Bupati Butur Dorong Katapai Masuk Minimarket

BURANGA, DURASITIMES.com – Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara, mendorong agar salah satu produk lokalnya dapat dipasarkan di minimarket. Katapai merupakan oleh-oleh khas Butur berupa ikan yang diasap.

Bupati Butur Abu Hasan mengatakan, berupaya membuat gerai di Bandara Haluoleo untuk menjadi tempat penjualan jenis ikan panggang yang terkenal di daerahnya itu. Katapai ini sangat populer di Kabupaten Butur.

“Salah satu kawasan wisata kuliner di pantai bone Kecamatan Kulisusu, menjadikan katapai sebagai salah satu kuliner unggulan,” kata Abu Hasan ditemui di ruang kerjanya Selasa (19/03).

Menurutnya, kuliner katapai ini masih memerlukan sentuhan yang lebih baik lagi agar bisa bertahan lama. Pasalnya, secara alami katapai hanya dapat bertahan selama 3 hari.

“Kita akan upayakan agar penjual bisa mengolah ikan katapai yang bertahan lama. Dengan begitu akan lebih mudah menembus minimarket dan menjadi oleh-oleh unggulan,” ucap mantan Karo Humas Pemprov ini.

Namun kata dia, untuk membuat katapai bertahan lama tidak menggunakan bahan pengawet, namun menggunakan teknologi khusus maupun menggunakan bahan organik.

Selain itu, Pemkab Butur tidak hanya memasarkan ikan katapai, namun juga akan menyediakan sejumlah oleh-oleh khas Butur lainnya, berupa makanan dan souvenir di dalam gerai yang akan dibangun di Bandara Haluoleo nantinya. (#)

Peliput: Kasrun Editor: Zaman Adha

697 kali dilihat

Mungkin Anda Menyukai

Pin It on Pinterest