompeten.” katanya pada saat acara penutupan UKW Jumat (5/3/2021).

Dengan adanya hal tersebut, ia berharap kepada jurnalis untuk terus mengasa kemampuan dalam menjalankan tugas kewartawanan dan mengedepankan undang-undang pers dan kode etik jurnalis.

Ditempat yang sama, Ketua PWI Sultra Sarjono menyampaikan, uji kompetensi ini adalah untuk memastikan kapasitas sebagai wartawan yang mengembang amanah untuk menyebarluaskan informasi ke publik.

“Kita sebagai wartawan menjadi katalisator ditengah distrupsi digitallisasi saat ini,” ujar Sarjono saat memberikan laporan Ketua panitia.

Kemudian, Sarjono mengucapkan terimakasih kepada Dewan Pers atas terselenggaranya kegiatan UKW. Dimana, ini adalah energi besar yang diberikan dewan pers dan PWI Pusat.

“Selamat kepada yang sudah kompeten, sedangkan yang belum kompeten silahkan mengunggu enam bulan untuk mengikuti kompetensi yang sama,” tutupnya.(*)

Peliput: Kasrun

239 kali dilihat

Mungkin Anda Menyukai

Pin It on Pinterest